5 Tips Sederhana Meredakan Stres, Dijamin Ampuh!

5 Tips Sederhana Meredakan Stres, Dijamin Ampuh!

font size A Ǎ

Setiap orang pasti pernah mengalami stres, termasuk dirimu yang tengah membaca artikel ini, setuju, ya? Nah, perasaan stres tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari urusan personal, pekerjaan, masalah keluarga, hingga pertemanan.

Stres memang wajar dialami, tapi tentu saja kamu harus mencari jalan keluar untuk meredakan perasaan tersebut. Jika dibiarkan berlarut, maka stres dapat memengaruhi kualitas kehidupan dan aktivitas sehari-harimu, lho.

Nah, jika kamu sedang dilanda stres, berikut ini 5 hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi perasaan tersebut. Yuk, simak informasinya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Menarik Napas Dalam

5 Tips Sederhana Meredakan Stres, Dijamin Ampuh!

Credit Image - beritagar.id

Dilansir laman University of Michigan Health, bernapas dalam-dalam adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan stres dalam tubuh. Hal ini dikarenakan akan mengirimkan pesan ke otak untuk tenang dan rileks. Lalu, otak akan mengirimkan pesan tersebut ke tubuh,

Oleh karena itu, semua hal-hal yang terjadi ketika stres, seperti peningkatan detak jantung, pernapasan cepat, dan tekanan darah tinggi, akan berkurang saat menarik napas dalam-dalam untuk bersantai.

Hal ini juga didukung oleh artikel yang dimuat di laman Harvard Business Review yang membahas terkait mengapa pernapasan sangat efektif untuk meredakan stres. Dikatakan bahwa mengubah ritme bernapas dapat menandakan relaksasi, memperlambat detak jantung, dan merangsang saraf vagus, yang berjalan dari batang otak ke perut, dan merupakan bagian dari sistem saraf parasismpatetik – atau yang bertanggung jawab untuk aktivitas istirahat dan pencernaan tubuh.

Memicu saraf parasimpatetik membantumu mulai tenang, sehingga merasa lebih baik dan kemampuan berpikir secara rasional pun kembali.

 

#2 – Mendengarkan Musik

Disebutkan dalam ulasan dari jurnal Health Psychology Review, tahun 2020, bahwa mendengarkan musik sangat terkait dengan pengurangan stres dengan penurunan gairah fisiologis seperti yang ditunjukkan oleh penurunan kadar kortisol, yakni hormon yang terutama dilepaskan pada saat stres, penurunan denyut jantung, dan penurunan tekanan arteri rata-rata.

Selain itu, dilansir Michigan State University, ada bukti kuat bahwa musik merangsang produksi dopamin – atau hormon yang dilepaskan di otak yang membuatmu merasa baik.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Salimpoor dkk., yang telah diterbitkan di jurnal Nature Neuroscience tahun 2011. Mereka menemukan bahwa dopamin meningkat di otak ketika pendengar mengalami emosi positif di area otak yang sama di mana kesenangan dialami, dalam hal ini saat mendengarkan musik.

 

#3 – Melakukan Peregangan

5 Tips Sederhana Meredakan Stres, Dijamin Ampuh!

Credit Image - halodoc.com

Dilansir Stress Love to Know, peregangan adalah salah satu cara untuk membantu menghilangkan stres dari kehidupan dan tubuh. Menurut pakar kesehatan, Peggy Hall, peregangan juga meningkatkan sirkulasi darah baru ke otak, yang dapat menyebabkan peningkatan suasana hati, yang memungkinkan untuk menghilangkan stres apa pun pada tubuh dan pikiran.

Selain itu, profesional di industri kebugaran dan kesehatan telah memperhatikan korelasi antara peregangan dan menghilangkan stres. Salah satu personal trainer, Ulrick Bien-Aimé, ia meminta kliennya melakukan peregangan setidaknya selama 15 detik untuk membantu memerangi ketegangan yang disebabkan oleh kecemasan atau stres.

 

#4 – Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Dilansir The Wellesley News, paparan sinar matahari dapat memberikan banyak efek positif pada tubuh dan pikiran kita, terutama dalam hal mengatur stres dan kebahagiaan. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat meningkatkan pelepasan serotonin – yakni, hormon yang dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan membantu seseorang merasa tenang dan fokus di otak.

Di samping itu, dilansir healthline, tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin bisa turun. Tingkat serotonin yang rendah dikaitkan dengan risiko depresi berat yang lebih tinggi dengan pola musiman.

 

#5 – Mengonsumsi Vitamin B Kompleks

5 Tips Sederhana Meredakan Stres, Dijamin Ampuh!

Credit Image - suara.com

Tahukah kamu bahwa vitamin B kompleks memiliki kaitan erat dengan membantu meredakan perasaan stres? Ya, pada dasarnya, memiliki Memiliki sistem saraf yang kuat dan sehat sangat penting dalam membantu melawan gejala stres. Vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 bertugas memelihara kesehatan sistem saraf.

Seperti yang telah diketahui, vitamin B diperlukan untuk memproduksi energi. Nantinya, energi inilah yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai fungsinya, termasuk merespons stres.

Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara vitamin ini dengan tingkat stres. Pada sebuah studi, diperlihatkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B kompleks selama 33 hari dapat meredakan dan mengurangi stres.

Lalu, ada pula penemuan lainnya yang menunjukkan adanya penurunan perasaan bingung serta suasana hati buruk secara signifikan pada 60 orang yang diberikan suplemen vitamin B kompleks selama 3 bulan.

Nah, kalau kamu sudah tahu bahwa vitamin B juga berperan penting dalam meredakan stres, maka sudah saatnya kamu untuk memenuhi asupannya setiap hari. Sumber makanan seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian kaya akan kandungan vitamin B, lho.

Selain dari sumber makanan, biar pemenuhan kebutuhan vitamin B complex makin maksimal, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama, serta membantu mengurangi stres.

Dan, kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

 

Jadi, itulah kelima cara sederhana yang dapat meredakan rasa stres. Apakah kamu sedang mengalami perasaan tersebut? Coba atasi dengan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!