Hayoo, siapa di sini yang sedang mengalami penurunan semangat bekerja? Bisa jadi, kamu tengah mengalami demotivasi, lho. Tapi tak perlu khawatir, demotivasi adalah hal yang dapat diatasi dengan mudah, kok.

Demotivasi adalah sebuah kondisi di mana kamu mulai merasa kehilangan antusiasme untuk bekerja. Hal ini pun dapat disebabkan oleh beragam faktor, lho. Ciri-ciri demotivasi dapat dilihat dari rasa malas untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

Nah, biar perasaan demotivasi kerja tidak dirasakan berlarut-larut – dan akhirnya kamu keterusan merasa malas, berikut ini 5 tips untuk mengatasi hilangnya motivasi kerja yang dapat kamu terapkan. Penasaran, apa saja tips tersebut?

Yuk, langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Mencari Tahu Penyebabnya

Credit Image - sehatq.com

Ingat, demotivasi adalah suatu perasaan yang muncul karena ada penyebabnya. Misalnya, mungkin kamu tengah mengalami konflik antara diri sendiri dengan lingkungan kerjamu termasuk dengan tuntutan di dalamnya yang tidak kamu sadari.

Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk mencoba merenungi apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu inginkan saat ini. Nantinya, kamu akan tahu penyebab sebenarnya yang membuatmu mengalami demotivasi kerja. 

 

#2 – Ingat Kembali Tujuanmu

Memang sih, demotivasi adalah hal yang wajar dialami para pekerja. Tapi, bukan berarti kamu boleh membiarkan perasaan tersebur, lho. Jika rasa semangatmu mulai hilang, cobalah mengingat kembali tujuan dalam menjalani hidup ini. Dengan mengingat tujuanmu lagi akan membangkitkan semangat dan motivasi untuk bekerja.

Bagaimana kalau belum memiliki tujuan hidup? Tak masalah, kok. Kamu masih bisa merancang hal apa yang ingin dicapai sekarang. Buat tujuan dan rencanamu secara terperinci dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Biarkan tujuan ini menjadi fondasi kamu dalam bekerja, ya!

 

#3 – Berolahraga

Credit Image - alodokter.com

Lah, lagi mengalami penurunan motivasi kerja, tapi malah disuruh olahraga sih? Eitss! Bukan tanpa alasan, lho. Percaya atau tidak, dengan berolahraga bisa memperbaiki mood dan mengembalikan semangat. Bonusnya lagi, tubuh menjadi lebih sehat.

Untuk itu, usahakan untuk meluangkan waktu berolahraga, baik di pagi ataupun malam hari. Kalau enggan datang ke pusat kebugaran, kamu masih bisa jogging, atau olahraga di rumah dengan tutorial instruktur dari YouTube. 

 

#4 – Kerja dan Kehidupan Pribadi yang Seimbang

Kamu pasti sudah tahu work life balance, kan? Nah, ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi demotivasi. Jadi, pastikan kamu sudah punya batasan antara pekerjaan dengan waktu buat dirimu sendiri.

Saat bekerja, fokuslah untuk bekerja. Namun saat jam kerjamu usai, segera matikan laptop agar kamu bisa fokus beristirahat.

Selain itu, hindari kebiasaan membuka email atau membuka chat tentang pekerjaan di luar jam kerja terutama saat menghabiskan waktu dengan keluarga, teman, atau pasangan. Pergunakan hari libur untuk aktivitas yang berkualitas di luar pekerjaan untuk memulihkan tenaga dan semangatmu kembali. 

 

#5 – Tetap Fokus!

Credit Image - ekrut.com

Untuk dapat bekerja secara maksimal, pastikan kamu menjaga diri tetap fokus. Walaupun tak mudah, terlebih kalau tidak ada dukungan dari lingkungan sekitar. Seperti lingkungan yang bising, suasana atau ruangan kerja yang kacau balau, serta rekan kerja yang tidak kooperatif.

Ciptakanlah lingkungan yang kondusif selama bekerja. Setidaknya, kamu bisa menciptakan kenyamanan bagi dirimu sendiri. Saat bekerja singkirkan smartphone serta media sosial yang kamu miliki. Jauhkan diri dari gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Dan agar tingkat konsentrasi semakin terjaga, pastikan kamu sudah mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup, ya. Pasalnya, kedua hal tersebut bisa membantu menjaga tingkat fokus serta energi tubuh, lho.

Nah, tips yang satu ini pun dapat kamu terapkan dengan mudah, yakni dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara untuk menurunnya motivasi kerja? Memang, demotivasi adalah hal yang awam dialami para pekerja, tapi jangan sampai kamu membiarkannya begitu saja, ya!

 

 

Featured Image – akurat.co