5 Tanda Kurangnya Apresiasi di Tempat Kerja, Kamu Mengalaminya?

5 Tanda Kurangnya Apresiasi di Tempat Kerja, Kamu Mengalaminya?

font size A Ǎ

Setiap pekerja tentunya ingin mendapatkan apresiasi dari atasan – sebagai bentuk penghargaan karena sudah bekerja keras. Namun, apakah kamu telah mendapatkan apresiasi yang sesuai? Jika belum, ini tandanya kamu kurang dihargai di tempat kerja, lho.

Rasa kecewa wajar saja dialami jika kamu sudah memberikan yang terbaik, tapi tidak diapresiasi oleh atasan. Hal ini pun bisa menjadi penyebab hilangnya semangat kerja, sehingga produktivitas ikut menurun.

Menurut NBC News, pekerja yang dihargai akan lebih produktif di kantor, lho. Inilah sebabnya penghargaan di tempat kerja sangat dibutuhkan oleh karyawan agar tetap semangat bekerja. Kalau semangat, pastinya perusahaan pun bisa mendapat kinerja yang lebih baik, kan?

Untuk mengetahui apakah kamu kurang diapresiasi di kantor – atau tidak, berikut tanda yang perlu diperhatikan.

 

 

Tidak Pernah Diucapkan Terima Kasih

5 Tanda Kurangnya Apresiasi di Tempat Kerja, Kamu Mengalaminya?

Credit Image - hipwee.com

Tanda pertama yang menunjukkan kamu kurang diapresiasi di tempat kerja adalah tak pernah mendapatkan ucapan terima kasih dari atasan. Meskipun sudah bersusah payah menyelesaikan pekerjaan dan memberikan yang terbaik, tapi ternyata atasan tidak pernah berterima kasih atas kontribusimu.

Ucapan seperti “terima kasih atas bantuanmu,” atau “kerja bagus untuk proyekmu yang sebelumnya” tidak pernah kamu dengar langsung dari atasan.

Namun, sebelum menyimpulkan jika kamu kurang diapresiasi di tempat kerja, coba lihat dulu polanya, ya. Apakah atasanmu kesulitan dalam menunjukkan apresiasi atau mengucap terima kasih ke semua bawahannya atau kamu saja.

Jika memang hanya kamu, berarti memang atasanmu tidak bisa mengapresiasi kerja kerasmu.

 

Selalu Diberi Tugas yang Sulit

Kamu sering merasa selalu mendapatkan tugas yang paling sulit dan tidak menarik? Lalu, meskipun sudah berusaha keras menyelesaikannya, atasanmu tak pernah memberikan pujian? Itu merupakan tanda bahwa kamu kurang diapresiasi di tempat kerja. Atasanmu mungkin bersikap pilih kasih kepadamu.

Selain memberikan tugas yang sulit untukmu, tapi memberikan proyek mudah kepada rekan kerjamu. Saat atasan bersikap seperti itu, tak ada salahnya untuk membicarakannya secara langsung. Ceritakan mengenai beban kerjamu dan alasan mengapa tugas yang berat selalu dilimpahkan untukmu.

 

Kurangnya Dukungan

5 Tanda Kurangnya Apresiasi di Tempat Kerja, Kamu Mengalaminya?

Credit Image - glints.com

Setiap karyawan pasti ingin selalu mendapatkan dukungan dari atasan. Baik itu berupa dukungan moral atau sumber daya untuk menyelesaikan pekerjaan. Sayangnya, jika kamu tidak pernah mendapatkan dukungan dari atasan, itu adalah salah satu tanda bahwa kamu kurang diapresiasi di tempat kerja.

Menurut Empower Work saat karyawan tidak pernah mendapatkan dukungan dari atasan, maka hal itu akan berdampak negatif pada kualitas pekerjaan. Cobalah untuk mengambil hati atasan agar ia bisa lebih perhatian sehingga nantinya ia akan menghargai segala kerja kerasmu.

 

Pendapat Jarang Didengar

Kamu punya banyak ide tapi ternyata selalu ditolak tanpa alasan yang jelas oleh atasan? Itu juga menjadi tanda bahwa kamu kurang diapresiasi di tempat kerja, lho. Saat pendapat rekan kerjamu didengarkan, tapi atasan tidak menghargai idemu, pasti perasaan kecewa bisa muncul.

Memang tidak mudah menghadapi atasan yang rumit. Pikirannya tidak bisa ditebak, sehingga membuatmu frustasi saat menghadapinya. Apalagi jika ia sering menolak idemu tanpa alasan yang tepat. Jadi, wajar jika kamu merasa kesal dengan sikapnya.

Saat kamu sudah tidak tahan lagi dengan sikapnya, ajak atasanmu bicara secara pribadi. Lalu, utarakan seperti apa perasaanmu karena sikapnya tersebut.

 

Menerima Gaji yang Kurang Sesuai

5 Tanda Kurangnya Apresiasi di Tempat Kerja, Kamu Mengalaminya?

Credit Image - diadona.id

Saat tidak mendapatkan gaji yang sesuai beban pekerjaan, berarti itu juga tanda bahwa kamu kurang diapresiasi di tempat kerja. Coba cari tahu berapa standar gaji untuk pekerjaanmu. Lalu bandingkan pula dengan pendapatan orang lain yang beban kerjanya sama denganmu.

Jika memang kamu harus mengerjakan banyak hal tapi nominal gaji kurang sesuai, tak ada salahnya untuk meminta pertimbangan kenaikan gaji. Namun, jika permintaan kenaikan gaji ditolak tanpa alasan yang jelas, sebaiknya mulai pikirkan apa rencanamu yang selanjutnya.

Mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan di kantor, termasuk tidak diapresiasi memang bisa menurunkan produktivitas, lho. Tapi agar kamu tak terus-menerus tidak semangat kerja – dan akhirnya kekurangan energi, pastikan kamu tetap menjaga stamina utbuh, ya.

Selain dengan beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif. Kalau sudah begini, pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal, sehingga rasa tak puas bisa dihindari, kan?

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

 

Itulah deretan tanda kurangnya apresiasi di kantor. Apakah kamu juga mengalaminya?

 

 

Featured Image – parapuan.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!