Siapa sih yang tidak ingin pensiun dini? Sepertinya, hal tersebut menjadi impian banyak orang, ya. Jika kamu termasuk, maka mengumpulkan dana pensiun mesti dilakukan sesegera mungkin. Menyiapkan dana tersebut konon idealnya dimulai dari usia 20-an tahun.

Dengan menyiapkan dana pensiun sedini mungkin, maka uang yang perlu disisihkan juga akan lebih ringan bahkan sampai 70 persen, lho. Tapi, waktu pengumpulan dana ini juga dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan penghasilan, kok. Tak ada salahnya untuk memulai lebih awal, kan?

Nah, untukmu yang masih bingung bagaimana cara mengumpulkan dana pensiun, kali ini Enervon bakal kasih 6 tips yang bisa diterapkan. Yuk, disimak informasinya, ya!

 

 

#1 – Bangun Keuangan yang Sehat

Credit Image - finansialku.com

Langkah pertama dalam menyiapkan dana pensiun, yakni jangan boros. Kelola penghasilanmu sebaik mungkin – dan hindari cicilan yang sekiranya tidak dapat kamu tangani. Kenali kebiasaan agar kamu mampu memiliki cashflow yang sehat.

Cara sederhananya adalah dengan melakukan budgeting bulanan, menabung dana darurat. Sebagai permulaan, buatlah target sebesar 3 kali pengeluaran bulananmu.

Sembari mempersiapkan dana pensiun, pastikan juga kamu mencukupi kebutuhanmu hari ini. Punya asuransi kesehatan adalah hal yang perlu kamu prioritaskan. Begitu pula pengeluaran bulananmu agar tercukupi.

Jangan lupa juga rencanakan karier sebaik mungkin. Upayakan memperoleh penghasilan tidak hanya dari satu tempat. Multiple stream of incomes, termasuk juga mengelola passive income lewat portofolio investasi adalah kunci kebebasan finansial.

Karena itu, sisihkan pula budget bulananmu untuk “leveling up” dengan ikut workshop hingga kursus bahasa dan keahlian yang memperkaya kualitas dirimu. Seiring dengan skill yang membaik, tentu pendapatanmu pun akan ikut menanjak.

 

#2 – Mulai Menyusun Portofolio Investasi

Mempersiapkan dana pensiun tentu membutuhkan “keamanan dana” untuk hari-hari ini dan kehidupanmu dalam jangka pendek.

Portofolio investasi sangat membantu untuk mengamankan danamu dari inflasi tahunan. Begitu pula untuk memastikan danamu tidak serta-merta kamu ambil dan gunakan untuk keperluan yang bukan prioritasmu. Nantinya, kalau kamu sudah memancang target untuk mempersiapkan dana pensiun, bukalah juga rencana tabungan investasi.

Kamu bisa mulai dari berinvestasi pada instrumen dengan risiko rendah-menengah seperti deposito, obligasi, dan emas. Selanjutnya, jika ada cukup modal dan bisa mengelola informasi teknikal dan fundamental seputar saham, tak ada salahnya jika kamu juga terjun di pasar modal, lho!

 

#3 – Buat Rencana Persiapan Dana Pensiun

Credit Image - money.kompas.com

Ketahuilah bahwa setiap hal pasti dimulai dari titik nol begitu pula menyiapkan dana pensiun. Dalam hal ini, pastikan kamu tahu berapa dana pensiun yang akan kamu butuhkan. Artinya, kamu tahu kehidupan macam apa yang kamu inginkan di masa tua nanti.

Asumsikan bahwa terdapat inflasi 4-6 persen setiap tahunnya. Maka, kamu perlu memastikan danamu akan berbunga 10 persen tiap tahunnya dalam investasimu. Kamu perlu estimasi yang akurat tentang seberapa banyak dana yang kamu butuhkan kelak ketika pensiun.

 

#4 – Tentukan Timeline

Memulai sedini mungkin adalah saran yang dianjurkan terkait mempersiapkan dana pensiun. Berapa lama nominal yang kamu targetkan akan terkumpul? Apakah kamu akan menabung selama 20-30 tahun untuk dana pensiun tersebut? Dan berapa banyak dana bulanan yang perlu kamu sisihkan?

Bikinlah timeline-nya dan pastikan kamu menepatinya. Jika memungkinkan, buat juga beberapa skenario untuk timeline itu. Semisal, jika saat ini kamu masih lajang, bikinlah pula skenario tabungan dana pensiun ketika nanti kamu sudah menikah, atau bahkan memiliki anak.

 

#5 – Dapat Menggunakan Bantuan Lembaga Dana Pensiun

Credit Image - valuemagz.id

Selain mengelola danamu secara mandiri, kamu juga bisa mempelajari beberapa jenis lembaga dana pensiun yang bisa membantu mengelola danamu. Cara mempersiapkan dana pensiun lewat lembaga begini tentu bisa membantumu yang sulit untuk bikin perencanaan teratur.

Ada beberapa kontribusi iuran pensiun yang bisa kamu pelajari, di antaranya program dana pensiun manfaat pasti, dana pensiun iuran pasti, dana pensiun lembaga keuangan, dan lain sebagainya. Ini bisa disesuaikan dengan keinginanmu, kok!

 

#6 – Kumpulkan Dana Pensiun, Tetap Jaga Stamina Tubuhmu!

Nah, dalam menyiapkan dana pensiun pastikan kamu sudah menjaga stamina tubuh, sehingga kegiatan bekerja pun tetap lancar – dan pastinya kamu makin produktif. Untuk menjaga stamina, apalagi buatmu yang punya aktivitas padat, disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Itulah keenam tips menyiapkan dana pensiun yang dapat mulai diterapkan sesegera mungkin. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – bareksa.com