Diketahui, vaksin dosis ketiga – atau booster menjadi salah satu syarat mudik lebaran tahun 2022. Bagi masyarakat yang baru mendapat vaksin primer, tetap boleh mudik, namun boleh mudik dengan syarat harus tes antigen maupun PCR.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sertifikat vaksin biasanya akan muncul 1x24 jam setelah petugas vaksinasi menginput data tersebut. Nantinya, sertifikasi tersebut juga dapat diakses di laman resmi dan aplikasi PeduliLindungi.

Tapi, bagaimana kalau sertifikat vaksin booster tak kunjung muncul padahal sudah menunggu 1x24 jam? Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

 

 

Kunjungi Laman PeduliLindungi

Credit Image - kompas.com

Cara pertama yang disarankan adalah dengan mengunjungi dan mengecek di laman resmi PeduliLindungi:

  1. Kunjungi pedulilindungi.id/periksa-sertifikat.
  2. Login dengan akun terdaftar – harap regristrasi dahulu jika belum punya akun.
  3. Periksa sertifikat vaksinasi Covid-19 dengan memasukkan data yang diperlukan.
  4. Sertifikat vaksin akan muncul dan dapat melanjutkan klaim di aplikasi PeduliLindungi.

 

Cek Langsung di Aplikasi PeduliLindungi

Credit Image - kabar24.bisnis.com

Cara kedua adalah untuk langsung mengecek sertifikat vaksin langsung di aplikasi PeduliLindungi:

  1. Pastikan aplikasi PeduliLindungi sudah versi terbaru.
  2. Buka aplikasi PeduliLindungi.
  3. Login atau regristrasi jika belum memiliki akun.
  4. Pilih menu "Sertifikat Vaksin".
  5. Klik "Klaim Sertifikat".
  6. Masukkan data yang diperlukan.
  7. Klik tombol "Klaim".

 

Hubungi Chatbot Kemenkes

Credit Image - dinkes.kalbarprov.go.id

Namun, jika kedua cara tersebut tidak bisa, disarankan untuk menghubungi chatbot resmi Kemenkes di nomor 0811 1050 0567. Berikut langkahnya:

  1. Pilih menu "Sertifikat Vaksin".
  2. Masukkan nomor telepon yang terdaftar pada akun PeduliLindungi.
  3. Silahkan input 6 digital kode OTP yang dikirim pada chat room atau SMS.
  4. Pilih "Download Sertifikat" dan masukkan nama dan NIK.
  5. Pilih sertifikat yang ingin diunduh/download.
  6. Sertifikat akan muncul dan siap diunduh.
  7. Jika ketiga cara di atas masih gagal, Kemenkes menyarankan untuk menghubungi WhatsApp resmi mereka di nomor yang sama dengan chatbot dan pilih menu "Data Vaksinasi".

Cara lainnya yang juga bisa kamu lakukan, yaitu dengan menghubungi Call Center 119 ext. 9 atau kirim email ke pedulilindungi@kemkes.go.id. Ini dilakukan untuk melaporkan kendala sertifikat vaksin yang belum muncul.

 

Sudah Vaksin Booster? Pastikan Tetap Menjaga Imunitas Tubuhmu!

Credit Image - money.kompas.com

Apakah kamu sudah dapat vaksinasi booster? Jangan sampai lengah, ya! Usai vaksin dosis ketiga, kamu pun masih harus menjalani protokol kesehatan – dan menjaga kekebalan agar perlindungan tubuh pun semakin optimal.

Kamu masih harus menjalani protokol kesehatan 5M yang meliputi memakai masker – dapat gunakan masker ganda, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas – hindari bepergian jika bukan untuk urusan mendesak, dan menghindari.

Perlu diketahui bahwa mendapat vaksin – bukan berarti bebas dari ancaman penularan virus corona. Hanya saja, dengan mendapat vaksinasi risiko mengalami gejala berat, hingga harus dirawat di ICU — atau risiko kematian pun sangat dapat diminimalisir.

Tidak hanya protokol kesehatan, menjaga daya tahan tubuh juga tetap diperlukan setelah mendapatkan vaksin. Salah satunya, dengan memenuhi asupan vitamin dan mineral, termasuk dengan mengonsumsi suplemen – yang masih sangat direkomendasikan.

Untuk jenis suplemen, dianjurkan memilih dengan kandungan vitamin bersifat imunomodulator, yaitu dapat membantu meningkatkan, sekaligus menjaga kekebalan tubuh. Lantas, apa suplemen yang sebaiknya dikonsumsi?

Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra bagi tubuh, terutama bagi yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Untuk yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk  minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja kekebalan tubuh dalam melawan virus, sekaligus tetap mempertahankan stamina, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Dan pastinya, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini dapat membuatmu semakin produktif dalam beraktivitas.

 

Apakah sertifikat vaksin booster-mu masih belum kunjung muncul? Yuk, coba lakukan sejumlah cara di atas untuk memeriksanya, ya!

 



Featured Image – viva.co.id

Source – detik.com