Selain orang dewasa, biasanya anak-anak juga kerap menerima uang THR di hari raya Idul Fitri – atau yang lebih sering disebut sebagai ‘salam tempel’ dari sanak saudara. Nah, di sini, moms bisa membantu anak untuk mengatur mengelola yang tersebut, lho.

Tentu saja, Si Kecil belum paham betul mengenai pengaturan keuangan, apalagi uang THR yang diberikan oleh saudara. Biasanya, anak hanya mengetahui mereka bisa membeli makanan ringan, es krim, atau permen – karena uangnya banyak.

Tapi jangan biarkan anak konsumtif seperti itu, ya, moms. Sebagai orangtua, ada baiknya kamu mengajari Si Kecil untuk mengelola uang tersebut. Bagaimana caranya?

Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Beri Kepercayaan Untuk Menyimpan Uang

Credit Image - mikaylabinar.com

Sebagai orang tua, sudah pasti kamu akan mengajarkan anak untuk menabung soal uang, apalagi uang THR, nih. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk anak adalah memberi kepercayaan penuh untuk mereka simpan uang sendiri, moms.

Dari sini kamu akan melihat tanggung jawab Si Kecil untuk mengatur uang yang ia miliki. Namun, tetap perhatikan ya – jika ia jajan secara impulsif, kamu perlu beri tahu soal prinsip menabung atau menyimpang uang. Dari sini juga, anak akan belajar untuk mengendalikan diri dan keinginannya.

 

Bantu Anak Buat Berbelanja

Namun, jika anak memang ingin membelanjakan uang THR nya untuk keperluan yang penting seperti sepatu, buku, tas sekolah atau sebagainya – kamu perlu dampingi untuk memberikan pengarahan dalam menggunakan uang THR yang ia punya.

Di bagian ini, kamu bisa memberi tahu Si Kecil kalau sebenarnya ada batasan-batasan yang perlu ia ketahui kalau tidak semua barang yang ia inginkan bisa dibeli dengan uang yang ia punyai. Jadi dari sini, ia akan belajar bagaimana memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting terlebih dahulu.

 

Pastikan Ada Uang yang Ditabung

Credit Image - parenting.co.id

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau moms pasti mengarahkan Si Kecil untuk pandai menabung. Kamu bisa mengajarkannya untuk menyisihkan sejumlah uang yang masih sisa dari belanja. Dari sini ia akan belajar untuk tidak berlebihan dan bisa menabung dengan baik.

 

Ajari Soal Berwirausaha

Cukup mudah untuk memberi pelajaran wirausaha dengan anak, lho. Kamu bisa mulai dari membuat kue dengan modal yang mereka miliki. Dari situ, mereka bisa diajarkan untuk mempunyai untung dari penjualan kue tersebut. Nah, jika sudah tahu seperti itu, dijamin Si Kecil akan semakin terasah kemampuannya!

 

Berbagi dan Beramal

Credit Image - guesehat.com

Yang ini jelas tidak boleh moms lupakan atau tinggalkan untuk diajarkan Si Kecil, ya. Pastikan kamu mengajarkan si kecil untuk punya rasa empati kepada sesama sehingga ia tahu untuk berbagi dan beramal.

Selain itu, terangkan juga kepada Si Kecil dengan pendekatan agama kalau beramal adalah salah satu kewajiban yang mesti dilakukan untuk mendapat pahala.

Nah, biar kegiatan mengajari anak untuk mengelola uang THR makin maksimal, moms juga dianjurkan untuk menjaga energi Si Kecil dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineralnya. Selain dari makanan, kamu bisa memberikan asupan suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Sejumlah tips untuk mengelola uang THR Si Kecil di atas tentu cukup mudah untuk dilakukan, ya, moms? Jadi, jangan lupa untuk diterapkan!

 

 

Featured Image – talenta.co