Tak bisa dipungkiri, dalam lingkungan kerja tentu saja ada beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu produktivitasmu. Akhirnya, hal tersebut akan merusak performa – dan juga hasil pekerjaan yang kamu lakukan, lho.

Meski kebiasaan-kebiasaan ini terlihat sepele, tapi jika dilakukan terus-menerus, maka produktivitas akan semakin terhambat sekaligus melanggar norma di tempat kerja. Lantas, seperti apa sih kebiasaan yang dimaksud?

Berikut ulasannya.

 

 

Mudah Teralihkan

Credit Image - beautynesia.id

Kebiasaan tidak produktif pertama yang dapat mengganggu kinerjamu di tempat kerja adalah fokus yang terlalu mudah untuk dialihkan. Menurut Lifehack, memang ada beberapa pengalihan yang tidak dapat dibendung. Namun, sudah tugas kamu sebagai pekerja profesional untuk tetap fokus bekerja.

Hal-hal kecil seperti notifikasi di handphone atau perbincangan bersama rekan kerja sebenarnya adalah suatu hal yang masih bisa kamu tidak hiraukan. Oleh karena itu, cobalah untuk tetap berfokus, dan hindari diri dari pengalihan yang dapat menghambat kualitas kerjamu.

 

Tak Punya Target

Ketika bekerja, sebaiknya setiap karyawan menyiapkan target yang harus ia tuntaskan selama di kantor. Sayangnya, kebanyakan pekerja justru memiliki kebiasaan buruk di mana mereka tidak menyediakan rencana saat akan bertugas di kantor.

Hal ini cenderung membuat pekerja kehilangan motivasi dan bekerja secara malas-malasan.  Oleh karena itu, biasakan untuk membuat target ketika akan bekerja di kantor. Tidak harus banyak, yang penting target dibentuk sesuai kemampuan dan kewajiban dari atasan.

 

Terlalu Sering Beristirahat

Credit Image - hipwee.com

Melansir Power of Positivity, kebiasaan tidak produktif yang kerap dilakukan pekerja adalah mengambil waktu istirahat secara berlebihan. Siapa di sini yang masih melakukan kebiasaan satu ini? Coba segera di atasi, ya!

Hal ini tak hanya mengganggu produktivitasmu saja, tetapi juga rekan-rekan kerja yang harus berkolaborasi denganmu. Yang bisa kamu lakukan adalah untuk memanfaatkan waktu istirahat yang ada sebaik mungkin agar tak perlu lagi mengambil jeda di waktu kerja.

 

Takut Membuat Kesalahan

Jangan salah sangka, takut membuat kesalahan di tempat kerja adalah hal yang wajar. Nah, namun ternyata, cara menangani permasalahan tersebutlah yang akan menentukan kualitas produktivitasmu di tempat kerja.

Jika kamu merasa cemas dan takut untuk berbuat kesalahan di kantor, coba tingkatkan keahlian yang sudah kamu miliki. Selain itu, jangan ragu untuk tanyakan hal-hal yang tidak kamu mengerti kepada rekan kerja atau atasan. Dijamin, kamu akan lebih percaya diri bila melakukan hal-hal tersebut.

 

Sering Memprioritaskan Kebutuhan Orang Lain

Credit Image - biz.kompas.com

Kebiasaan tidak produktif lainnya yang sering dilakukan oleh pekerja adalah memprioritaskan kebutuhan orang lain. Pada dasarnya, rajin menolong dapat membuatmu lebih mudah untuk disukai dan dipercaya oleh rekan kerja di kantor.

Kendati demikian, apabila terlalu sering memprioritaskan kebutuhan orang lain, pekerjaan dan tingkat produktivitasmu malah terhambat. Maka dari itu, walaupun sulit untuk dilakukan, mulai ubah kebiasaan tersebut dari sekarang.

Alih-alih langsung mengiyakan permintaan orang lain, prioritaskan dahulu kebutuhan serta kewajibanmu di kantor. Bantulah rekan kerja dan atasan bila kamu memang sedang lengang, ya.

 

Bersikap Perfeksionis

Menjadi seseorang yang terlalu perfeksionis juga bisa menjadi kebiasaan yang tidak produktif. Ya, nyatanya kebiasaan satu ini hanya akan memperlambat progres kerja dan membuatmu cepat mengalami burnout, lho.

Menjadi terlalu perfeksionis juga terkadang bisa memengaruhi kualitas kerja dan hubungan profesionalmu di kantor. Jadi, cobalah untuk lebih percaya akan kemampuanmu sendiri. Dengan itu, dijamin pekerjaanmu akan terasa lebih lancar dan hasilnya juga lebih berkualitas.

Menjaga produktivitas dapat kamu lakukan dengan menghindari deretan kebiasaan di atas, ya. Biar makin maksimal, selalu jaga stamina yang juga membantumu untuk lebih produktif. Pastikan sudah beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

 

Nah, jika kamu ingin lebih produktif dari biasanya, coba tinggalkan sejumlah kebiasaan di atas, yuk!

 

 

Featured Image – talenta.co