4 Tanda Imunitas Sedang Menurun, Mesti Diperhatikan!

4 Tanda Imunitas Sedang Menurun, Mesti Diperhatikan!

font size A Ǎ

Sudah dua tahun pandemi Covid-19 berlangsung. Beragam mutasi virus pun masih terus ditemukan, yang terakhir, yakni Omicron. Meski demikian, prediksi Indonesia akan masuk ke fase endemi telah mulai dibicarakan. Tapi, menjaga kekebalan tetap tidak boleh ditinggalkan, ya.

Sistem imunitas – atau kekebalan yang baik masih menjadi kunci utama untuk tetap sehat selama pandemi. Daya tahan tubuh ini merupakan perlindungan utama bagi tubuh, karena dapat menangkal berbagai virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit. Sekaligus radikal bebas yang berbahaya.

Utnuk memastikan kekebalan sudah terjaga dengan baik, ada baiknya kamu mengenali beragam tanda ketika imunitas sedang lemah. Apa saja tanda-tanda tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Stres Meningkat Tinggi

4 Tanda Imunitas Sedang Menurun, Mesti Diperhatikan!

Credit Image - jovee.id

Jika sering jatuh sakit setelah melakukan kegiatan yang membuat stres jadi tinggi, ini adalah tanda bahwa imunitas sedang menurun. Dr. Nadia Hasan, dokter dari Delancey Internal Medicine, menjelaskan bahwa stres dapat menurunkan tingkat limfosit, sel darah putih yang membantu menangkal berbagai infeksi.

Makin rendahnya tingkat limfosit, maka kamu makin berisiko untuk terserang virus seperti flu. Meski terlihat sepele, tapi pilek merupakan salah satu tanda bahwa daya tahan tubuhmu sedang lemah. Oleh karena itu, ketika kamu mulai merasakan gejala pilek, usahakan untuk istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi. Sehingga, daya tahan tubuh dapat kembali meningkat.

 

Sering Flu Hingga Diare

Flu biasa, yang bukan termasuk gejala Covid-19, merupakan suatu penyakit yang bukan jarang dialami oleh orang-orang. Biasanya, dalam satu tahun, orang dewasa dapat flu sekitar dua atau tiga kali dan biasanya hanya perlu sekitaran seminggu untuk sembuh.

Namun, jika kamu terlalu sering mendapatkan flu dan bahkan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh, ini menjadi pertanda bahwa imun tubuh sedang tidak baik-baik saja. Selain flu, keseringan diare, konstipasi, atau masalah perut lainnya, juga menjadi pertanda. Hal ini dikarenakan, sekitar 70% sistem imun berada di pencernaan dengan banyak bakteri-bakter sehat.

 

Luka Sulit Sembuh

4 Tanda Imunitas Sedang Menurun, Mesti Diperhatikan!

Credit Image - kompas.com

Meski tanpa adanya bantuan obat, tubuh yang sehat dapat dengan sendirinya menyembuhkan atau menutup luka dengan cara menyalurkan darah yang penuh nutrisi. Jika luka sulit untuk sembuh dengan sendirinya, dapat menjadi pertanda bahwa imunitas sedang turun.

Kondisi seperti ini membuat tubuh menjadi lebih fokus untuk melawan infeksi, daripada menyembuhkan luka. Padahal, jika kekebalan tubuh sedang baik, luka dapat cepat sembuh tanpa menimbulkan infeksi, lho.

 

Sering Merasa Lelah

Tanda imun sedang menurun yang terakhir adalah bagaimana kamu terus merasa kelelahan meskipun telah mendapatkan istirahat yang cukup. Dijelaskan bahwa kelelahan ini terjadi karena sistem imun sedang "menghemat" energi untuk melawan bakteri-bakteri jahat yang masuk ke tubuh.

Selain itu, rasa lelah akibat imunitas yang melemah juga akhirnya dapat menyebabkan badan yang terasa pegal-pegal. Untuk mengatasi masalah ini, maka kamu
bisa beristirahat secara berkualitas – dan setelah keadaan tubuhmu membaik sebaiknya mulai berolahraga dan benahi pola makan, ya. Sedikit demi sedikit kondisi imun tubuh pasti akan kembali.

 

Jaga Kekebalan Tubuh dengan Cara Ini!

4 Tanda Imunitas Sedang Menurun, Mesti Diperhatikan!

Credit Image - entrepreneur.com

Untuk menghindari kekebalan tubuh yang melemah, memang ada baiknya kamu menjaganya dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini dapat dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Yang tak boleh dilupakan, menerapkan hidup sehat pastinya tidak luput dari memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Setuju, kan? Hal ini juga termasuk dalam langkah tepat menguatkan imunitas tubuh, lho. Sayangnya, masih banyak yang kerap melewatkan asupan nutrisi penting tersebut. Kebiasaan buruk ini mesti segera dihentikan, ya!

Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

 

Jadi, itulah deretan tanda kekebalan tubuh yang sedang melemah. Pastikan kamu sudah menjaga imunitas dengan baik sehingga tidak mudah sakit!

 


Featured Image – northjersey.com

Source – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!