5 Cara Jitu Membakar Kalori Meski Sibuk, Sederhana Tapi Efektif, Lho!

5 Cara Jitu Membakar Kalori Meski Sibuk, Sederhana Tapi Efektif, Lho!

font size A Ǎ

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki aktivitas padat? Tak jarang, hal tersebut membuatmu tidak memiliki waktu untuk berolahraga, ya. Bahkan, sekedar melakukan gerakan badan pun kerap kali diabaikan – dan akhirnya membawa dampak buruk pada kesehatan tubuh.

Dilansir dari healthdigest, tubuh yang kurang bergerak akan mengalami penurunan kerja otak, meningkatkan risiko serangan jantung, menurunnya kesehatan mental, dan meningkatkan risiko terserang penyakit lain termasuk obesitas.

Untuk menyiasatinya, berikut 5 cara yang dapat dilakukan agar kamu tetap bergerak.

 

 

Jalan Kaki dan Naik Turun Tangga

5 Cara Jitu Membakar Kalori Meski Sibuk, Sederhana Tapi Efektif, Lho!

Credit Image - alodokter.com

Jika kamu hendak pergi ke suatu tempat dan masih dapat dijangkau dengan berjalan kaki, maka berjalan kaki adalah pilihan yang lebih sehat. Dengan catatan kamu tidak sedang terburu-buru ya. Misalnya kamu hendak pergi ke warung atau toko yang masih satu komplek dengan tempat tinggalmu, daripada menggunakan kendaraan, kamu bisa berjalan kaki saja.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tangga ketika sedang ingin berpindah lantai. Ini akan membuat tubuhmu bergerak dan membakar banyak kalori setiap kali kamu melakukannya. Gerakan menaiki tangga mempunyai efek meningkatkan denyut jantung, melatih keseimbangan tubuh dan meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah.

 

Gerakkan Badan Saat Menonton Televisi

Kalau kamu memang punya hobi menonton televisi. Ada kemungkinan kamu banyak duduk di depan televisi tanpa banyak bergerak. Dan tanpa kamu sadari kamu menghabiskan banyak waktu tanpa melakukan aktivitas fisik.

Letakkan alat treadmill di depan televisi. Lalu kamu bisa menonton acara favoritmu sambil berolahraga. Tak punya alat treadmill? Tak masalah, kok. Kamu bisa melakukan gerak badan sederhana dengan berulang. Kamu bisa melakukannya sesuai kemampuan tubuh kamu.

Kemudian, istirahat jika lelah dan tanpa terasa kamu sudah berolahraga dengan sendirinya sambil bergembira menyaksikan tontonan favorit kamu.

 

Berkebun

5 Cara Jitu Membakar Kalori Meski Sibuk, Sederhana Tapi Efektif, Lho!

Credit Image - dekoruma.com

Tak perlu membayangkan kegiatan berkebun di lahan yang luas. Menanam beberapa macam bunga di teras pun sudah cukup membuat kamu bergerak. Kamu tentunya harus menyiram tanaman, memupuk dan mencabuti rumput yang mengganggu. Semua kegiatan itu akan membuat kamu bergerak dan membakar banyak kalori di tubuhmu.

Saat kamu melakukan kegiatan yang kamu sukai, kamu bahkan bisa tak ingat sudah berapa lama kamu bergerak. Mungkin kamu sudah banyak menggali, mengangkat dan lain-lain. Bayangkan jika diukur, sudah berapa jauh kamu bergerak.

 

Parkir Kendaraan Sedikit Jauh

Dengan memarkir kendaraan agak jauh dari kantor atau tempat kerjamu, kamu akan terpaksa harus berjalan kaki dari dan ke tempat parkir. Walau awalnya kamu perlu memaksakan diri, lama kelamaan kamu akan terbiasa dan itu menjadi rutinitas bergerak yang sehat. Jika dihitung, kamu telah menambahkan sekian jumlah langkah kaki setiap harinya.

Tetapi kamu tetap harus memperhatikan faktor keamanan terkait pilihan tempat parkir kamu. Misalnya saja jika kamu harus pulang malam dan area parkir cukup sepi, tentunya kurang bijak jika kamu memilih tempat yang jauh. Ingat ya, tetap perhatikan keamananmu!

 

Pasang Alarm

5 Cara Jitu Membakar Kalori Meski Sibuk, Sederhana Tapi Efektif, Lho!

Credit Image - kompasiana.com

Kamu bisa memasang alarm sesuai waktu yang kamu inginkan. Alarm akan mengingatkan kamu untuk bergerak apabila kamu terlalu asyik tenggelam mengerjakan suatu pekerjaan. Walau gerakan yang dilakukan sederhana, akan tetap bermanfaat jika dilakukan dengan rutin.

Nah, kamu bisa memilih gerakan tubuh yang paling mungkin dilakukan – dan sesuai dengan tempat kamu berada. Misalnya, di kantor kamu tentu tak ingin berlari-lari, kan? Kalau begitu, cukup berjalan ke luar ruangan pun tak mengapa.

Ketika kamu sudah rutin melakukan aktivitas fisik, yang tak boleh dilupakan, yaitu mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk memaksimalkan kegiatan harianmu. Hal ini pun bisa membantu menjaga energi, lho.

Kedua asupan tersebut bisa kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C dan Enervon Active yang punya kandungan lengkap.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

Dan, untuk yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada  Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat tubuh makin aktif dan produktif sepanjang hari.

 

Nyatanya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap bergerak dan membakar kalori meski punya aktivitas padat, kan? Yuk, mulai diterapkan!

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!