Bekerja sembari bekerja memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, kalau kamu harus bekerja di lapangan. Sepertinya, rasa lapar dan haus semakin terasa, ya? Pada akhirnya, tubuh yang lemas pun menyebabkan demotivasi.

Tapi ingat, puasa bukanlah alasan untuk menjadi malas atau tidak produktif, lho. Karena meski sedang puasa dan harus menahan lapar serta dahaga, tapi kegiatan masih harus dijalani. Nah, untuk mengurangi kemungkinan demotivasi ketika puasa, ada tips yang dapat diterapkan.

Apa saja tips yang dimaksud? Simak di bawah ini, yuk!

 

 

Hindari Melewatkan Sahur

Credit Image - inews.id

Agar tidak demotivasi ketika berpuasa, pastikan kamu sudah makan sahur, sama halnya dengan sarapan pagi seperti biasa. Makan sahur sendiri mempunyai peran yang cukup penting, agar tubuh kamu bisa tetap bugar dan tetap semangat dalam menjalani kegiatan selama berpuasa.

Saat sahur, makanlah makanan yang bisa membuat kamu kenyang cukup lama. Tidak lupa juga makanan yang sehat juga harus kamu perhatikan agar bisa tetap sehat selama bulan Ramadan ini. Tidak hanya sehat, makan sahur juga mempunyai nilai pahala tersendiri, lho.

 

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Tidak hanya makanan saja yang harus kamu perhatikan. Tentunya asupan cairan juga tidak kalah penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan saat sedang berbuka dan juga saat sedang makan sahur.

Tidak hanya menjaga semangat saat sedang bekerja. Memenuhi kebutuhan cairan saat sedang puasa juga bisa menghindarkan kamu dari dehidrasi dan bisa menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Kalau begini, semangat kerja makin membara – dan demotivasi bisa dihindari.

 

Manfaatkan Jam Istirahat dengan Baik

Credit Image - halodoc.com

Saat bekerja, pastinya kamu akan mendapatkan waktu untuk beristirahat. Meskipun waktu yang diberikan untuk istirahat tidak terlalu lama. Kamu tetap bisa menggunakannya untuk mengembalikan rasa semangat saat akan memulai bekerja kembali.

Nah, setelah beribadah salat Zuhur, kamu bisa menggunakan waktu yang tersisa dengan melakukan tidur siang. Jangan langsung membuka gadget dan melihat postingan yang tidak perlu. Lebih baik kamu mengembalikan energi dengan cara tidur siang.

 

Kurangi Aktivitas yang Melelahkan

Agar semakin semangat, pastikan kamu memanfaatkan waktu di bulan Ramadan dengan baik, ya. Jika cukup disibukkan dengan deadline yang cukup banyak di kantor. Alangkah baiknya untuk mengurangi kegiatan di luar kerjaan yang dapat membuat kamu semakin lelah dan menghilangkan rasa semangat kamu selama bekerja.

Misalnya, kamu bisa mengganti olahraga berat dengan olahraga ringan, jangan terlalu sering melihat jam, atau terlalu menunggu waktu berbuka puasa. Dengan demikian, ibadah puasa dapat terasa lebih ringan – dan demotivasi bisa dihindari!

 

Buka Bersama dengan Orang-Orang Terdekat

Credit Image - kompas.com

Biar tetap semangat, hindari berbuka puasa sendirian terus menurus, ya! Meskipun kamu jauh dari keluarga dan saudara-saudara tercinta. Kamu tetap bisa melakukan buka puasa bersama dengan orang-orang terdekat kamu, kok, seperti dengan rekan kerja atau bisa juga dengan teman satu kontrakan atau kos dengan kamu.

Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Berbuka puasa seadanya saja dan sederhana saja. Asalkan ada kebersamaan dan buka puasa kamu tidak sendirian, itu sudah sangat luar biasa. Saat bekerja, kamu seperti punya suatu hal yang dinanti-nantikan pada saat berbuka nanti.

 

Penuhi Kebutuhan Asupan Vitamin

Yang terakhir, agar demotivasi dapat dihindari kamu perlu memenuhi kebutuhan asupan vitamin, sehingga stamina tetap terjaga. Vitamin dapat membantu menjaga energi serta kekebalan tubuhmu selama puasa, lho.

Nah, tips yang satu ini pun dapat kamu terapkan dengan mudah, yakni dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Wah, bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu deretan tips agar tetap semangat bekerja ketika puasa, sehingga demotivasi dapat dihindari. Yuk, diterapkan, ya!

 

 

Featured Image – pikiran-rakyat.com