5 Tanda Tubuh Kekurangan Waktu Tidur, Perlu Diperhatikan, Lho!

5 Tanda Tubuh Kekurangan Waktu Tidur, Perlu Diperhatikan, Lho!

font size A Ǎ

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat – sembari melakukan regenerasi sel. Mendapat tidur yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sekaligus menguatkan imunitas tubuh.

Ketika kamu kurang tidur, biasanya tubuh akan mengirim sinyal sebelum kondisi tersebut berdampak pada kesehatan. Untuk itu, kamu harus memperhatikan tanda-tanda tubuhmu kurang tidur, ya. Setidaknya, ada 5 tanda yang harus diwaspadai, lho.

Berikut informasinya.

 

 

1. Mudah Lupa

5 Tanda Tubuh Kekurangan Waktu Tidur, Perlu Diperhatikan, Lho!

Credit Image - jatimnetwork.com

Tidur tidak hanya dapat mengembalikan energi tubuh, namun juga berperan dalam proses belajar. Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan kognitif, termasuk dalam proses belajar, berpikir, dan memecahkan masalah.

Sehingga kurang tidur dapat membuat kamu kesulitan untuk belajar secara efektif. Selain itu, kurang tidur juga dapat membuatmu sulit mengingat sesuatu yang telah dipelajari. Jadi, pastikan kamu sudah mendapat waktu tidur yang cukup, ya.

 

2. Berat Badan Bertambah

Jika kurang tidur, tubuh akan cenderung memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang berperan dalam menimbulkan rasa lapar dan menghasilkan sedikit hormon leptin yang berperan dalam menimbulkan rasa kenyang.

Selain itu, kurang tidur akan membuatmu tetap merasa lelah. Nantinya, rasa lelah akan menyebabkanmu tidak memperhatikan apa yang dimakan ataupun jumlah makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko bertambahnya berat badan.

Kurang tidur tidak hanya membuat kamu terus lapar, namun juga keinginan untuk makan makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 6 jam per hari lebih beresiko untuk mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 6 jam per hari.

 

3. Menyebabkan Stres, Emosi, dan Depresi

5 Tanda Tubuh Kekurangan Waktu Tidur, Perlu Diperhatikan, Lho!

Credit Image - popbela.com

Sebuah studi menyebut bahwa kurang tidur membuat seseorang lebih mudah mengalami stres dan emosi menjadi tidak terkendali. Emosi yang tidak terkendali tersebut sering kali akan membuat orang bertindak tanpa berpikir lebih panjang atau melakukan sesuatu yang buruk tanpa bermaksud melakukannya.

Sulit tidur biasanya diakibatkan oleh depresi, sementara kurang tidur juga dapat membuat kamu lebih mudah mengalami depresi. Kedua hal tersebut merupakan hal yang saling berkaitan.

 

4. Mengalami Gangguan pada Mata dan Kulit

Tanpa disadari, tanda kurang tidur adalah gangguan terhadap kesehatan mata. Ini bisa berupa mata merah, mata lelah, mata menjadi lebih sulit untuk fokus, dan berpotensi mengalami penglihatan ganda salah satu ciri kurang tidur.

Selain itu, tanda kurang tidur juga bisa dilihat dari kulit, lho. Tidur cukup dapat membuat kulit melakukan regenerasi yang optimal. Sehingga kurang tidur dapat memberikan dampak pada kesehatan kulit, seperti mudah berkeriput, mengurangi hormon pertumbuhan yang berperan untuk meningkatkan ketebalan kulit, hingga membuat kulit bagian mata terlihat lelah.

 

5. Lebih Mudah Sakit

5 Tanda Tubuh Kekurangan Waktu Tidur, Perlu Diperhatikan, Lho!

Credit Image - blog.cakap.com

Saat tidur cukup, sistem kekebalan tubuh akan memproduksi sitokin, protein yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Sehingga, kurang tidur dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh yang berdampak pada produksi hormon sitokin tersebut. Akibatnya, kurang tidur dapat membuatmu lebih mudah mengalami sakit.

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 7 jam per hari memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk mengalami demam atau flu dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 8 jam per hari.

Tidur memang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, namun biar imunitas semakin kuat, kamu juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin, seperti Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, jika kamu mengalami sejumlah tanda kekurangan tidur di atas, yuk, segera perbaiki pola istirahatmu agar kesehatan tetap terjaga.

 

 

Featured Image – genpi.co

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!