Demotivasi Turunkan Produktivitas, Yuk, Kenali Deretan Penyebabnya!

Demotivasi Turunkan Produktivitas, Yuk, Kenali Deretan Penyebabnya!

font size A Ǎ

Berkecimpung di dunia kerja seringkali membuat para pekerja merasa jenuh atau lelah. Akibatnya, perasaan demotivasi kerja pun sulit untuk dihindari. Mungkin, istilah demotivasi sudah familiar di telingamu, benar, kan?

Demotivasi adalah sebuah kondisi di mana kamu mulai merasa kehilangan antusiasme untuk bekerja. Hal ini pun dapat disebabkan oleh beragam faktor, lho. Ciri-ciri demotivasi dapat dilihat dari rasa malas untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

Ingat, demotivasi adalah suatu perasaan yang dapat dialami oleh siapa saja, termasuk kamu dan rekan-rekan kerja yang sudah terlalu lelah bekerja tanpa adanya dorongan motivasi. Supaya demotivasi bisa dihindari, maka kamu harus mengetahui beragam penyebabnya, nih!

Lantas, apa saja hal yang dapat menyebabkan demotivasi? Berikut ini 5 di antaranya.

 

 

#1 – Gaji yang Tak Sesuai Harapan

Demotivasi Turunkan Produktivitas, Yuk, Kenali Deretan Penyebabnya!

Credit Image - popmama.com

Salah satu permasalah yang sering membuat karyawan demotivasi adalah masalah gaji. Hal ini bahkan cukup banyak dirasakan oleh para pekerja di era modern. Biasanya, ketidaksesuaian ini terjadi saat upah yang diberikan terasa tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang wajib dituntaskan.

Hal inilah yang bisa berdampak pada produktivitas kerja kamu dan menyebabkan penurunan performa kamu di tempat kerja. Apabila hal ini terjadi, solusinya adalah harus berani mengatakan tidak untuk pekerjaan yang bukan tanggung jawabmu.

Selain itu, kamu juga bisa diskusikan dengan atasan terkait promosi atau permintaan naik gaji, lho. Dengan cara ini perasaan demotivasi dapat teratasi – atau bahkan dihindari.

 

#2 – Tak Ada Perkembangan Karir

Penyebab berikutnya dari demotivasi kerja, yaitu tidak adanya kesempatan untuk perkembangan diri dan karier. Misalnya, kamu sudah bertahun-tahun bekerja di sebuah perusahaan, namun tak ada kemajuan yang diperoleh. Sudah pasti hal ini bakal menyebabkan motivasi kerja menurun, kan?

Kemajuan yang dimaksud tersebut tentunya mengacu pada jenjang karier maupun perkembangan diri. Sebagai solusi, kamu bisa mulai membuat target pencapaian pribadi, atau sampaikan pada atasan terkait kesempatan untuk mengembangkan skill melalui pelatihan atau webinar.

 

#3 – Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Demotivasi Turunkan Produktivitas, Yuk, Kenali Deretan Penyebabnya!

Credit Image - kantorkita.co.id

Kondisi di tempat kerja yang membuat tidak nyaman juga bisa menjadi penyebab terjadinya demotivasi. Hal tersebut mengacu pada lingkungan kerja yang dipenuhi oleh rekan kerja toxic ataupun atasan yang kurang suportif.

Hal seperti ini tentu saja dapat membuat semangat kerja menurun dan menghilangkan antusiasme dengan cepat. Tantangannya adalah kamu harus bisa beranjak untuk mengambil hati orang- orang di lingkungan tempat kerja. Dalam kata lain, adaptasi merupakan solusi yang terbaik.

 

#4 – Pekerjaan yang Tidak Sesuai Passion

Demotivasi juga kerap kali disebabkan ketika kamu menjalani pekerjaan yang kurang sesuai dengan passion. Bahkan, penyebab yang satu ini kerap terjadi pada mereka yang harus bekerja karena adanya tuntutan – atau salah memilih jalur karir.

Bekerja pada bidang yang salah akan menimbulkan demotivasi di tempat kerja. Sebab, akan muncul momen di mana kamu mulai jenuh dan tidak bisa menemukan alasan untuk terus bertugas. Untuk itu, sebelum memulai karier, pelajari dulu hal-hal yang sebenarnya kamu minati.

Bila sudah terlanjur, akan selalu ada kesempatan bagimu untuk pindah jalur karier dan memulai pekerjaan di bidang baru, kok. Jadi, jangan berkecil hati dahulu, ya!

 

#5 – Tubuh Kekurangan Energi

Demotivasi Turunkan Produktivitas, Yuk, Kenali Deretan Penyebabnya!

Credit Image - beautynesia.id

Demotivasi adalah hal yang kerapkali dialami para pekerja, salah satu penyebab yang sering diabaikan, yaitu kekurangan energi tubuh. Jika stamina menurun, maka kamu pun menjadi gampang lelah, sehingga tak bersemangat untuk bekerja.

Untuk menghindari hal ini, maka kamu diwajibkan memenuhi kebutuhan vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh sekaligus menghasilan energi. Nah, tips yang satu ini pun dapat kamu terapkan dengan mudah, yakni dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, itulah deretan penyebab demotivasi yang dapat dialami oleh para pekerja. Apakah sekarang kamu sedang kurang bersemangat kerja? Yuk, coba telaah kembali penyebabnya – dan segera atasi agar produktivitas tidak terganggu.

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!