Tak bisa dipungkiri, memulai hari dengan rutinitas pagi memang penting untuk menjaga pikiran tetap sehat – dan pastinya membantu menjaga produktivitas. Selain itu, rutinitas pagi juga dapat meningkatkan kebahagiaan, suasana hati.

Ketika memulai rutinitas pagi, penting pula untuk mempertimbangkan berapa banyak waktu yang kamu miliki. Meski hanya punya waktu singkat setiap singkat, kamu tetap bisa menggunakan waktu tersebut dengan sebaik mungkin.

Nah, kamu bisa mulai membiasakan untuk menciptakan waktu pagi harimu lebih produktif dan menyegarkan. Berikut ini 6 rutinitas pagi yang penting diterapkan agar produktivitas terjaga.

 

 

1. Bangun Lebih Pagi

Credit Image - detik.com

Pagi hari yang produktif dimulai dengan bangun pagi. Untuk bisa bangun lebih pagi, usahakan tidur lebih awal. Jangan hanya bangun untuk mematikan alarm dan melanjutkan tidur lagi. Jika memang terasa sulit untuk bangun pagi, kamu dapat mengakalinya dengan tidur lebih awal.

Tubuh memiliki ritme sirkadian atau jam internal tubuh yang merespons ketika matahari terbit. Jadi, cobalah bangun lebih awal agar tubuhmu merasa segar. Waktu terbaik untuk tidur adalah antara pukul 22.00-06.00.

 

2. Buka Tirai dan Jendela Kamar Tidur

Hal penting yang harus dilakukan saat bangun tidur adalah membuka tirai dan jendela kamar tidur. Setelah membuka tirai kemudian duduklah di ujung tempat tidur selama beberapa menit.  Ini memungkinkan dirimu menikmati cahaya alami dari sinar matahari di pagi hari yang mengalir melalui jendela dan mengambil jeda untuk benar-benar bangun.

Cahaya alami ini membantu "mengakhiri" jam internal tubuhmu. Ini dapat membantu tubuhmu untuk menyadari sudah waktunya untuk bangun. Selain itu, cahaya sinar matahari juga dapat membuat kamu merasa mengantuk lebih awal di malam hari sehingga lebih mudah untuk tidur tepat waktu.

Buka tirai dan jendela kamar tidurmu segera setelah kamu bangun dari tempat tidur dan luangkan waktu sejenak untuk bernapas dalam-dalam dan menikmati udara segar di pagi hari.

 

3. Minum Air Putih

Credit Image - alodokter.com

Sebelum menikmati secangkir teh atau kopi, cara terbaik untuk “mengisi ulang” tubuh dan menghidrasinya adalah dengan minum segelas air putih di pagi hari segera setelah bangun tidur.

Air dapat meningkatkan fungsi kognitif yang dapat membuat seseorang berpikir lebih jernih serta meningkatkan suasana hati dan energi hingga menjaga keseimbangan emosi. Minum air putih adalah kebiasaan baik untuk menyusun rutinitas selanjutnya.

Hal ini tampak sepele tetapi bermanfaat besar. Agar kebiasaan ini lebih mudah dibangun, kamu bisa menyiapkan segelas air putih tersebut sebelum tidur.

 

4. Merapikan Tempat Tidur

Merapikan tempat tidur sebenarnya tidak menguras banyak waktu tetapi banyak orang yang sering mengabaikannya. Jika kamu tidak biasa merapikan tempat tidur setiap pagi, mungkin ini saatnya kamu perlu mempertimbangkannya kembali. 

Kebiasaan merapikan tempat tidur berkorelasi positif dengan tidur yang lebih nyenyak dan suasana hati yang lebih bahagia secara keseluruhan.

Dengan merapikan tempat tidur, kamu telah menunjukan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukan pekerjaan dengan benar sehingga kamu akan lebih merasa ringan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya sepanjang hari.

 

5. Berolahraga

Credit Image - liputan6.com

Olahraga terbukti memiliki efek positif pada suasana hati dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, jadi hal ini perlu dipertimbangkan untuk diprioritaskan. Olahraga akan melepaskan endorfin yang dapat membantu untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres dan kecemasan sehingga harimu menjadi jauh lebih baik.

Olahraga tidak harus berat karena peregangan ringan dengan menggerakkan tubuh juga bisa membantu melancarkan aliran darah. Cobalah lakukan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung. Ini akan membantu mendukung ritme sirkadian – atau jam internal tubuh dan meningkatkan fungsi pernapasan tubuh.

 

6. Konsumsi Vitamin dan Mineral Untuk Jaga Produktivitas

Agar kamu tetap produktif dalam melakukan aktivitas harian, tentu saja menjaga stamina tubuh penting untuk dilakukan. Selain dengan beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Jadi, itulah deretan rutinitas pagi yang dapat kamu lakukan agar tetap produktif sepanjang hari. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image – popular-world.com

Source – popmama.com