Siapa yang tidak suka dengan makanan berlemak? Makanan berlemak biasanya memiliki rasa yang lezat, jadi tidak heran banyak orang yang suka. Namun, dibalik rasanya yang lezat, makanan ini seringkali jadi salah satu penyebab kolesterol.

Akan tetapi, makanan berlemak dan kolesterol tidak selalu jadi musuh. Ada jenis lemak yang bisa menjadi penyebab kolesterol, tapia da juga lemak yang justru baik untuk kolesterol.

Jenis lemak yang menjadi penyebab kolesterol jahat

Credit: foodnavigator.com

Perlu kamu ketahui, jenis lemak yang terkandung dalam makanan itu berbeda- beda. ada jenis lemak baik dan lemak jahat. Jadi, tidak semua makanan berlemak itu memiliki dampak buruk untuk tubuh. Jenis lemak baik, justru diperlukan tubuh untuk membantu menjalankan fungsinya.

Jenis lemak yang dapat menjadi penyebab kolesterol jahat dalam tubuh adalah jenis lemak jenuh dan lemak trans.

  • Lemak jenuh. Banyak ditemukan dalam daging dan produk olahan daging, serta produk susu. Asupan lemak jenuh berlebih dapat memicu hati menghasilkan kolesterol jahat lebih banyak dalam tubuh.
  • Lemak trans. Dapat ditemukan dalam produk minyak padat, sehingga lemak trans ini banyak terkandung dalam produk yang digoreng. Misalnya, junk food, gorengan, dan makanan kemasaan. Jenis lemak ini sangat tidak sehat, karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dan juga menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Makanan berlemak dan kolesterol, apakah akan selalu jadi musuh?

Credit: medicalnewstoday.com

Kamu mungkin sering mengira bahwa semua makanan berlemak pasti menjadi penyebab kolesterol. Tapi, lemak dan kolsterol adalah dua hal yang berbeda. Dalam tubh, makanan berlemak memang dapat mempengaruhi kadar kolesterol tubuh. Tapi dalam makanan, tidak semua makanan berlemak juga mengandung kolesterol.

Kolesterol yang terkandung dalam makanan justru tidak terlalu membahayakan. Hal ini karena kadar kolesterol dalam makanan umumnya memiliki dampak kecil pada peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Justru, makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans bisa jadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol tubuh.

Untuk itu, kamu perlu menghindari makanan yang mengandung kolesterol seperti udang, telur, dan jeroan. Dan perhatikan juga cara memasaknya, jika makanan diolah dengan cara digoreng, maka ini akan menambahkan kadar lemak trans di dalamnya.

Makanan berlemak dan kolesterol bisa saling mendukung

Credit: healthline.com

Tidak semua makanan berlemak harus dihindari. Jenis lemak sehat justru diperlukan tubuh untuk membantu menjalankan fungsinya. Jenis lemak sehat adalah lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6.

Jenis lemak ini baik karena dapat membantu meningkatkan kerja hati dan merusak kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Lemak tak jenuh bisa kamu temukan dalam ikan berlemak, seperti ikan tuna, salmon, sarden, dan makarel. Selain itu, dapat ditemukan dalam kacang- kacangan dan biji- bijian, seperti almond, kacang mede, biji bunga matahari, minyak zaitun, minyak kanola, dan lain sebagainya.

Dan untuk melengkapi hidup sehatmu dengan bebas kolesterol, konsumsi vitamin C dari Enervon setiap hari. Vitamin C dari Enervon mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang aman di lambung dan dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

 

 

 

Featured Image - inquirer.com