Bantu Penuhi Dosis Vitamin C, Ini Tips Konsumsi Suplemen dalam Bentuk Tablet

Bantu Penuhi Dosis Vitamin C, Ini Tips Konsumsi Suplemen dalam Bentuk Tablet

Memenuhi dosis vitamin C harian penting dilakukan untuk menjaga fungsi tubuh. Selain itu, mendapatkan asupan vitamin C pun dapat membantu menjaga kekebalan, sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Dosis vitamin C harian dapat kamu peroleh dari konsumsi makanan tinggi vitamin C – atau dengan mengonsumsi suplemen multivitamin, termasuk yang berbentuk tablet, mengingat vitamin C bukanlah jenis nutrisi yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Apakah kamu sudah rutin mengonsumsi suplemen vitamin C tablet? Nah, agar manfaatnya semakin terasa, berikut ini tips cara tepat konsumsinya. Simak informasinya sampai habis, ya!

 

 

Kapan Saja Perlu Konsumsi Vitamin C?

Bantu Penuhi Dosis Vitamin C, Ini Tips Konsumsi Suplemen dalam Bentuk Tablet

Credit Image - consumerlab.com

Sebelum memasuki ulasan mengenai cara tepat mengonsumsi vitamin C tablet, ada baiknya kamu mengetahui akibat yang bisa ditimbulkan karena kekurangan asupan vitamin yang satu ini. Kurang dosis vitamin C harian dapat mendatangkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, bahkan sampai berisiko datal, lho.

Kekurangan dosis vitamin C harian dapat menyebabkan lemah, letih, lesu – terutama pada jaringan ikat, serta pembuluh darah pun turut menjadi rapuh. Sebelum berdampak fatal, tubuh seseorang biasanya memberikan berbagai gejala kekurangan vitamin C, seperti:

  • Gusi berdarah dan bengkak
  • Sering mimisan
  • Rambut kering dan pecah-pecah
  • Luka sulit sembuh
  • Kekurangan zat besi
  • Kulit merah, kering, dan kusam
  • Gampang memar
  • Sering mengalami infeksi
  • Kelelahan dan murung
  • Berat badan mudah bertambah
  • Sendi bengkak dan nyeri

Nah, jika kamu tengah mengalami sejumlah tanda di atas, ada baiknya segera mencukupi kebutuhan vitamin C, termasuk memperolehnya dengan rutin minum vitamin C tablet secara rutin, ya!

 

Waktu Tepat Minum Suplemen Vitamin C Tablet

Bantu Penuhi Dosis Vitamin C, Ini Tips Konsumsi Suplemen dalam Bentuk Tablet

Credit Image - klikdokter.com

Sebenarnya, ada anggapan mengonsumsi vitamin C tablet lebih baik di pagi hari, dibandingkan malam hari. Mengapa demikian? Pasalnya, ada yang mengatakan bahwa vitamin C dapat menyebabkan susah tidur. Namun, hal tersebut tidaklah benar, karena belum ada bukti medis yang menunjang kesimpulan tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, suplemen vitamin C tablet dapat diminum sepanjang hari. Misal, di pagi hari – alias sebelum makan, dan keadaan perut masih kosong. Hal ini tidak semenakutkan itu, kok. Ada banyak sekali suplemen vitamin C tablet yang aman diminum sebelum makan.

Vitamin C – atau disebut juga sebagai L-absorbic Acid merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Mudahnya, waktu tepat untuk meminum suplemen vitamin C tablet terbaik, yaitu di pagi hari, seperti 30 menit sebelum sarapan. Atau, bisa juga 2 jam sesudah makan ketika makanan telah dicerna.

Buat kamu yang memiliki masalah perut sensitif, jangan khawatir, seperti yang sudah disebutkan, kamu tetap bisa mengonsumsi suplemen vitamin C tablet. Tetapi, direkomendasikan mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Dengan demikian, perut akan tetap terasa nyaman. Dan usahakan untuk minum vitamin C tablet di jam yang sama setiap harinya, ya.

Biar semakin nyaman, kamu juga dapat memilih suplemen yang mengandung non-acidic vitamin C – atau disebut juga sebagai kalsium askorbat. Konsumsi suplemen vitamin C tablet terbaik pilihanmu sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, satu tablet sebelum – atau 2 jam sesudah sarapan, kemudian satu tablet lagi setelah makan siang.

Atau, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C tablet bersamaan asupan zinc. Perlu diketahui bahwa vitamin C dan zinc merupakan ‘pasangan terbaik’. Artinya, jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, manfaatnya pun dapat lebih terasa, lho.

Sayangnya, sebagian orang lebih cenderung mengutamakan sumber asupan vitamin C saja, tanpa memerhatikan kebutuhan zinc. Padahal, zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc, sehingga suplemen vitamin C tablet bisa diserap secara maksimal. Nah, kamu bisa kombinasikan vitamin C dengan makanan yang kaya akan zinc, seperti, daging, kacang-kacangan, dan tahu.

 

Suplemen yang Direkomendasikan

Bantu Penuhi Dosis Vitamin C, Ini Tips Konsumsi Suplemen dalam Bentuk Tablet

Credit Image - enervon.co.id

Memenuhi kebutuhan dosis vitamin C harian memang bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin tersebut, seperti stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Atau, dari sayuran, seperti bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun, sayangnya, masih banyak yang salah dalam memasak sayuran vitamin C, seperti dimasak terlalu lama. Hal ini tentunya bisa mengurangi kadar vitamin yang terkandung di dalam sayuran tersebut, ya. Sebagai alternatif, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi sayur dan buah segar, dibanding dengan produk instan, karena produk instan memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dibanding sumber yang segar.

Biar lebih mudah, mengonsumsi suplemen vitamin C tablet pilihanmu sangat dianjurkan, lho. Pastinya, hal ini lebih mudah dilakukan, apalagi untuk kamu yang punya segudang aktivitas. Tapi, pastikan memilih suplemen vitamin C terbaik dengan kandungan yang lengkap, ya.

Direkomendasikan untuk minum  Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif. Nah, sejumlah multivitamin Enervon tersebut dapat kamu konsumsi sebanyak dua kali sehari agar manfaatnya semakin terasa!

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah tips memenuhi dosis vitamin C harian dengan mengonsumsi suplemen dalam bentuk tablet. Pastikan kamu sudah mencukupi asupan vitamin ini setiap harinya!

 

 

Featured Image – rsihasanah.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!