Dalam proses tumbuh kembang Si Kecil, keterampilan motorik kasar adalah segala tindakan yang memanfaatkan otot lengan, kaki, dan anggota gerak lainnya yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh atau berpindah posisi.

Nah, moms dan dads, motorik kasar meliputi merangkak, duduk dari berdiri – atau rebahan dan sebaliknya, berjalan dan berlari, mengangguk dan menggelengkan kepala, melempar benda, hingga melambaikan tangan serta mengayunkan kaki.

Tak hanya dari kemampuan anak sendiri, motorik kasar adalah kemampuan yang bisa dilatih dengan berbagai kegiatan, salah satunya bermain. Yuk, moms dan dads ajak Si Kecil melakukan 3 permainan ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasarnya!

 

 

1. Menari

Credit Image - kabare.id

Menggerakkan tangan, kaki, dan tubuh ternyata bisa dilakukan sekaligus lewat satu kegiatan sederhana, yaitu menari. Meski gerak tubuh anak belum sepenuhnya terkoordinasi dengan baik untuk menciptakan tarian yang indah, menari memberi kesempatan lebih banyak baginya untuk memperluas variasi dan rentang gerak tubuh mereka.

Dengan kegiatan menari, maka lama kelamaan gerakan anak yang awalnya kaku bisa jadi lebih luwes dan selaras. Namun, agar anak tidak merasa canggung menari sendirian, coba ajak teman-teman lainnya untuk menari bersama. Atau moms dan dads juga bisa masukkan si kecil ke sanggar tari terdekat jika memungkinkan.

 

2. Bermain Peran

Tidak perlu punya bakat akting sekelas bintang sinetron di layar kaca untuk mengajak anak bermain peran. Cukup buatlah satu “skenario” sederhana yang bisa moms dan dads serta Si Kecil ikuti bersama-sama.

Misalnya, “menugaskan” anak menjadi abang tukang bakso yang meracik pesanan kamu sebagai pembeli dengan bantuan “mangkuk” dari daun lebar, “bihun” dari rumput, dan “bakso” dari batu-batu kerikil.

Alternatifnya, minta anak perankan gerak-gerik binatang penghuni taman safari. Misalnya, kangguru yang suka melompat-lompat, elang yang terbang tanpa henti – seperti dengan mengepakkan kedua tangan di samping dan berlari, atau monyet yang suka bergelantungan di pohon.

Nah, kamu bisa berperan sebagai penjaga kebun binatangnya, yang bertugas memberi makan dan merawatnya – dan sekaligus diam-diam mengawasinya agar tidak celaka saat bermain.

 

3. Eksplorasi Taman Kota

Credit Image - review.bukalapak.com

Jika bosan main di kompleks rumah sendiri, ajak anak bermain di taman kota terdekat. Taman kota biasanya dilengkapi dengan zona khusus anak dengan permainan seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, jembatan tali, kotak pasir, dan lain sebagainya.

Semua permainan tersebut membuat anak melakukan berbagai gerakan, seperti duduk tegak, jalan lurus, melompat, dan mendorong. Bahkan di sepanjang taman, moms dan dads bisa mengajak anak belajar mengendarai sepeda, bermain sepak bola, atau lempar dan tangkap bola.

 

4. Jangan Lupa, Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Dukung Pertumbuhan Anak

Melakukan berbagai langkah untuk mendukung kemampuan motorik kasar Si Kecil – memang perlu dilakukan. Selain itu, moms dan dads juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, agar pertumbuhannya semakin optimal.

Moms dan dads disarankan melakukan sejumlah hal berikut ini:

  • Penuhi kebutuhan nutrisi anak sehari- hari. Pastikan ia mendapat makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Perhatikan asupan cairan anak. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah – kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup yang memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Melatih motorik kasar adalah hal yang tidak boleh dilewatkan semasa tumbuh kembang Si Kecil, lho. Dalam hal ini, moms dan dads bisa melakukan deretan aktivitas di atas. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image – siedoo.com

Source – hellosehat.com