Saat ini, banyak sekali pihak yang tertarik untuk menjalani bisnis waralaba – atau dikenal sebagai usaha franchise. Apakah kamu termasuk? Jenis bisnis ini cukup populer, karena sejak awal kamu sudah memiliki gambaran modal yang pasti dan reputasi yang baik.

Ya, artinya, dengan menjalani usaha franchise tentu kamu tak perlu melakukan bisnis dari nol. Meski demikian, bukan berarti bisnis ini benar-benar aman dari risiko kerugian, lho. Apalagi, kalau kamu salah dalam memilih usaha franchise.

Sebelum menjalani usaha tersebut, simak dahulu 5 tips berikut ini, yuk!

 

 

1. Pilih Bidang yang Disukai

Credit Image - suara.com

Sebelum memilih bidang franchise, sebaiknya kenali dulu minat diri sendiri agar tau hal yang kamu sukai. Selain itu, kamu juga bisa memilih bidang franchise sesuai keahlianmu. Misalnya, kamu suka jalan-jalan dan makan dessert, layaknya kue, misalnya.

Nah, kamu bisa pilih toko kue franchise favorit yang belum ada di daerahmu. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan, justru kamu akan sangat senang untuk mengembangkan bisnis karena apa yang akan kamu kerjakan sudah selaras dengan minatmu.

 

2. Pilih Produk atau Jasa yang Banyak Dibutuhkan

Membuka usaha tidak cukup hanya dibekali modal uang saja, lho. Kamu juga harus punya bekal pengetahuan seputar kebutuhan pasar agar lebih mudah menentukan bisnis franchise yang mau kamu ambil. Dalam hal ini, ada beberapa bidang usaha menjanjikan.

Misalnya, kamu bisa mengambil franchise yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang bersifat mendesak, seperti swalayan atau minimarket, bengkel, atau apotek. Atau kamu juga bisa melirik franchise yang bidang usahanya memiliki peluang untuk dipertimbangkan, walau banyak sekali saingannya, seperti toko baju, makanan, dan minuman.

 

3. Pilih Usaha Franchise yang Cukup Diminati

Credit Image - cimbniaga.co.id

Dalam menjalani usaha franchise, kamu juga perlu pintar-pintar dalam memilih jenis bisnisnya, ya. Pastikan kamu pilih bisnis yang cukup diminati banyak orang.

Apakah kamu pernah rela antre panjang demi segelas milk tea dengan boba yang sedang hits di banyak negara? Atau kamu sering pesan makanan pedas lewat aplikasi transportasi online? Nah, produk-produk seperti ini—produk yang sedang ngetren di dalam maupun luar negeri, lho. Jadi, bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan sebagai usaha franchise.

Namun, jangan asal memilih produk. Kamu juga harus tau seberapa besar keinginan konsumen pada barang itu dan apakah produk tersebut memiliki peluang yang besar dalam jangka beberapa tahun.

 

4. Sesuaikan dengan Modal yang Dimiliki

Dalam memilih usaha franchise, kamu juga perlu menyesuaikannya dengan modal yang dimiliki.  Hitunglah semua modal yang sudah kamu punya, setelah itu baru tentukan usaha franchise yang sesuai dengan budget. Bila langsung memilih tanpa menyesuaikan budget, maka kamu akan kesulitan saat kebutuhan tak terduga tiba-tiba muncul.

Ada banyak penawaran kredit khusus franchise, tapi kamu juga harus membayar bunga yang tidak sedikit. Pastinya, kamu tidak mau kan terbebani dengan banyak utang? Maka pilihlah franchise yang pas dengan modalmu, ya!

 

5. Tetap Menjaga Energi biar Usaha Lancar!

Credit Image - headtopics.com

Dalam menjalani usaha franchise tentunya kamu memerlukan energi yang cukup sehingga produktivitas tidak tengganggu, kan? Untuk itu, kamu harus mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang berperan dalam membantu proses metabolisme – yang penting dalam membentuk energi.

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Wah, apakah kamu tertarik menjalani usaha franchise? Sebelum memulainya, pastikan kamu sudah berpikir matang-matang, terlebih dalam memilih jenis bisnisnya!

 

 

Featured Image – infokekinian.com