6 Tips Kembali Ngantor Usai WFH, Bantu Usir Rasa Stres!

6 Tips Kembali Ngantor Usai WFH, Bantu Usir Rasa Stres!

font size A Ǎ

Sebelumnya, di awal tahun 2020 silam kamu dihadapkan dengan kenyataan harus bekerja dari rumah – atau WFH, hingga menerapkan social distancing. Kebiasaan ini pun berlangsung selama kurang lebih dua tahun, dan tentunya kamu sudah terbiasa dengan aktivitas tersebut.

Sampai akhirnya angka kasus positif Covid-19 sudah berangsur turun dan pulih, maka banyak perusahaan yang akhirnya mulai mengizinkan atau menginginkan karyawannya untuk kembali bekerja di kantor.

Karena sudah terbiasa dengan penerapan WFH, tidak sedikit pekerja yang justru mengeluh stres akibat harus kembal bekerja di kantor, lho. Apakah kamu termasuk? Untuk mengatasinya, berikut tips yang dapat diterapkan!

 

 

Menerima Kenyataan

6 Tips Kembali Ngantor Usai WFH, Bantu Usir Rasa Stres!

Credit Image - appsensi.com

Perasaan negatif saat ngantor itu nyata, dan rasa tersebut akan makin pahit jika kamu mencoba melawannya. Dilansir Healthline, langkah pertama agar tidak makin stres adalah terima saja. Malah, dengan memeluk perasaan negatif tersebut, kamu jadi lebih mudah memprosesnya.

Merasa cemas atau gugup saat kembali ke kantor? Hei, kamu tidak sendirian! Jika tiba-tiba pikiranmu mulai keruh dengan emosi negatif, coba katakan ini dalam pikiranmu:

  • "Aku akui masih bergumul, tetapi saya terus membaik".
  • "Tak ada yang salah dengan diriku, dan lumrah kalau aku bergumul di waktu yang sulit ini".
  • "Meski orang lain terlihat baik-baik saja, aku tak bisa menyangka begitu".
  • "Sejujurnya, orang lain pun bergumul seperti diriku".

 

Bangun Rutinitas dengan Membuat Daftar Tugas

Manusia adalah makhluk kebiasaan. Jika kamu ingin cepat terbiasa (kembali) ke kantor, cobalah untuk tetap konsisten. Kamu disarankan untuk menentukan hari dan waktu yang konsisten. Jadikan waktu tersebut sebagai rutinitas, dan bekerjalah pada waktu tersebut. Dengan rutinitas tersebut, stres pun berkurang dan transisi kembali ke kehidupan kantor pun makin mudah.

Nah, jika kamu sudah membuat rutinitas, maka jangan lupa untuk membuat daftar tugas. Kamu bisa mulai terbiasa membuat daftar tugas dan deadline pekerjaan kantor sebelum tidur atau sesudah bangun.

Dengan daftar tugas ini, kegiatanmu akan lebih terorganisir, dan kamu jadi tidak stres saat beradaptasi kembali ke kehidupan kantor. Selain itu, daftar tugas membuat kinerjamu lebih efektif dan kamu jadi lebih bisa memprioritaskan tugas.

 

Luangkan Waktu untuk Beradaptasi

6 Tips Kembali Ngantor Usai WFH, Bantu Usir Rasa Stres!

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Tidak sedikit orang yang lebih nyaman dengan WFH. Selain tidak repot pergi ke kantor, mereka juga merasa lebih fokus bekerja tanpa diajak berbincang oleh orang lain. Jadi, bagaimana jika harus kembali ke kantor?

Normal, kok, kalau kamu merasa ragu jika harus kembali ngantor. Untuk hal ini, kamu disarankan untuk "menyugesti" otak bahwa kembali ke kantor adalah hal yang aman dan tak bisa terhindarkan. Seiring waktu, otak juga akan beradaptasi dengan keadaan baru.

 

Lakukan Hal yang Mampu Meminimalisir Stres

Apakah ada hal-hal yang kamu suka? Jika iya, sambil beradaptasi lagi ke kehidupan kantor, cobalah untuk juga melakukan hal-hal yang kamu sukai. Oleh karena itu, kamu tak akan stres saat pergi dan pulang dari kantor.

Mungkin, kamu berpikir bahwa agar terbiasa, kamu harus mengerjakan pekerjaan sebanyak mungkin. Tunggu dulu! Cobalah untuk meluangkan waktu agar bisa rehat sejenak di kantor. Tubuh dan pikiran perlu istirahat, dan adanya waktu istirahat bisa mengurangi stres serta mempertajam fokus.

 

Tetapkan Batasan

6 Tips Kembali Ngantor Usai WFH, Bantu Usir Rasa Stres!

Credit Image - news.unair.ac.id

Saat kembali ke kantor, mungkin kamu menghadapi kondisi stres dari atasan atau rekan kerja. Ada saatnya kamu berkata "tidak", terutama jika tugas tersebut bukan bagianmu.

Lalu, bagaimana kalau dipaksa? Jangan ragu untuk melapor ke bagian personalia karena bagaimanapun juga, kesejahteraan diri adalah hal utama dibanding uang. Ketahuilah bahwa perlakuan tak terpuji di tempat kerja tidak bisa ditoleransi.

 

Terus Jaga Kesehatan Tubuh

Bagi kamu yang sudah kembali bekerja di kantor, tetap terapkan gaya hidup sehat yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah jatuh sakit, ya. Konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, tidur yang cukup, dan mengelola stres dengan baik bisa membantu menguatkan imunitas, lho.

Selain itu, demi menjalani aktivitas sehari-hari dengan tenang dan nyaman, kamu memerlukan suatu “tameng” yang berperan untuk melindungi tubuh dari ancaman virus – serta tidak mudah jatuh sakit. Salah satunya, mengonsumsi vitamin yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Ingat lho, vitamin tidak boleh dilupakan ketika kamu harus beraktivitas di tengah kondisi wabah penyakit. Apalagi, vitamin juga merupakan elemen penting yang juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Adapun asupan vitamin yang penting dipenuhi, yaitu vitamin C dan vitamin B Kompleks – kombinasi keduanya ampuh menjaga sistem imunitas tubuh agar tidak mudah sakit, lho. Tapi, kira-kira suplemen seperti apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

bBgi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Bagimu yang masih merasa stres karena harus kembali bekerja di kantor, jangan khawatir! Lakukan deretan tips di atas untuk membantu meminimalisir rasa stres tersebut.

 

 

Featured Image – kompasiana.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!