Alami Tenggorokan Kering? Begini 5 Tips Mengatasinya!

Alami Tenggorokan Kering? Begini 5 Tips Mengatasinya!

font size A Ǎ

Pernahkah kamu mengalami tenggorokan kering, bahkan sampai terasa tidak nyaman? Ya, kondisi ini harus diatasi sesegera mungkin. Tenggorokan kering merupakan gejala yang umum, terutama jika kamu sering terkena udara yang kering.

Tenggorokan kering pun bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya, seperti dehidrasi, punya kebiasaan tidur dengan mulut terbuka, mengalami radang tenggorokan, flu, dan sedang amandel. Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin mengonsumsi air putih, lho.

Selain itu, ada tips lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tenggorokan kering. Berikut ulasannya.

 

 

Makan Buah

Alami Tenggorokan Kering? Begini 5 Tips Mengatasinya!

Credit Image - watyutink.com

Makan buah bisa menjadi sebuah solusi untuk mengatasi dehidrasi. Selain air putih, kamu juga bisa memanfaatkan air kelapa sebagai sumber air yang bagus untuk melegakan tenggorokan yang terasa kering.

Seperti yang sudah disebutkan, hindarilah mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein karena bisa membuat tubuh kehilangan lebih banyak air dalam tubuh.

Perlu diingat, tenggorokan yang kering tanpa adanya sebab yang jelas bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan cairan. Ketika kamu tidak minum dengan cukup, produksi air lir pun akan lebih terbatas. Jadi, pastikan untuk minum dengan cukup agar kebutuhan tubuh akan cairan terpenuhi!

 

Kumur Air Garam

Tahukah kamu bahwa engan melakukan kumur air garam bisa membuat tenggorokan lega? Berkumur menggunakan air garam bisa meredakan berbagai gangguan yang kerap menyerang tonggorokan, lho.

Jadi, tak ada salahnya untuk melakukan kumur air garam ketika mengalamai tenggorokan yang gatal dan juga kering. Garam sendiri mampu untuk mengurangi pembengkakak dan iritasi yang terjadi di tenggorokan.

Garam pun bisa memebrsihkan berbagai macam virus yang bersarang di mulut dan juga tenggorokan. Caranya juga mudah, yakni dengan melarutkan 1/2 sendok garam dalam satu gelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan menggunakan air tersebut selama 30 hingga 60 detik. Lakukan sebanyak tiga hingga empat kali dalam 1 hari hingga rasa kering di tengorokan mereda.

 

Konsumsi Madu

Alami Tenggorokan Kering? Begini 5 Tips Mengatasinya!

Credit Image - healthline.com

Cara mengatasi masalah tenggorokan kering juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi madu. Ini memiliki efek yang bisa membuat lega tenggorokan ketika dikonsumsi. Madu sendiri bisa dijadikan sebagai antiseptok dan juga antibakteri yang alami,

Tekstur madu yang kental itu bisa sangat membantu untuk menjaga kelembapan di tenggorokan lebih lama. Kamu bisa mencampurkan madu dengan juga mengonsumsi air hangat atau teh. Namun, kamu juga bisa mengonsumsi langsung madu untuk menghilangkan tenggorokan kering.

 

Minum Teh Chamomile

Selain mengonsumsi madu, minum teh chamomile juga bisa membantu mengatasi tenggorokan kering secara alami dan memberikan efek menenangkan. Teh chamomile memang sering digunakan untuk pengobatan karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan zat baiknya.

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa dengan menghirup uap chamomile saja apat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Maka dengan meminum teh chamomile, bisa memberikan manfaat yang sama.

Jenis teh ini bahkan dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

 

Menerapkan Hidup Bersih dan Sehat

Alami Tenggorokan Kering? Begini 5 Tips Mengatasinya!

Credit Image - klikdokter.com

Tenggorokan kering juga bisa disebabkan oleh virus yang menular, misalnya termasuk salah satu gejala dari Covid-19, flu, pilek, dan batuk. Untuk menghindari risiko paparan virus sekaligus meminimalisir risiko bahayanya, kamu dianjurkan menerapkan hidup bersih dan sehat, ya.

Terapkan jaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta menggunakan masker ketika bepergian apalagi jika kamu berada di ruang tertutup tanpa ventilasi yang memadai.

Selain itu, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

 

Apakah kamu sedang mengalami masalah tenggorokan kering? Yuk, coba atasi dengan deretan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – food.detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!