Kenali Ciri-Ciri Amandel Serta Cara Mencegahnya

Kenali Ciri-Ciri Amandel Serta Cara Mencegahnya

Sepertinya, amandel merupakan salah satu penyakit yang seringkali dialami banyak orang. Masalah kesehatan yang satu ini biasanya kerap menyerang anak-anak, namun tetap tidak menutup kemungkinan orang dewasa mengalaminya, lho. Untuk itu, mengenali ciri-ciri amandel penting dilakukan.

Radang amandel dapat terjadi karena adanya infeksi pada amandel. Hal inilah yang akhirnya membuatmu sakit tenggorokan – bahkan, pada kasus yang lebih berat, penderitanya bisa mengalami demam hingga menjadi penyakit yang lebih serius.

Berikut ini ciri-ciri amandel dan cara mengatasinya.

 

 

Penyebab Amandel

Kenali Ciri-Ciri Amandel Serta Cara Mencegahnya

Credit Image - health.kompas.com

Sebelum mengetahui dan memahami ciri-ciri amandel, mengetahui penyebabnya juga tak kalah penting. Penyebab dari amandel ini bisa dikaitkan dengan virus ataupun bakteri. Jika virus, biasanya amandel sama seperti halnya virus yang dapat akibatkan flu serta batuk.

Sedangkan bakteri penyebab radang amandel ini biasanya adalah bakteri streptococcus bacteria. Hal ini yang menyebabkan gejala amandel sama seperti gejala flu dan juga batuk. Tak hanya disebabkan oleh virus serta bakteri, kebiasaan merokok serta miliki riwayat asam lambung juga bisa jadi penyebab dari radang amandel ini.

Penyakit asam lambung memang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Dikarenakan setiap katup yang ada pada otot kerongkongan akan menutup jalan makanan dan tidak kembali ke tenggorokan. Karena hal itulah, asam lambung akan justru mengalir ke kerongkongan serta menyebabkan iritasi pada dindingnya.

 

Ciri-Ciri Amandel

Kenali Ciri-Ciri Amandel Serta Cara Mencegahnya

Credit Image - rdk.fidkom.uinjkt.ac.id

Adapun ciri-ciri amandel yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

1. Sakit pada Area Tenggorokan

Ciri-ciri amandel yang telah umum dan mudah dikenali pertama adalah rasa sakit pada area tenggorokan. Hal ini terjadi karena amandel berada pada area tenggorokan. Oleh sebab itu, saat amandel mengalami pembengkakan akibat infeksi, gejala amandel yang bisa dirasakan ialah sakit tenggorokan.

 

2. Rasa Sakit Saat Menelan

Ciri-ciri amandel yang berikutnya adalah kamu sering merasakan sakit saat menelan makanan ataupun minuman. Ini disebabkan karena makan dan minum yang ditelah akan mengenai amandel yang sedang terinfeksi.

Selain itu, jika mengalami sakit dan sulit untuk menelan, maka kemungkinan terkena peradangan pada amandel semakin besar.

 

3. Demam

Infeksi pada amandel akan menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh, maka dampak umumnya adalah kamu akan mudah terkena demam. Demam sendiri akan dapat menunjukkan gejala amandel yang dialami. Apalagi jika demam dan juga sakit tenggorokan selama 1 atau 2 hari. Tentu saja kemungkinan bisa juga mengalami radang amandel.

 

4. Batuk

Meskipun sebenarnya batuk bukan ciri-ciri amandel secara umum, namun beberapa orang menunjukkan ciri-ciri ini biasanya sedang mengalami peradangan amandel. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh radang amandel tersebut yang telah menyebar hingga paru-paru. Selain itu, batuk kering yang secara terus-menerus akan dapat sebabkan peradangan pada amandel.

 

5. Sakit Kepala

Sakit kepala yang diakibatkan oleh radang amandel ini disebabkan karena adanya kenaikan pada suhu tubuh. Apalagi jika asupan makanan kurang terpenuhi karena sakit pada tenggorokan yang mengakibatkan susah menelan.

Hal ini dapat menyebabkan energi tubuh terus berkurang – dan mungkin saja kamu bisa terserang sakit kepala.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kenali Ciri-Ciri Amandel Serta Cara Mencegahnya

Credit Image - health.detik.com

Jika kamu merasakan ciri-ciri penyakit amandel, tak perlu terburu-buru melakukan operasi. Sebenarnya, amandel juga bisa disembuhkan tanpa harus melalui prosedur operasi. Selain itu, cara mengobati gejala amandel juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Cara paling mudah yang dilakukan adalah dengan kumur menggunakan air garam. Kumur dengan air garam akan dapat membantumu untuk bersihkan lendir pada tenggorokan. Selain itu, minum-minuman seperti teh yang dicampur madu juga dapat membantumu atasi radang amandel.

Memiliki radang amandel bisa diringankan dengan memakan makanan yang dingin seperti es krim. Hal itu karena makanan dingin bisa membantu ringankan rasa sakit akibat dari tonsilitis pada tenggorokan.

Selain itu, karena kondisi amandel bisa disebabkan oleh infeksi virus, maka menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat mesti dilakukan. Ini bisa kamu lakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat, ya.

Konsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup merupakan langkah sederhana tapi ampuh dalam menjaga imunitas, lho. Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah ciri-ciri amandel dan juga mengatasinya. Jika kamu sedang mengalaminya dan kondisi tidak kunjung membaik, ada baiknya segera periksakan kondisimu, ya!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!