5 Cara Memaksimalkan Olahraga, Bantu dengan Menjaga Pola Makan Harian

5 Cara Memaksimalkan Olahraga, Bantu dengan Menjaga Pola Makan Harian

font size A Ǎ

Dalam menjalani program penurunan berat badan, aktivitas fisik merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Olahraga dapat membantu mempercepat proses pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh, sehingga diet bisa berhasil.

Tak hanya soal olahraga saja, lho, tapi ketika sedang diet kamu juga harus menjaga pola makan. Ingat, poin ini juga tidak kalah pentingnya, ya. Hal tersebut bertujuan agar tubuhmu mendapat kalori dan nutrisi yang baik – dan akhirnya, kamu bisa merasakan manfaat olahraga dengan maksimal.

Untukmu yang sedang diet, berikut ini 5 tips memaksimalkan olahraga dengan menjaga pola makan sehat.

 

 

1. Konsumsi Sarapan Sehat

5 Cara Memaksimalkan Olahraga, Bantu dengan Menjaga Pola Makan Harian

Credit Image - klikdokter.com

Jika kamu hendak berolahraga di pagi hari, bangunlah lebih awal untuk sarapan, minimal satu jam sebelum olahraga.

Sebuah studi menunjukkan bahwa makan dan minum karbohidrat sebelum berolaharaga bisa meningkatkan kinerja latihan, serta memungkinkan kamu berolahraga dengan waktu yang lebih lama dan intensitas yang lebih tinggi.

Pilihlah menu sarapan yang berfokus pada karbohidrat seperti sereal gandum utuh, susu rendah lemak, buah segar – seperti pisang dan apel, roti, jus, maupun yogurt yang bisa kamu pilih sebagai alternatif sarapan sehat.

 

2. Perhatikan Waktu dan Porsi Makan

Apabila kamu ingin makan sebelum berolahraga, perhatikan juga porsinya. Sebab makan terlalu banyak sebelum berolahraga bisa membuat tubuh lesu. Sebaliknya, makan terlalu sedikit mungkin tidak memberikan energi bagi tubuh, sehingga kamu bisa saja merasa lemas selama latihan.

Nah, ada dua waktu dan porsi makan yang dapat diterapkan, yaitu:

  • Untuk makanan besar, makanlah setidaknya 3 hingga 4 jam sebelum berolahraga.
  • Untuk makanan kecil atau snack, makanlah sekitar 1 hingga 3 jam sebelum berolahraga.

 

3. Konsumsi Camilan Secukupnya

5 Cara Memaksimalkan Olahraga, Bantu dengan Menjaga Pola Makan Harian

Credit Image - superindo.co.id

Sebelum atau selama berolahraga, kamu diperbolehkan untuk mengonsumsi camilan, tapi secukupnya saja ya. Umumnya camilan yang dimakan sebelum berolahraga tidak memberi energi tambahan, tapi bisa membantu menunda lapar.

Beberapa pilihan camilan yang bisa kamu konsumsi diantaranya pisang, apel, energi bar, yogurt, smoothie buah, biskuit gandum, granola bar rendah lemak, dan sandwich selai kacang yang merupakan camilan sehat kaya akan nutrisi.

 

4. Makan Setelah Berolahraga

Makan setelah berolahraga, bisa membantu otot agar cepat pulih dan mengganti simpanan glikogen dalam tubuh. Jika memungkinkan, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, dua jam setelah berolahraga.

Pilihan makanan yang bisa dikonsumsi setelah berolahraga, yaitu yogurt dan buah, sandwich selai kacang, susu coklat rendah lemak dan pretzel, smoothie, atau kamu bisa konsumsi roti gandum dengan sayuran.

 

5. Minum Air Putih yang Cukup

5 Cara Memaksimalkan Olahraga, Bantu dengan Menjaga Pola Makan Harian

Credit Image - health.kompas.com

Sebelum, selama dan setelah berolahraga, kamu membutuhkan cukup cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Oleh karenanya jangan lupa untuk minum air putih ya. Supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat berolahraga, American College of Sports Medicine merekomendasikan:

  • Minum 2 hingga 3 cangkir air, selama 2 hingga 3 jam sebelum berolahraga.
  • Minum ½ hingga 1 cangkir air, setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga. Namun sesuaikan juga dengan cuaca dan tubuh.
  • Minum 2 hingga 3 cangkir air setelah berolahraga, untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Namun yang mesti kamu ketahui, manfaat olahraga, apalagi untuk diet bisa semakin maksimal jika kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi dengan tepat, lho. Selain mengonsumsi makanan sehat – kamu direkomendasikan mengoptimalkan asupan nutrisi dengan rutin minum multivitamin setiap harinya.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

 

Ketika kamu sudah memerhatikan nutrisi tubuh baik sesudah maupun sebelum berolahraga, maka proses pembakaran lemak bisa lebih maksimal, lho. Untuk membantunya, kamu bisa menerapkan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – limone.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!