5 Hal yang Dapat Dijadikan Imun Booster Selama Puasa, Bikin Tubuh Tetap Bugar!

5 Hal yang Dapat Dijadikan Imun Booster Selama Puasa, Bikin Tubuh Tetap Bugar!

Menjaga kekebalan tubuh selama berpuasa penting untuk dilakukan agar tidak mudah sakit – dan juga tidak gampang lemas, lho. Selain dengan tidur yang cukup, rutin berolahraga, serta menghindari stres, menjaga kekebalan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang berperan sebagai imun booster.

Asupan bergizi seimbang memiliki peranan besar dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk imunitas. Tak hanya itu, makanan yang tepat pun bisa menjaga asupan energi bagi tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Berikut ini 5 asupan makanan sehat yang dapat dijadikan sebagai imun booster. Simak informasi lengkapnya sampai habis, ya!

 

 

1. Konsumsi Buah-Buahan Segar

5 Hal yang Dapat Dijadikan Imun Booster Selama Puasa, Bikin Tubuh Tetap Bugar!

Credit Image - minews.id

Mengonsumsi buah-buahan segar selain sebagai sumber gula alami dengan kalori rendah juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh – alias menjadi imun booster.

Saat tubuh membutuhkan ketahanan yang lebih tinggi di bulan puasa, kamu dapat membantu meningkatkannya dengan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, strawberry, atau jambu biji yang kaya akan vitamin C serta merupakan antioksidan yang baik bagi regenerasi dan imunitas tubuh.

 

2. Penuhi Kebutuhan Protein dengan Konsumsi Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, edamame, atau almond bahkan coklat merupakan sumber protein nabati yang mengandung berbagai zat bermanfaat bagi tubuh sekaligus berperan sebagai imun booster, lho.

Menambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur maupun berbuka dapat meningkatkan input energi bagi tubuh sehingga dapat tetap aktif selama menjalankan ibadah puasa. Misalnya, berbuka dengan dark coklat ataupun almond memberikan asupan yang baik bagi tubuh dan membantu meningkatkan imunitas seperti flavonoid, zinc, vitamin E dan antioksidan.

 

3. Asupan Daging yang Cukup

5 Hal yang Dapat Dijadikan Imun Booster Selama Puasa, Bikin Tubuh Tetap Bugar!

Credit Image - taste.com.au

Salah satu pilihan untuk menjaga agar tubuh tetap fit selama berpuasa adalah dengan memasukkan daging sebagai salah satu menu santap sahur atau berbuka.

Daging sapi, daging ayam atau daging ikan, masing-masing mengandung omega 3 dan 6 yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan, regenerasi sel baru serta meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi daging sebagai santapan sahur dapat memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

 

4. Variasikan Karbohidrat

Hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga agar asupan makanan seimbang dan metabolisme yang lancar serta tetap fit selama berpuasa tetap seimbang adalah dengan memperhatikan karbohidrat yang kamu konsumsi.

Nah, kamu dapat mengganti beras putih yang biasa kita makan dengan sumber karbohidrat lain yang lebih kaya serat, rendah gula dan kalori, dan tentunya lama dicerna sehingga tubuh akan kenyang lebih lama seperti nasi beras merah, quinoa, roti gandum utuh atau ubi-ubian.-macam.

Mengonsumsi karbohidrat yang cukup dapat menjaga energi tubuh sehingga tidak gampang lemas dan sakit – tentu, cara ini berperan penting sebagai imun booster, ya!

 

5. Cukupi Kebutuhan Cairan, Olahraga, dan Istirahat 

5 Hal yang Dapat Dijadikan Imun Booster Selama Puasa, Bikin Tubuh Tetap Bugar!

Credit Image - gaya.tempo.co

Agar ibadah puasa tetap lancar, maka kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seimbang serta olahraga dan istirahat. Deretan hal ini juga berperan sebagai imun booster untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadan.

Saat puasa, olahraga dapat dilakukan pada pagi hari ataupun pada sore hari menjelang berbuka dan tentunya dalam porsi yang ringan atau sesuai dengan kapasitas tubuh. Konsumsi air putih pun perlu dijaga mengingat sepanjang hari selama berpuasa kamu banyak kehilangan cairan dan untuk menghindari dehidrasi.

Selain itu, lengkapi gaya hidup sehat di bulan puasa dengan rutin mengonsumsi multivitamin, ya. Ini juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, lho.

Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon-C dan Enervon Active dua kali sehari, yakni ketika sahur dan berbuka jika diperlukan.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Jadi, itulah deretan imun booster yang dapat kamu konsumsi selama bulan puasa untuk menjaga kekebalan tubuh!

 

 

Featured Image – fimela.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!