5 Tips Mudik Lebaran di Masa Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

5 Tips Mudik Lebaran di Masa Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

font size A Ǎ

Setelah dua tahun diterapkannya pelarangan mudik akibat angka penularan Covid-19 yang cukup tinggi, kini, masyarakat sudah diperbolehkan kembali melakukan perjalanan ke kampung halaman menjelang hari raya Idul Fitri.

Pemerintah pun sudah mengeluarkan pernyataan langsung bahwa masyarakat diizinkan untuk mudik lebaran tahun 2022. Meski demikian, ingat kamu tidak boleh lengah, ya. Karena, masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang.

Berikut ini 5 hal yang perlu disiapkan agar mudik di tengah pandemi tetap aman dan nyaman.

 

 

1. Mematuhi Aturan yang Berlaku

5 Tips Mudik Lebaran di Masa Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

Credit Image - genzdaily.com

Tips mudik aman saat pandemi yang paling pertama tentunya adalah memahami betul peraturan mudik dari pemerintah yang berlaku. Dalam situasi pandemi, siapa pun wajib memahami dan mematuhi peraturan pemerintah. Berikut beberapa persyaratan yang harus calon pemudik penuhi:

  • Sudah memperoleh dua kali suntikan vaksin utama dan satu kali vaksin booster.
  • Tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di mana pun dan kapan pun, yakni rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker.
  • Jika kamu termasuk PPLN yang hendak mudik ke Indonesia, tidak perlu lagi menjalani karantina setelah tiba di bandara. PPLN hanya perlu menjalani tes PCR (Polymerase Chain Reaction). Jika hasil tes negatif, PPLN dapat langsung beraktivitas dengan tetap menerapkan prokes. Namun, jika hasilnya positif, Satgas COVID-19 akan langsung menindaklanjuti PPLN.

Selain regulasi yang disampaikan presiden, terdapat pula aturan yang harus dipatuhi oleh calon pemudik yang baru mendapatkan satu atau dua dosis vaksin, yaitu:

  • Bagi kamu yang baru menerima vaksin pertama, petugas akan melaksanakan tes PCR terlebih dahulu.
  • Calon pemudik yang sudah menerima dua dosis vaksin, tetapi belum mendapatkan suntikan booster, cukup menjalani tes antigen.

 

2. Pastikan Memilih Transportasi yang Memudahkanmu

Tips mudik aman selanjutnya adalah memilih transportasi yang tepat. Setiap pemudik pastinya memiliki keperluan dan urusan yang berbeda-beda. Jika salah memilih transportasi, tentu aktivitas mudik akan semakin ribet, kan?

Misalnya, kamu akan membawa banyak orang saat mudik bersama. Orang-orang tersebut terdiri atas lansia, bayi dan anak-anak, atau perempuan hamil dan menyusui. Dengan kondisi penumpang tersebut, memilih kendaraan pribadi seperti mobil merupakan hal yang tepat. Jika tidak punya mobil, akan lebih praktis jika kamu menyewa atau meminjam mobil milik kerabat.

Contoh lainnya, bila kamu tidak paham dengan rute perjalanan, punya bujet terbatas, dan hanya mudik sendirian, kendaraan umum seperti bus dan kereta menjadi solusi tepat. Jadi, kamu tinggal bayar tiket dan duduk manis di kursi penumpang, kamu akan sampai ke kampung halaman.

 

3. Periksa dan Jaga Kesehatan Sebelum Melakukan Perjalanan

5 Tips Mudik Lebaran di Masa Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

Credit Image - sains.kompas.com

Tips mudik aman saat pandemi yang berikutnya adalah memastikan kesehatan setiap peserta mudik. Kelompok yang rentan, seperti bayi, lansia, dan ibu hamil dianjurkan untuk memeriksakan kondisi ke dokter sebelum berangkat.

Pasalnya, dalam perjalanan mudik yang membutuhkan waktu lama, kelompok tersebut bisa saja mengalami gangguan kesehatan secara tiba-tiba. Tak hanya itu, jika kamu yang mengemudikan kendaraan tidak dalam kondisi fit, sebaiknya tunda dulu perjalanan sampai tubuh benar-benar pulih.

 

4. Istirahat Secara Berkala

Tubuh yang kelelahan rentan terserang penyakit, tak terkecuali penyakit yang disebabkan oleh virus. Oleh sebab itu, kamu perlu menyusun jadwal perjalanan yang berisi jeda istirahat secara berkala. Apabila kamu melangsungkan mudik dengan kendaraan pribadi ke daerah yang jauh dan butuh berhari-hari untuk sampai, carilah waktu dan tempat beristirahat yang pas.

Misalnya, ketika azan berkumandang, carilah masjid terdekat untuk salat dan merenggangkan tubuh sejenak. Selain itu, jika membawa penumpang lansia, anak-anak, dan ibu hamil atau menyusui, berilah lebih banyak jeda selama perjalanan karena kedua golongan ini cenderung mudah lelah.

Dan, jangan lupa cari penginapan yang nyaman untuk istirahat malam hari sehingga kamu dan para penumpang dapat melanjutkan perjalanan keesokan harinya dalam kondisi prima!

 

5. Siapkan Perlengkapan Kesehatan

5 Tips Mudik Lebaran di Masa Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

Credit Image - faem.org.uk

Yang tak kalah pentngnya ketika mudik lebaran, yakni menyiapkan perlengkapan kesehatan. Ini dapat berupa alat-alat protokol kesehatan. Siapkan tas mini berisi masker cadangan, tisu, disinfektan, dan hand sanitizer.

Kemudian, kamu juga perlu membawa perbekalan vitamin, termasuk berupa multivitamin yang dapat membantu menjaga kebugaran dan imunitas. Dengan demikian, tubuh tidak rentan sakit.

Tapi, suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon secara rutin.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

 

Gimana? Apakah kamu akan mudik tahun ini? Agar kegiatan bepergian makin aman dan nyaman, yuk, terapkan sejumlah tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!