Pernahkah kamu memasukkan lamaran pekerjaan di suatu perusahaan namun ditolak? Ya, kasus tersebut sepertinya seringkali dialami banyak orang. Tentu saja, ketika melamar pekerjaan, kamu berharap diterima – dan bisa segera bekerja di tempat baru.

Meski demikian, ada beragam faktor yang membuat lamaran pekerjaan ditolak, lho. Bahkan, tidak sedikit yang merasa bingung ketika mendapat kabar kalau lamaran pekerjaan tidak diterima perusahaan terkait.

Lalu, jika menghadapi situasi tersebut, apa yang bisa dilakukan? Berikut tips menghadapi lamaran pekerjaan yang ditolak. Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Minta Masukan dan Saran

Credit Image - health.detik.com

Daripada mendiamkan email penolakan lamaran pekerjaan tersebut, kamu bisa berterima kasih pada recruiter dan meminta masukan dari mereka. Banyak orang yang sungkan untuk melakukan ini, tapi justru ini bisa jadi poin plus kamu di mata recruiter

Dari sini, kamu akan tahu apa yang menjadi kekurangan hingga tidak lolos proses rekrutmen mereka. Dari sekian banyak tahapan rekrutmen yang diikuti, kamu akan tahu di bagian mana yang gagal dan tak sesuai dengak ekspektasi perusahaan.

Apakah gagal pada sesi interview ataukah gagal di proses tes kerja. Daripada menebak-nebak lebih baik tanyakan langsung pada recruiter. Meskipun, belum tentu jawaban dari recruiter sesuai dengan ekspektasi kamu.

Banyak perusahaan yang mungkin hanya memberikan jawaban standar atau tidak membalasmu sama sekali. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba.

 

Review Diri Sendiri

Setelah mendapat masukan dari recruiter, kamu bisa melakukan review dan merenungkan apa yang menjadi kekuranganmu. Selain itu, kamu juga bisa menilai diri sendiri, agar kamu paham mana yang harus diperbaiki selanjutnya. 

Tanyakan pada dirimu, bagaimana proses interview yang sudah kamu lakukan selama ini. Apakah sudah sudah menjawab pertanyaan saat interview dengan benar dan sesuai keinginan rekruter? Atau, apakah kamu sudah banyak berlatih sebelum interview

Karena pada dasarnya, interview kerja juga membutuhkan skill, misalnya kemampuan komunikasi yang baik. Nah, dengan melihat lagi pengalaman yang lalu, kamu bisa menilai di bagian mana kekurangan yang dimiliki.

 

Meningkatkan Kemampuan Diri

Credit Image - qubisa.com

Jika kamu sudah tahu apa saja kekurangan dan kelebihanmu, buatlah rencana untuk meningkatkan kemampuan dirimu. Lihat apa saja kemampuan yang dibutuhkan dari industri kerja yang mau kamu lamar selanjutnya.

Menyesuaikan kemampuan diri dengan kebutuhan industri membuat kamu berisiko kecil untuk ditolak kerja oleh perusahaan selanjutnya. Kamu bisa membuat daftar apa saja yang ingin kamu pelajari untuk memperbaiki kekuranganmu. Tapi, pastikan sudah mencari platform dan tempat belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini, ya.

 

Memeriksa Kembali Kriteria Perusahaan yang Dilamar

Ketika lamaran pekerjaanmu ditolak, cobalah segera periksa kembali kriteria perusahaan yang dilamar. Nah, periksalah dengan teliti apakah kemampuan dan pengalaman kerjamu sesuai dengan kriteria perusahaan. 

Jangan sampai, karena tidak teliti di awal, membuat lamaran pekerjaan kamu terus ditolak di beragam perusahaan. 

 

Jangan Patah Semangat!

Credit Image - wolipop.detik.com

Interview dan segala tes rekrutmen bisa kamu asah dengan cara terus berlatih, kok. Jangan sampai lamaran kerja yang ditolak membuat kamu tidak produktif. Selain itu, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan lamaran kerja kamu ditolak perusahaan.

Bisa jadi, perusahaan punya kesulitan dan alasannya sendiri sehingga tidak bisa menerimamu. Misalnya saja, target dan prioritas perusahaan berubah, sehingga tidak bisa membuka posisi tersebut sekarang ini.

Hal yang kamu bisa lakukan adalah terus meningkatkan kapasitas diri dengan berlatih dan mengumpulkan ilmu dari manapun. Jadi, ketika ada kesempatan di perusahaan lain, kamu bisa lebih siap dari sebelumnya.

Biar kegiatan mencari kerja – dan risiko lamaran pekerjaan ditolak bisa dihindari di kemudian hari, pastikan juga kamu sudah menjaga produktivitas, salah satunya dengan memastikan tubuh sudah punya energi yang cukup, ya.

Menjaga energi tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat – dan optimalkan dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Itulah tips yang bisa kamu terapkan jika lamaran pekerjaan di tolak oleh perusahaan tujuan. Ingat, jangan patah semangat – dan terus perbaiki diri!

 

 

Featured Image – lifepal.co.id