Si Kecil Termasuk Picky Eater? Atasi dengan 5 Trik Jitu Ini, Yuk!

Si Kecil Termasuk Picky Eater? Atasi dengan 5 Trik Jitu Ini, Yuk!

Si Kecil hanya ingin menyantap satu jenis masakan saja setiap harinya? Tak perlu khawatir moms dan dads, pilih-pilih makanan – atau disebut juga picky eater merupakan fase yang wajar selama masa pertumbuhan anak. Hal ini pun bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana, lho.

Kebiasaan picky eater sebenarnya dapat hilang seiring berjalannya waktu. Di fase tersebut, Si Kecil cenderung memilih dan menyukai makanan yang biasa ia makan saja. Untuk itu, ada baiknya moms dan dads terus memperkenalkan makanan baru sejak usia dini guna mencegah anak menjadi picky eater.

Selain mengenalkan beragam jenis makanan, berikut ini tips untuk menghadapi anak yang suka memilih-milih makanan.

 

 

Hargai Keinginan Anak Untuk Makan atau Tidak Makan

Si Kecil Termasuk Picky Eater? Atasi dengan 5 Trik Jitu Ini, Yuk!

Credit Image - alodokter.com

 Poin pertama dalam mengatasi anak picky eater adalah tidak memaksa anak untuk makan kalau mereka tidak lapar. Ada orangtua yang suka memaksa anaknya untuk makan sesuatu atau mencuci piringnya sendiri. Hal ini hanya bisa menciptakan suasana tegang dan memicu adu mulut saat sedang makan di meja makan.

Paksaan yang moms dan dads lakukan terus menerus justru membuat anak mengaitkan kegiatan makan dengan kecemasan dan frustrasi. Anak juga cenderung lebih mengabaikan rasa kenyang dan laparnya sendiri, lho.

Sajikan makanan dengan porsi kecil untuk menghindari anak kekenyangan. Berilah mereka kesempatan untuk menambah porsi makan mereka sendiri, ya.

 

Bersabar dengan Menu Makanan Baru

Mengatasi anak picky eater memang harus sabar. Bila moms dan dads menyajikan seporsi menu makanan baru di meja makan, biasanya anak-anak akan menyentuh atau mencium makanan terlebih dulu.

Setelah mencicipi, anak mungkin menaruh kembali makanan tersebut ke atas piring. Biasanya untuk hal tersebut, anak-anak butuh proses, sebelum akhirnya terbiasa dan mau dengan menu makanan baru.

Nah, di sini, kamu perlu mendorong anak agar lebih memerhatikan warna, bentuk, aroma, dan tekstur makanan daripada cuma rasa makanan itu sendiri. Akan lebih baik jika moms dan dads menyajikan menu baru bersama dengan menu makanan favorit Si Kecil.

 

Buat Kegiatan Makan Jadi Menyenangkan

Si Kecil Termasuk Picky Eater? Atasi dengan 5 Trik Jitu Ini, Yuk!

Credit Image - siedoo.com

Mengatasi anak yang picky eater juga dapat dilakukan dengan merubah kegiatan menjadi lebih menyenangkan, alih-alih begitu-begitu saja, lho. Contohnya, moms dan dads dapat menyajikan brokoli dan sayuran lainnya dengan saus atau bumbu favorit. Agar lebih menarik, potong makanan menjadi berbagai bentuk menggunakan cetakan kue.

Tawarkan juga menu sarapan untuk disajikan sebagai makan malam. Selain itu, kamu bisa mencoba untuk menyajikan berbagai makanan dengan warna cerah untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan atau picky eater.

 

Ajak Anak Menyiapkan Makanannya

Bila Si Kecil memiliki hobi pilih-pilih makanan, coba libatkan ia dalam kegiatan yang berhubungan dengan urusan makan keluarga. Moms dan dads bisa mengajak mereka berbelanja ke pasar atau ke supermarket.

Mintalah bantuan anak untuk memilih buah-buahan, sayuran, dan makanan sehat lainnya waktu berbelanja bersama. Hindari membeli sesuatu yang menurutmu tidak baik untuk dikonsumsi anak. Ketika sampai di rumah, lakukan hal yang sama dengan melibatkan anak untuk mencuci sayuran, mengaduk adonan, atau mengatur meja makan.

 

Kenalkan Makanan Baru

Si Kecil Termasuk Picky Eater? Atasi dengan 5 Trik Jitu Ini, Yuk!

Credit Image - merahputih.com

Agar kebutuhan gizi anak terpenuhi untuk pertumbuhan dan perkembangannya, sangat penting untuk memberi ragam menu masakan pada Si Kecil. Salah satu cara untuk mengatasi anak picky eater adalah dengan mengenalkan jenis makanan baru.

Selain itu, pastikan moms dan dads juga menyediakan beragam jenis makanan bergizi – dan biarkan anak untuk memilih apa dan berapa banyak makanan yang ia makan, ya. Kebiasakan makan dan pemilihan makanan anak sangat dipengaruhi oleh orang sekitarnya, terutama oleh orangtua. Ini bisa mengatasi anak yang memiliki kondisi picky eater atau pilih-pilih makanan.

Menyajikan ragam makanan yang berbeda memang bisa membantu mengatasi masalah anak yang picky eater sekaligus membantu memenuhi kebutuhan gizinya. Pada anak yang suka memilih-milih makanan, moms dan dads juga dapat memberikan asupan suplemen multivitamin agar kebutuhan vitamin tetap terpenuhi.

Moms dan dads, dapat memberi anak Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat memaksimalkan proses tumbuh kembang Si Kecil, bantu memenuhi kebutuhan nutrisi, hingga menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Nah, apakah Si Kecil juga punya permasalahan suka memilih-milih makanan? Mulai sekarang, kamu dapat mencoba mengatasi hal tersebut dengan menerapkan kelima tips di atas agar kebiasaan picky eater dapat segera dihilangkan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – nypost.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!