Membacakan Cerita Fabel Punya Ragam Manfaat Baik, Apa Saja?

Membacakan Cerita Fabel Punya Ragam Manfaat Baik, Apa Saja?

Moms dan dads, membacakan cerita pada anak, termasuk contoh cerita fabel merupakan salah satu kegiatan positif yang dilakukan orangtua untuk mengasah anak sejak usia dini, sekaligus meningkatkan bonding antara anak dengan orangtua.

Ada banyak jenis dongeng yang bisa moms dan dads bacakan pada anak. Misalnya, contoh cerita fabel yang dimuat dengan berbagai kisah menarik untuk anak dengarkan. Tidak hanya mendengarkan dongeng tentang hewan – hal ini juga bisa memberikan berbagai manfaat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil, lho.

Lantas, apa saja manfaat dari membacakan contoh cerita fabel pada anak? Berikut informasinya.

 

 

Belajar Ragam Jenis Hewan

Membacakan Cerita Fabel Punya Ragam Manfaat Baik, Apa Saja?

Credit Image - orami.co.id

Ada banyak cerita dongeng yang digambarkan dengan ragam karater hewan. Misalnya saja dongeng terkenal si kancil dan kura-kura. Tak sekadar menyenangkan dan menghibur, anak juga belajar hewan seperti apa kancil dan kura-kura.

Dari ragam binatang yang dibacakan pada contoh dongeng fabel, kamu dapat memperkenalkan kepada anak bagaimana bentuk, kebiasaan, suara, dan tempat tinggal hewan-hewan tersebut. Jadi, membacakan dongeng fabel akan menambah wawasan anak tentang dunia hewan, moms dan dads.

 

Meningkatkan Daya Imajinasi Anak

Balita biasanya sangat besar daya imajinasi mereka, itulah mengapa orangtua perlu meningkatkan kemampuan tersebut secara lebih positif. Misalnya melalui pembacaan dongeng tentang hewan yang bisa membuat anak berimajinasi secara luas tentang hewan-hewan yang didengarkannya.

Dengan jalan cerita yang ringan dan menyenangkan, ini akan memudahkan si Kecil untuk membayangkan seperti apa situasi dalam cerita yang moms dan dads bacakan. Inilah yang dinamakan kemampuan imajinasi anak semakin dilatih.

Selain imajinasi, anak pun akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif dalam memecahkan masalah sebagaimana cerita dongeng yang ia dengarkan.

 

Memberikan Pesan Moral yang Baik

Membacakan Cerita Fabel Punya Ragam Manfaat Baik, Apa Saja?

Credit Image - review.bukalapak.com

Setiap dongeng biasanya sudah menceritakan pesan moral di dalamnya. Sehingga tak hanya menghibur dan meningkatkan bonding moms dan dads dan Si Kecil, tetapi juga ada pesan yang ingin disampaikan dan baik untuk tumbuh kembang anak.

Salah satunya adalah sikap teladan dari karakter hewan yang diceritakan dan bisa membantu anak untuk menyerap hal baik apa yang bisa dipetiknya. Tak hanya itu, sebab akibat yang diceritakan juga bisa menjadi pembelajaran bagi anak untuk menerima kehidupannya hingga dewasa nanti.

 

Meningkatkan Fokus

Membacakan contoh cerita fabel juga membantu meningkatkan fokus Si Kecil sejak dini. Hal ini karena saat anak mendengarkan, maka ia dituntut untuk fokus dalam mendengarkan sekaligus memahami cerita yang dibacakan.

Lewat bacaan dongeng fabel, moms dan dads sudah melatih konsentrasi anak sejak dini, lho. Sebagaimana yang diketahui, fokus dan konestrasi ini menjadi peran penting saat anak besar nanti. Sehingga anak pun dapat meraih prestasi memukau di bidang pendidikan.

 

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Membacakan Cerita Fabel Punya Ragam Manfaat Baik, Apa Saja?

Credit Image - mommiesdaily.com

Di usia batita, mungkin Si Kecil masih belum sepenuhnya berkomunikasi dengan lancar. Namun, membacakan dongeng menjadi manfaat yang baik untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasinya.

Ketika moms dan dads membacakan dongeng, akan terjadi interaksi antara orangtua dan Si Kecil. Dengan begitu, akan menambahkan kemampuan komunikasi anak lewat mulut, pendengaran, serta bahasa melalui karakter hewan yang dihadirkan.

Terlebih karakter hewan yang begitu unik, ini menjadi poin plus yang akan membuat Si Kecil semakin tertarik mendengarkan. Sehingga anak pun muncul rasa penasaran dan berakhir bertanya pada moms dan dads seputar hewan tersebut. Di sinilah terjadinya komunikasi saat membacakan dongeng.

 

Membacakan anak contoh cerita fabel memang bisa memberikan banyak dampak baik, termasuk meningkatkan kreativitas, ya, moms dan dads. Selain itu, ada banyak pesan moral yang dapat diterapkan Si Kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memaksimalkannya, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi anak, termasuk asupan vitamin yang baik untuk pertumbuhannya – dan bisa menjaga daya tahan tubuh anak.

Vitamin bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan sehat, lho. Tapi, sebagai pelengkap moms juga dapat berikan multivitamin untuk Si Kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Apakah moms dan dads sudah rajin membacakan contoh cerita fabel? Kegiatan ini baik untuk mendukung tumbuh kembang anak, termasuk memberikan berbagai manfaat di atas, lho.

 

 

Featured Image – detik.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!