Termasuk Prinsip Kerja, Ini 6 Tips Mudah untuk Menjadi Konsisten

Termasuk Prinsip Kerja, Ini 6 Tips Mudah untuk Menjadi Konsisten

Apakah kamu sudah memiliki prinsip kerja? Aspek yang satu ini tidak boleh dilewatkan, lho. Pasalnya, prinsip kerja berperan besar dalam membantu meningkatkan jenjang karir. Nah, dari sekian banyaknya prinsip, konsisten menjadi kunci utamanya.

Mungkin, bagi sebagian besar orang menjadi konsisten adalah hal yang sulit dilakukan. Orang-orang yang kesulitan konsisten disebabkan mereka mengacu pada hasil bukan prosesnya. Tanpa proses tertentu, kamu tidak dapat mempertahankan upaya yang diperlukan untuk mencapai hasilnya.

Jadi, konsisten sangatlah penting untuk membuat perubahan yang cukup signifikan. Lantas, bagaimana caranya agar tetap konsisten dalam menjalani pekerjaan? Berikut ini deretan tips yang bisa diterapkan.

 

 

Tetapkan Tujuan dan Komitmen

Termasuk Prinsip Kerja, Ini 6 Tips Mudah untuk Menjadi Konsisten

Credit Image - sentralsistem.com

Konsisten merupakan prinsip kerja yang diperlukan. Guna konsisten kamu perlu menetapkan tujuan dan komitmen. Pertama, bangunlah pondasi yang kuat mengenai apa yang kamu inginkan, sukai – dan juga ingin dituju dalam kehidupan.

Pikirkan tentang sesuatu secara mendalam, bukan hanya terpaku pada hasil berupa nominal seperti kekayaan, kecuali memang itu satu-satunya tujuan dan yang utama. Beberapa pertanyaan berikut ini bisa membantumu untuk memahami tujuan – dan bisa memperoleh komitmen yang kuat.

  • Apakah kamu benar-benar bersedia menghadapi tantangan yang akan datang di sepanjang jalan?
  • Apakah kamu bersedia untuk melalui kurva belajar dan mengembangkan semua keterampilan yang diperlukan yang mungkin kamu butuhkan di sepanjang jalan?
  • Apakah kamu bersedia meluangkan waktu untuk ini bahkan jika itu berarti membuat beberapa pengorbanan untuk hal-hal lain?
  • Yang terpenting, apakah kamu benar-benar menginginkan ini? Atau apakah kamu melakukan ini hanya di saat tertentu dan terbawa suasana? Jujurlah pada diri sendiri.

 

Fokus pada Satu Hal dan Pertahankan

Cara menjadi konsisten adalah dengan mengkonsistenkan satu demi satu kebiasaan baik dahulu. Pilih satu hal dan pertahankan sampai melekat pada dirimu Jika itu adalah kebiasaan baik yang ingin dikembangkan, tetaplah mengembangkan satu kebiasaan, jangan mencoba membuat lebih banyak kebiasaan sampai yang pertama menjadi bagian dari diri kamu

Jika itu adalah keterampilan yang sedang kamu kerjakan, fokuslah pada satu keterampilan itu dan kuasai. 

Namun, kalau ini merupakan bisnis pemula, hindari mengejar ide lain sampai kamu sudah membuat cukup usaha dan kemajuan pada yang pertama. Setelah diatur dan bekerja seperti mesin yang diminyaki dengan baik, kamu dapat beralih ke ide lain. 

 

Jadikan Hal Sederhana dan Berkelanjutan

Termasuk Prinsip Kerja, Ini 6 Tips Mudah untuk Menjadi Konsisten

Credit Image - idcloudhost.com

Banyak orang ketika memulai sesuatu, terlalu banyak ribut dan terfokus pada detail kecil. Mereka membuatnya jauh lebih kompleks dari yang seharusnya. Ingat, kunci keberlanjutan adalah kesederhanaan. 

Jika kamu terlalu fokus pada banyak detail di awal, mencoba untuk membuat semuanya sempurna, dan mengkhawatirkan detail kecil, akan sulit bagimu untuk bertahan lama.

Mari kita realistis, hidup akan memukul kamu dengan pasang surut di sepanjang jalan, dan jika sudah membuat segalanya terlalu sulit dan rumit untuk diri sendiri, akan jauh lebih sulit bagimu untuk melanjutkan di masa sulit. 

Ambil contoh sederhana, jika ingin menurunkan berat badan dan menjadi lebih bugar, alih-alih menjadi sangat ilmiah di awal sambil mencoba mencari tahu latihan yang sempurna dan menghitung setiap kalori dalam rencana diet, itu akan jauh lebih sulit daripada hanya langsung memakai saja sepatu lari dan lakukan jogging.

Begitu banyak orang tidak dapat melaksanakan rencana kesehatan mereka karena pikiran bawah sadar mereka telah menghubungkan begitu banyak kerumitan untuk berolahraga. 

 

Kreativitas Penting, Namun Tetap Utamanya Efisiensi

Cara menjadi konsisten berikutnya yaitu dengan mengutamakan efisiensi. Kreativitas, di tempat yang tepat, tentu menjadi keharusan dan memiliki tempat tersendiri. Namun terkadang, kreativitas yang tidak perlu dapat memengaruhi efisiensi dan rutinitas, sehingga sulit untuk dipertahankan dalam jangka panjang. 

Jangan sia-siakan upaya kreatif dalam hal-hal kecil terutama saat kamu memulai. Pilih aliran dan efisiensi dalam tugas-tugas rutin, sehingga kamu tidak perlu membuang energi mental pada hal-hal kecil. Cadangan energi mental dan kreativitas untuk hal-hal yang benar-benar penting dalam hal kemajuan.

 

Tapi, Tetap Tentukan Tujuan yang Realistis

Termasuk Prinsip Kerja, Ini 6 Tips Mudah untuk Menjadi Konsisten

Credit Image - liputan6.com

Banyak orang, setelah melihat kisah sukses orang lain dalam semalam, mengharapkan hasil terlalu dini. Mereka melebih-lebihkan apa yang dapat mereka capai dalam 6-12 bulan. Tentu saja hal ini kurang baik, bahkan bisa membuatmu terlalu lelah untuk menjadi konsisten, lho.

Hal-hal membutuhkan waktu untuk berkembang. Kisah sukses yang kita dengar tentang orang-orang yang meledak dalam semalam adalah kasus luar biasa, bukan norma.

 

Untuk Mempertahankan Prinsip Kerja, Pastikan Kamu Menjaga Kesehatan

Prinsip kerja yang satu ini sangat vital untuk kamu pertimbangkan sejak dini. Sebab dengan kondisi tidak sehat segala aktivitas dan pekerjaan sehari-hari akan terhambat. Mulai dari kerja, ngumpul bareng teman, sampai mengurus bisnis pribadi tidak akan maksimal kalau badanmu sakit.

Selain itu biaya berobat yang mahal bisa jadi beban pikiran selanjutnya, lho. Maka, coba terapkan gaya hidup sehat mulai hari ini. Kurangi makan makanan berlemak, istirahat yang cukup, hindari begadang jika tidak mendesak, dan olahraga rutin minimal 3 kali seminggu.

Dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral – yang dapat membantu proses metabolisme dan membantu pembentukan energi tubuh agar kamu tidak gampang lemas ketika melakukan aktivitas.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Sudahkah kamu menjadi seseorang yang konsisten? Jika belum, jangan berkecil hati, ya. Cobalah terapkan sejumlah hal di atas untuk memiliki prinsip kerja yang satu ini!

 

 

Featured Image – sodexo.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!