Kemunculan subvarian Omicron terbaru, yaitu BA.4 dan BA.5 menyebabkan kekhawatiran bagi masyarakat. Pasalnya, menurut berbagai studi, varian Omicron dan turunannya, terutama BA.4 dan BA.5 bisa menghindari imunitas dari riwayat infeksi Covid-19 varian sebelumnya – serta vaksinasi.

Dengan adanya statement tersebut, Moderna pun tengah menyiapkan vaksin yang dikhususkan melawan varian Omicron. Sudah direncanakan sejak akhir November 2021 silam, belum lama ini pun Moderna membagikan temukan terbaru bahwa vaksin ini ampuh melawan subvarian Omicron terbaru.

Berikut informasinya.

 

 

Menunjukkan Efek Protektif Satu Bulan Setelah Suntikan

Credit Image - dinkes.acehprov.go.id

Merilis pernyataan resmi, Moderna membagikan temuan terbaru vaksin booster bivalent khusus Omicron-nya, mRNA-1273.214. Sesuai namanya, vaksin bivalent ini mengandung vaksin orisinal Moderna (mRNA-1273 atau Spikevax) dan kandidat vaksin yang menyasar Omicron besarta subvariannya.

Lanjutan dari uji klinis pada 8 Juni kemarin, Moderna mencatat bahwa mRNA-1273.214 dosis 50 mikrogram (50µg) memicu respons antibodi penetralan yang andal melawan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Ditemukan pada Januari dan Februari 2022, BA.4 dan BA.5 dinyatakan sebagai VOC pada Mei 2022 silam karena penyebarannya yang masif.

Berdasarkan data terkini dan sebelumnya, Moderna tengah berusaha untuk melengkapi pengajuan regulasi dalam beberapa minggu ke depan sebagai permintaan untuk memperbarui komposisi vaksin booster menjadi mRNA-1273.214.

 

Memicu Antibodi yang Lebih Tinggi Terhadap Omicron dan Subvariannya

Lewat data terbarunya, Moderna menemukan bahwa mRNA-1273.214 meningkatkan titer antibodi penetralan terhadap BA.4 dan BA.5 hingga 5,4 kali lipat pada pasien yang pernah terkena COVID-19. Lalu, pada partisipan yang tidak pernah terkena Covid-19, kemampuan tersebut naik jadi 6,3 kali lipat.

Sebulan setelah suntikan mRNA-1273.214, rataan titer antibodi geometrik (GMT) terhadap BA.4 dan BA.5 tercatat di angka 941 di seluruh partisipan. Angka ini lebih tinggi dibanding GMT terhadap BA.1 di angka 629 dan B.1.617.2 (Delta) di angka 828. Kabar baiknya, mRNA-1273.214 bisa mencegah infeksi dan rawat inap akibat Delta dan BA.1.

 

Segera Beredar di Bulan Agustus 2022

Credit Image - kabar24.bisnis.com

Data ini menjadi pelengkap dari studi Moderna pada 8 Juni 2022 kemarin. Menurut studi tersebut, mRNA-1273.214 dosis 50µg mendongkrak kekebalan terhadap Omicron dan subvariannya 8 kali lipat dibanding Spikevax orisinal. Selain itu, Moderna menjamin, efek samping mRNA-1273.214 ringan dan bisa ditoleransi dengan baik.

Moderna menyatakan bahwa data terbaru mRNA-1273.214 telah dibagikan dengan pemangku kepentingan dan tengah menunggu ulasan sejawat/peer review. Jadi, kapan vaksin baru ini diedarkan? Moderna yakin bisa meluncurkannya pada Agustus 2022 mendatang.

 

Setelah Vaksin, Langkah Pencegahan Masih Harus Dilakukan

Meski akan segera tersedia vaksin yang dispesifikan untuk melawan Omicron, namun tetap kamu dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan sekaligus menjaga kekebalan tubuh agar risiko paparan virus semakin rendah.

Jadi, pastikan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan — atau dapat gunakan hand sanitizer setelah menyentuh benda di ruang publik, dan sebisa mungkin tetap hindari kerumunan, ya.

Yang tidak kalah penting, selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga imunitas setelah vaksinasi juga penting dilakukan. Masyarakat sangat dianjurkan menjalani gaya hidup sehat, seperti memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga — aktif bergerak bisa kurangi risiko infeksi virus, miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta kelola stres dengan baik.

Kemudian, mengonsumsi suplemen setelah vaksin juga masih sangat dianjurkan. Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk suplemen yang direkomendasikan – kamu dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Itulah informasi mengenai vaksin khusus Omicron dari Moderna. Hindari risiko penularan virus dengan tetap menjalani protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

 

 

Featured Image – mediaindonesia.com

Source – idntimes.com