Menjaga kebersihan diri, termasuk mencuci tangan termasuk salah satu tindakan pencegahan penyebaran penyakit. Pasalnya, tanpa disadari, tangan sering menjadi perantara dari berbagai bakteri, virus, dan kuman untuk masuk ke dalam tubuh.

Meski demikian, masih banyak yang menganggap remeh tindakan pencegahan yang satu ini. Padahal, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun bisa memberikan banyak manfaat baik. Jadi, mencuci tangan secara teratur adalah salah satu faktor terpenting dalam menjaga kebersihan diri dan melindungi kesehatan tubuh.

Berikut ini alasan mengapa mencuci tangan penting untuk mencegah penyakit.

 

Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Credit Image - liputan6.com

Proses berpindahnya kuman bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi. Jika sudah masuk ke bagian dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengganggu sistem imun atau kekebalan tubuh.

Hal ini biasanya akan membuatmu sakit atas reaksi adanya infeksi di dalam tubuh oleh bakteri, kuman, atau virus. Kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar akan membawa manfaat berupa pencegahan penularan penyakit secara efektif.

Bagaimanapun, tangan memang sering digunakan untuk menyentuh bagian-bagian tubuh lain. Tanpa terasa kamu akan menyentuh pipi, mulut, hidung, atau mata. Jika tangan Anda kotor, kuman bisa sangat cepat tersebar.

Jika teknik cuci tangan sudah sesuai, kamu bisa membersihkan kuman dan mencegahnya untuk semakin tersebar.

Beberapa penyakit yang dapat Anda cegah dengan rajin mencuci tangan adalah:

  • Penyakit pencernaan (diare, keracunan makanan, dan hepatitis A)
  • Gangguan pernapasan (pneumonia dan flu)
  • Infeksi lainnya, seperti meningitis dan MRSA.

 

Membunuh Kuman dan Mikroorganisme Berbahaya Lainnya

Manfaat selanjutnya dari menerapkan kebiasaan mencuci tangan adalah membasmi mikroorganisme yang tak terlihat di tangan. Sifat dari bakteri, kuman, dan virus memang mikroskopik. Itu artinya, Anda tidak bisa melihat mikroorganisme ini dengan mata telanjang.

Perlu alat tersendiri untuk memastikannya. Meski tak tertangkap mata, bukan berarti mereka tidak ada di permukaan tangan dan benda-benda di sekitar.

Justru, mikroorganisme ini tersebar di mana-mana, termasuk dalam benda-benda terdekat kamu yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi. Hal ini meliputi telepon genggam, laptop, meja, sepatu, atau pun tas.

Kuman dan mikroorganisme lain juga terdapat di berbagai aktivitas yang kamu lakukan. Entah itu dengan bersin, batuk, atau terlibat kontak dengan hewan. Untuk itu penting aga selalu cuci tangan setelah beraktivitas, karena kuman tersebar di mana-mana meskipun kamu tidak melihatnya.

 

Memutus Rantai Penyebaran Penyakit, Termasuk Selama Pandemi

Credit Image - hellosehat.com

Di masa-masa genting, seperti pandemi, kebiasaan mencuci tangan dapat menjadi hal yang mampu menyelamatkan banyak orang. Mencuci tangan tidak hanya akan mencegahmu dari penularaan penyakit, namun membawa manfaat lainnya, yaitu turut melindungi orang-orang di sekitar.

Selain itu, kunci keberhasilan suatu masyarakat dalam menghadapi pandemi adalah ketika orang-orang di dalamnya kompak menjaga kebersihan, termasuk menerapkan kebiasaan cuci tangan. Tindakan yang dilakukan satu orang akan berpengaruh secara signifikan pada suatu kelompok sosial. Kamu bisa membawa perubahan besar dengan cara memulai dari diri sendiri.

Oleh karena itu, pastikan kamu tidak pernah melewatkan kebiasaan cuci tangan, dan selalu ingatkan orang-orang di sekitarmu untuk memulai kebiasaan ini.

 

Membantu Menghemat Pengeluaran

Penyakit yang ditularkan dari tangan yang tidak bersih memiliki tingkat keparahan yang beragam, mulai dari yang bersifat ringan hingga berat. Berapa biaya yang dihabiskan saat kamu berkunjung ke rumah sakit untuk berobat? Pasti tidaklah murah.

Semakin berat penyakit yang diderita, tentu semakin besar pula biaya yang harus kamu gelontorkan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Dmenjalani perilaku hidup bersih dan sehat seperti rajin mencuci tangan, tentunya kamu akan mendapat manfaat berupa menghemat pengeluaran karena lebih jarang berobat ke rumah sakit.

Dibanding dengan pengeluaran yang ekstra saat sedang sakit, mencuci tangan hanya membutuhkan ‘modal’ berupa kesadaran, sabun, dan air. Cobalah untuk mencoba disiplin untuk mencuci tangan agar tetap sehat. Ini cara paling mudah dan murah untuk mencegah tertular penyakit.

 

Selain Mencuci Tangan, Jaga Terus Kekebalan Tubuhmu!

Credit Image - sehatq.com

Tidak hanya dengan mencuci tangan, menjaga kesehatan juga perlu dilakukan dengan menjaga imunitas tubuhmu. Ini bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan menjalani pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi suplemen vitamin C yang berfungsi mempertahankan imunitas, sehingga risiko terserang penyakit dapat diminimalisir.

Untuk suplemen vitamin C, kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang punya kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

 Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Itulah 4 alasan mengapa kamu harus rutin mencuci tangan. Jadi, pastikan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, kamu bisa gunakan hand sanitizer sebagai penggantinya.

 

 

Featured Image – lifepack.id

Source – hellosehat.com