Diketahui, beberapa negara kembali mengalami lonjakan kasus – yang disebabkan oleh sub-varian Omicron, yaitu BA.4 dan BA.5. Penelitian awal menunjukkan bahwa sub-varian Omicron baru ini disebut lebih menular, hingga menyebabkan infeksi yang lebih cepat dibanding varian lainnya.

Sebuah studi yang berjudul “Omicron sub-lineages BA.4/BA.5 escape BA.1 infection elicited neutralizing immunity” dalam jurnal medRxviv tahun 2022 memaparkan karakteristik BA.4 dan BA.5. Data awal dari studi laboratorium menunjukkan varian telah berevolusi untuk menyebar lebih mudah, pertahanan kekebalan yang lebih baik dan membuat orang sakit.

Selain itu, varian Omicron yang baru ini pun lebih mudah menyerang beberapa kelompok tertentu. Siapa saja yang rawan terpapar Omicron BA.4 dan BA.5? Ini informasinya.

 

 

Omicron BA.4 dan BA.5 Mampu Menghindari Imunitas

Credit Image - suara.com

Omicron BA.4 dan BA.5 pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan masing-masing pada bulan Januari dan Februari 2022. Subvarian BA.4 dan BA.5 (termasuk BA.2.12.1), sebagaimana dilansir Time, memiliki mutasi serupa yang membedakannya dari versi Omicron yang lebih lama, kata Marc Johnson, profesor mikrobiologi dan imunologi di University of Missouri, Amerika Serikat (AS). Ia juga mengatakan bahwa ada konvergensi tentang cara "bermanuver" terhadap sistem kekebalan tubuh.

Versi Omicron yang lebih baru ini dapat melewati antibodi yang dibuat oleh vaksinasi ataupun infeksi sebelumnya, kata Paul Bieniasz, profesor di Universitas Rockefeller, AS, yang mempelajari evolusi virus.

Beberapa riset—termasuk tim di Universitas Columbia, AS, sebuah konsorsium yang berbasis di Jepang, dan kelompok internasional termasuk ilmuwan Afrika Selatan telah menguji antibodi dari infeksi Omicron sebelumnya terhadap BA.4 dan BA.5.

Ketiga studi tersebut menemukan bahwa antibodi tersebut menawarkan perlindungan beberapa kali lebih banyak terhadap Omicron BA.1 atau BA.2, yang merupakan versi lebih lama dari varian ini, daripada terhadap BA.4 atau BA.5.

Sementara studi ini belum ditinjau oleh rekan sejawat, banyak ilmuwan yang menganggapnya sebagai bagian dari tren yang diharapkan dari evolusi lanjutan virus corona. Dikatakan bahwa varian masa depan akan "memperoleh lebih banyak dan lebih banyak mutasi yang memungkinkan mereka menghindari antibodi yang dihasilkan sebagai respons terhadap vaksinasi dan infeksi.

 

Lebih Menular, Tapi Belum Bisa Dipastikan Bahwa Varian Omicron Sebabkan Gejala Parah

Data terbatas tersedia sejauh ini pada tingkat keparahan subvarian baru, meskipun para ilmuwan optimis berdasarkan laporan dari Afrika Selatan, yang memiliki lebih sedikit rawat inap dan kematian selama gelombang BA.4 dan BA.5 dibanding BA.1.

Namun, jelas bahwa BA.4, BA.5, dan BA.2.12.1 lebih menular daripada versi Omicron sebelumnya, yang memungkinkan mereka menyebar lebih cepat. Menurut perkiraan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), BA.4 dan BA.5 tumbuh dari menyebabkan sekitar 1 persen kasus baru Covid-19 secara nasional pada minggu pertama Mei 2022, menjadi 22 persen kasus baru pada pekan yang berakhir 11 Juni 2022. BA.2.12 .1 juga meledak, yang mana di negara tersebut menyebabkan sekitar 64 persen infeksi baru dan telah menyebabkan sebagian besar kasus baru secara nasional sejak pertengahan Mei.

Data dari Helix, sebuah perusahaan pengawasan genomik dan virus, juga menunjukkan bahwa BA.4, BA.5, dan BA.2.12.1 mengalami perkembangan sementara versi Omicron yang lebih lama menurun. AS sudah memiliki gelombang BA.1 dan sekarang berada di tengah gelombang BA.2. BA.4 dan BA.5 dikatakan dapat menyebabkan gelombang baru.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berbicara di kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, bahwa pemerintah Indonesia saat ini masih mengamati dan mempelajari Omicron subvarian BA.4 dan BA.5 yang dianggap menjadi penyebab kenaikan kasus di Tanah Air.

Dari hasil pengamatan awal pemerintah, puncak kasus yang disebabkan kedua varian ini diperkirakan sepertiga dari puncak kenaikan kasus yang disebabkan oleh varian Omicron awal dan varian Delta. Meski demikian, ditegaskan bahwa fatality rate (tingkat kematian) akibat kedua subvarian tersebut jauh lebih rendah dari Omicron dan Delta. Perkiraannya, adalah seperduabelas dari kedua varian tersebut.

 

Kelompok yang Berisiko

Credit Image - republika.co.id

Seperti varian Covid-19 sebelumnya, risiko atau penyakit serius tetap tertinggi untuk orang-orang yang berusia lanjut, atau yang memiliki penyakit penyerta yang signifikan, mengutip BBC.

Walaupun vaksin-vaksin yang ada sekarang dianggap kurang sempurna, tetapi mereka masih merupakan garis pertahanan terbaik. Vaksin telah mengurangi risiko penyakit parah terhadap varian Covid-19 utama lainnya, termasuk Alpha, Beta, Gamma, dan Delta. Para ahli mengatakan sangat penting untuk mendapatkan jumlah dosis vaksin yang disarankan untuk mendapatkan perlindungan maksimal terhadap varian yang ada dan yang baru muncul.

Studi pracetak di Swedia dalam publikasi medRxiv tahun 2022 melakukan analisis yang disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, penyakit penyerta dan infeksi sebelumnya, dan tambahan tambahan untuk dosis booster dan waktu sejak dosis terakhir di antara yang divaksinasi.

Didapat hasil bahwa perkiraan kemungkinan Covid-19 yang parah adalah 40 persen
lebih rendah di antara yang tidak divaksinasi dan 71 persen lebih rendah di antara individu yang divaksinasi selama periode Omicron daripada selama periode Delta.

Risiko parah Covid-19 tetap tinggi di antara kasus yang tidak divaksinasi, terinfeksi pertama kali, dari kedua jenis kelamin selama periode Omicron pada kelompok usia di atas 65 tahun, dan juga di antara laki-laki dalam kelompok usia 40-64 tahun dengan dua atau lebih penyakit penyerta.

Risiko Covid-19 parah di antara yang divaksinasi kasus di bawah 65 tahun rendah untuk kedua jenis kelamin selama Omicron, bahkan dengan adanya komorbiditas. Risiko yang meningkat untuk Covid-19 yang parah tetap ada di antara yang divaksinasi kasus berusia 65 tahun ke atas selama Omicron hanya setidaknya satu (laki-laki) atau setidaknya dua penyakit penyerta (perempuan).

 

Apa Langkah Pencegahan yang Dapat Dilakukan?

Kita mungkin tidak akan pernah bisa sepenuhnya membasmi semua varian virus corona. Namun, ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan peluang varian baru muncul, yaitu:

  • Tetap pakai masker, terutama yang berkualitas tinggi. Mengenakan masker sangat berguna dalam situasi berisiko tinggi, seperti acara dalam ruangan yang ramai. 
  • Jika telah memenuhi syarat, segera dapatkan booster sesuai rekomendasi institusi kesehatan setempat. 
  • Periksa data departemen kesehatan setempat. Karena Covid-19 menyebar secara berbeda di berbagai wilayah, sehingga akan sangat membantu untuk mengawasi situasi di sekitarmu.
  • Jika sakit, tetap di rumah dan jangan bepergian. Bahkan tes Covid-19 menunjukkan hasil negatif, tetaplah di rumah bila masih ada gejala seperti bersin, batuk, dan demam.
  • Vaksinasi anak-anak akan membantu melindungi mereka dan selanjutnya mengurangi populasi yang rentan terhadap infeksi. Itu bisa memengaruhi transmisi serta munculnya varian baru.
  • Nantikan booster generasi berikutnya. Vaksin berikutnya, yang dirancang untuk menargetkan varian tertentu atau beberapa varian, akan menjadi langkah maju yang penting menurut kata para ahli. Vaksin saat ini dirancang untuk melawan strain yang berusia dua tahun atau lebih, sementara virus diketahui telah bermutasi secara ekstensif.
  • Praktik kebersihan diri yang baik dan konsisten.

Selain itu, menghindari risiko penularan Omicron, pastikan kamu sudah menjaga kekebalan yang dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah kelompok yang rentan terpapar varian Omicon BA.4 dan BA.5, terus lakukan langkah pencegahan, seperti protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh untuk menghindari risiko penularan.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com