Tahukah kamu kolesterol darah berlebih dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan? Ya, untuk itu, tak sedikit anjuran yang mengatakan bahwa kamu mesti menjaga kadar kolesterol normal agar tetap sehat.

Kolesterol darah yang berlebih dapat membentuk plak di arteri yang membuat jantung lebih sulit untuk mengedarkan darah – dan bisa menyebabkan pembekuan darah yang berbahaya sekaligus bisa mengancam jiwa, lho.

Jika gumpalan kolesterol menyumbat arteri ke jantung, maka hal ini akan menyebabkan serangan jantung. Nantinya, jika gumpalan menyumbat arteri ke otak – ini akan menjadi penyebab stroke. Jadi, penting mempertahankan kadar kolesterol di tubuh tetap normal.

Berikut deretan tips yang bisa dilakukan.

 

 

Pola Makan yang Baik

Credit Image - halodoc.com

Dilansir dari Northwestern Medicine, untuk mempertahankan kadar kolesterol darah penting untuk makan makanan sehat yang mencakup asupan nabati secara teratur seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi susu rendah lemak dan daging unggas. Perhatikan konsumsi minyak dengan menggantinya menggunakan minyak nabati tak jenuh seperti safflower, canola, atau minyak zaitun.

Tapi hal yang paling penting adalah batasi atau hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans seperti potongan daging berlemak, keripik, mentega, kue, kue kering, dan margarin atau mentega yang dihidrogenasi. Makanan ini dapat berkontribusi pada kolesterol yang menyumbat arteri.

 

Berolahraga

Olahraga secara teratur bisa mengendalikan kadar kolesterol. Olahraga dapat membantu meningkatkan HDL, menurunkan LDL dan trigliserida, meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, mengirim lebih banyak oksigen ke otot, dan menurunkan tekanan darah.

Berolahraga juga dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan mengurangi indeks massa tubuh (BMI).

 

Hindari Merokok

Credit Image - alodokter.com

Berhenti merokok dapat menghasilkan perubahan positif pada kadar kolesterol dan tekanan darah kamu. Berolahraga juga akan lebih mudah, dan risiko serangan jantung dan penyakit jantung akan berkurang seiring waktu.

 

Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena kadar kolesterol tinggi. Setiap 10 pon kelebihan lemak menghasilkan sekitar 10 mg kolesterol per hari.

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa orang yang kehilangan antara 5-10 persen berat badan secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, serta trigliserida. Mereka yang kehilangan lebih dari 10 persen dari berat badan mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida secara signifikan. Ini juga menjadi cara menjaga kadar kolesterol normal. 

Menjaga kadar kolesterol tubuh memang penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu, untuk mempertahankan kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga rutin, hingga istirahat yang cukup.

Dan, penuhi pula kebutuhan vitamin dan mineral dengan meminum Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Itulah cara menjaga kadar kolesterol tetap aman. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image – lifepack.id

Source – cnnindonesia.com