Mimisan Karena Kelelahan, Mengapa Kondisi Ini Dapat Dialami?

Mimisan Karena Kelelahan, Mengapa Kondisi Ini Dapat Dialami?

Mimisan karena kelelahan memang seringkali terjadi, hal ini pun bisa mengindikasikan banyak hal, mulai dari tubuh yang harus segera mendapat istirahat yang cukup, hingga penyakit tertentu yang butuh penanganan.

Namun, mimisan karena kelelahan juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, sekaligus mencegahnya datang kembali di kemudian hari. Perlu diketahui, mimisan alias keluar darah dari hidung pada umumnya bukan kondisi gawat darurat apalagi jika hanya terjadi sesekali – dan secara tiba-tiba.

Mimisan karena kelelahan yang terjadi terlalu sering bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius. Dalam kondisi ini, kamu bisa memeriksakannya ke dokter.

 

 

Mengapa Kelelahan Dapat Mengakibatkan Mimisan?

Mimisan Karena Kelelahan, Mengapa Kondisi Ini Dapat Dialami?

Credit Image - alodokter.com

Hubungan mimisan dan kelelahan sebetulnya tidak langsung, artinya tubuh yang lelah tidak serta-merta membuat pembuluh darah di hidung mudah pecah. Lebih dari itu, mimisan karena kelelahan mungkin mengindikasikan hal lain, seperti gaya hidup yang kurang sehat, penyakit tertentu, dan konsumsi obat-obatan yang dapat memicu mimisan.

Beberapa hal yang dapat mengakibatkan munculnya mimisan karena kelelahan adalah:

1. Menghirup udara kering

Penyebab paling sering dari mimisan karena kelelahan adalah ketika kamu beraktivitas di lingkungan dengan udara yang kering dan panas. Kondisi ini akan membuat membran di dalam hidung menjadi kering, berkerak, dan sensitif sehingga dapat dengan mudah pecah dan mengeluarkan darah.

Kemungkinan kamu untuk mimisan sekaligus merasa lelah akan lebih tinggi ketika Anda berada di area yang tinggi, seperti di gunung. Semakin tinggi jarat daratan dari permukaan laut, semakin tipis level oksigen yang akan membuat kamu lebih mudah merasa capek dan kondisi udara juga lebih kering yang lebih rentan melukai membran hidung.

 

2. Masuk angin

Masuk angin dan badan pegal-pegal kerap tidak terpisahkan. Kadang, mimisan juga bisa hadir bila kamu sering bersin, batuk, dan berusaha mengeluarkan lendiri dari hidung sehingga kulit hidung bagian dalam menjadi iritasi dan mudah terluka.

 

3. Rhinitis

Mimisan karena kelelahan juga bisa terjadi ketika pembuluh darah di dalam hidung memang pada dasarnya sangat sensitif. Sensitivitas ini bisa diakibatkan oleh rhinitis, baik rhinitis alergi maupun nonalergi.

 

4. Anemia

Anemia adalah kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah sehingga dapat membuat kamu mudah merasa lelah dan sulit menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Selain mimisan karena kelelahan, gejala lain yang mungkin kamu rasakan adalah munculnya bintik kecil di kulit, terutama di kaki bagian bawah.

Jika mimisan sangat sering terjadi dan dibarengi dengan munculnya memar di beberapa titik tubuh, kamu mungkin juga mengalami kelainan penggumpanan darah. Untuk memastikannya, kamu harus memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

 

5. Kanker

Dalam kasus yang lebih jarang, mimisan karena kelelahan juga bisa terjadi karenakamu sedang mengidap kanker. Namun, rasa lelah yang kamu rasakan bukan sekedar seperti saat selesai berolahraga atau beraktivitas berat, melainkan seperti tubuh yang tidak lagi memiliki energi, bahkan untuk pergi ke kamar mandi.

 

Cara Mengatasi Mimisan Karena Kelelahan

Mimisan Karena Kelelahan, Mengapa Kondisi Ini Dapat Dialami?

Credit Image - lifepack.id

Selama mimisan karena kelelahan bukan dilatarbelakangi oleh penyakit serius, kamu cukup melakukan pertolongan pertama sendiri atau meminta bantuan orang terdekat. Meski hidung yang mengeluarkan darah bisa membuat panik, kamu sebaiknya tetap tenang dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Duduk tegak, jangan tiduran. Pastikan kepala kamu diposisikan lebih tinggi dari jantung.
  • Condongkan badan ke depan. Posisi ini akan mencegah darah di hidung untuk masuk ke tenggorokan.
  • Tutup lubang hidung. Sumpal hidung dengan kain kassa atau (bila tidak ada) jari telunjuk maupun jempol selama 5-10 menit. Langkah ini bertujuan memberi tekanan pada dinding hidung sehingga darah akan segera berhenti.

Setelah keluarnya darah mereda, jangan langsung meniup hidung dengan keras karena mimisan bisa berulang. Kamu juga dapat menyemprotkan obat yang mengandung dekongestan seperti oxymetazoline di kedua lubang hidung, lalu bernapaslah lewat mulut selama 5-10 menit terlebih dahulu.

Bila mimisan karena kelelahan yang kamu alami tidak kunjung berhenti dalam 20 menit dan mulai merasa lemas, segera pergi ke rumah sakit. Dokter akan terlebih dahulu berusaha menghentikan mimisan sebelum memastikan penyebabnya dan memberi perawatan yang sesuai.

 

Menghindari Mimisan Karena Kelelahan

Mimisan Karena Kelelahan, Mengapa Kondisi Ini Dapat Dialami?

Credit Image - ai-care.id

Untuk mimisan yang terjadi dalam kondisi wajar, dalam hal ini bukan masalah kesehatan serius, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dengan cara:

  • Berhati-hati saat hendak membuang lendir dari hidung.
  • Menghindari interaksi berlebihan dan keras antara tangan dan hidung.
  • Tidak merokok, karena asapnya dapat membuat hidung menjadi kering.
  • Menjaga pertukaran suhu udara pada batas wajar, tidak terlalu kering, dan juga tidak begitu dingin.
  • Menghindari trauma pada wajah, dengan cara mengenakan sabuk pengaman ataupun pelindung wajah, setiap melakukan olahraga keras seperti karate maupun rugbi.
  • Mengonsumsi makanan kaya zat besi. Sebab, ada kemungkinan kamu mengalami anemia kalau terlalu banyak mengeluarkan darah mimisan.
  • Hindari stres.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat, minum air putih yang cukup dan olahraga rutin. Jika mimisan yang kamu alami terlalu sering terjadi atau disertai gejala lainnya, jangan tunda untuk membicarakannya dengan dokter, ya.

Selain itu, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari sumber makanan dan konsumsi multivitamin, seperti Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah penyebab mimisan karena kelelahan – dan cara mengatasinya. Untuk menghindari mengalami mimisan karena kelelahan ini, pastikan kamu sudah menjaga pola hidup yang sehat.

 

 

Featured Image – blogs.insanmedika.co.id

Source - sehatq.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!