Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan positif yang patut dijadikan sebagai salah satu gaya hidup sehat. Bagaimana tidak? Padatnya aktivitas harian – dan adanya beragam jenis makanan yang belum tentu sehat, mengharuskan kamu untuk mengimbangi kebugaran sekaligus kesehatan tubuh dengan melakukan aktivitas fisik.

Olahraga yang bisa kamu lakukan pun ada beragam jenis, mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat. Tapi sayangnya, masih banyak yang salah dalam memilih jenis olahraga yang cocok dan tepat bagi tubuh, lho.

Berikut ini deretan hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan olahraga yang mesti rutin dilakukan. Pastinya, kamu tidak ingin olahraga yang dilakukan hanya membuang tenaga saja, kan? Untuk itu, simak informasinya di bawah, yuk!

 

 

Tentukan Tujuan Olahraga

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Yang pertama ini merupakan inti dan yang paling mendasar dari semua pertimbangan. Yap! Tujuan. Sebelum kamu memilih melakukan sebuah aktivitas olahraga, alangkah baiknya kalau kamu menimbang, apa sih tujuan kamu berolahraga?

Alasan orang melakukan olahraga itu juga beragam, mungkin saja ingin menurunkan berat badan, membentuk otot tertentu, mempercantik bagian tubuh atau bahkan menyembuhkan cedera.

Seperti contoh jika kamu mudah sekali lelah, maka olahraga semacam berlari atau jalan santai bisa dijadikan pilihan. Atau mungkin jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, maka melakukan yoga juga bisa membantu.

 

Pikirkan Lagi Olahraga yang Disukai

Hal berikutnya yang nggak kalah pentingnya adalah memilih olahraga sesuai kesukaan kamu.

Siapa sih yang nggak akan bersemangat kalau melakukan sesuatu sesuai passion dan kesukaannya? Untuk itulah, memilih olahraga yang sesuai dengan minat kamu jauh lebih utama, karena saat kamu bersemangat melakukan aktifitas olahraga tersebut, maka kamu secara otomatis akan melakukannya dengan rutin dan senang hati.

Berbeda dengan jika kita melakukan olahraga yang tidak kita sukai, akhirnya kita akan ogah-ogahan melakukan olahraga tersebut. Hasilnya? Jangan ditanya. Tentu saja hal tersebut hanya buang-buang waktu dan tenagamu.

Nah untuk menentukan olahraga apa yang kamu suka, coba pikirkan hal apa yang tidak membuatmu cepat bosan jika melakukannya? Misalnya saja kamu suka berendam lama di dalam air, maka olahraga renang mungkin cocok untukmu.

 

Pertimbangkan Durasi Olahraga – dan Sesuaikan dengan Waktumu

Credit Image - bookingdokter.com

Saat ini, waktu luang memang menjadi hal yang sulit dimiliki bagi setiap orang. Tingkat aktivitas atau mobilitas yang tinggi akhirnya berdampak pada berkurangnya waktu senggang untuk melakukan aktifitas refreshing atau olahraga. Kebanyakan orang hanya akan memiliki waktu senggang pada saat akhir pekan saja.

Namun, jangan khawatir, banyak, lho, jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dengan waktu singkat seperti sebelum berangkat kerja atau sekolah, sebelum tidur, atau bangun tidur.

Untuk tempat juga, tak perlu pergi ke lapangan olahraga ataupun gym. Jika kamu adalah orang yang punya sedikit waktu senggang, olahraga seperti senam kecil dan juga yoga bisa kamu lakukan di rumah, atau di atas tempat tidurmu.

 

Ingin Olahraga Sendiri atau Bersama Teman? Tentukan Pilihanmu!

Beberapa orang mungkin menyukai olahraga yang bisa dilakukan seorang diri dan menenangkan, namun beberapa yang lainnya mungkin akan memilih beraktivitas ramai-ramai agar lebih menyenangkan. Hal tesebut tak menjadi masalah, mau olahraga sendiri ataupun bersama teman, asalkan tujuannya adalah menyehatkan tubuh.

Jika kamu tipe orang yang merasa bisa fokus dan rutin melakukan olahraga tanpa harus ditemani, mungkin kamu bisa mencoba berlari atau bersepeda di pagi hari di sekitar rumah. Sebaliknya, jika kamu merasa lebih bisa disiplin jika adanya jadwal atau beramai-ramai, maka mengambil kelas senam atau zumba, atau juga pergi ke gym bisa menjadi pilihan.

Kamu juga bisa memilih bergabung dengan komunitas pegiat olahraga tertentu yang memiliki satu visi denganmu, agar kamu bisa tetap fokus pada pencapaian yang kamu targetkan.

 

Pertimbangkan Kemampuan Tubuh

Credit Image - meramuda.com

Nah, yang satu ini juga harus kamu pertimbangkan matang-matang. Kemampuan dalam melakukan suatu aktifitas juga harus dipikirkan dengan serius. Dalam berolahraga, tentunya kamu akan menjumpai banyak resiko seperti yang umum adalah cedera. Cobalah untuk menjadi realistis terhadap batas kemampuan kamu.

Seperti jika kamu takut ketinggian maka jangan sekali-sekali menjajal olahraga panjat tebing. Atau jika kamu tidak kuat berlari marathon, makan ada baiknya kamu mencoba sprint jarak pendek dahulu. Perlahan-lahan, kamu bisa menambah kapasitas dan intensitas latihan kamu.

Harus diingat juga, jika kamu masih pemula dalam suatu aktifitas olahraga, jangan dulu memaksakan hal-hal yang diluar kemampuan. Jangan lupa juga untuk meminta bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman, hal tersebut dapat meminimalisir risiko yang bisa saja kamu dapatkan.

 

Selingi dengan Olahraga Lainnya

Yang terakhir, ingatlah berolahraga tidak harus saklek, atau melulu hanya dengan satu pilihan guys. Untuk membuat variasi dan menghilangkan kebosanan, sesekali kamu bisa mencoba olahraga lain yang tak kalah menyenangkan.

Seperti sesekali melakukan sparing bersama teman-teman, entah melakukan pertandingan basket, voli, atau sekedar senam bersama. Hal ini selain efektif menghilangkan kejenuhan, juga dapat melatih bagian otot-otot atau sistem tubuh yang lain, yang mungkin tidak terlatih saat kamu melakukan olahraga intimu.

Selain memilih jenis olahraga yang tepat, agar kegiatan fisikmu semakin maksimal, kamu juga disarankan menjaga stamina tubuh yang bisa dilakukan dengan memperoleh asupan vitamin serta mineral, lho. Kedua nutrisi tersebut bisa didapatkan dari asupan makanan sekaligus mengonsumsi suplemen multivitamin.

Untuk multivitamin, kamu direkomendasikan meminum suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, sebelum memulai berolahraga, pastikan kamu sudah mempertimbangkan deretan hal di atas agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com