Tahukah kamu bahwa memiliki tujuan dalam berkarier merupakan salah satu cara untuk mencapai kesuksesan? Meski terdengar sederhana, namun memiliki tujuan dalam karir dapat membantu mencapai goals, baik yang dalam jangka pendek maupun panjang.

Menurut Indeed, mencapai tujuan dalam berkarir bermanfaat untuk memberi arahan pada perkembangan karier, memastikanmu tetap pada jalur perkembangan karier yang tepat, membagi proyek besar dalam porsi yang lebih kecil agar mudah dikerjakan, dan membantu manajemen waktu.

Lalu, sudahkah kamu memiliki tujuan dalam berkarier? Jika belum, ada 6 langkah yang dapat kamu lakukan. Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Menulis Tujuan Karir

Credit Image - karirgogo.com

Cara pertama untuk mecapai tujuan dalam karier adalah membuat dan menuliskan tujuan tersebut. Untuk membuatnya, cobalah untuk memikirkan pencapaian apa saja yang ingin kamu raih dan berdampak pada perkembangan kariermu.

Kemudian, buatlah tujuan-tujuan yang menurutmu sesuai akan menghasilkan pencapaian tersebut.

Misalnya, kamu ingin menjadi senior UX writer dalam tiga tahun ke depan. Untuk mencapai posisi tersebut, tentu ada hal-hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Contohnya mengikuti pelatihan UX writing.

Nah, setelah kamu tahu tujuan-tujuan apa saja yang ingin diraih, tulislah tujuan-tujuan tersebut di tempat yang mudah dilihat. Misalnya di agenda, kalender, atau menggunakan aplikasi goal tracking. Menuliskan tujuan-tujuan kariermu akan membuatmu lebih mudah mengingat dan memantau progresnya

 

2. Lakukan Teknik SMART

Teknik SMART – atau specific, measurable, achievable, realistic, and timed adalah teknik yang dipercaya The Balance Careers sebagai salah satu cara yang efektif untuk mencapai tujuan kariermu.

Teknik SMART adalah sebagai berikut.

  • Specific, tujuan karier didefinisikan dengan baik, jelas, dan tidak ambigu.
  • Measureable, ada kriteria khusus yang mengukur progresmu mencapai tujuan tersebut.
  • Achievable, tujuan-tujuan yang kamu buat dapat dicapai.
  • Realistic, tujuan-tujuan kariermu realistis dan relevan dengan rencana perkembangan kariermu.
  • Timed, setiap tujuan yang kamu buat memiliki target waktu yang jelas.

Dengan menggunakan teknik ini, kamu dapat membuat tujuan-tujuan kariermu menjadi lebih terarah dan terukur untuk mencapai perkembangan karier yang diinginkan.

 

3. Diskusikan dengan Atasan – atau Rekan Kerja

Credit Image - journal.sociolla.com

Berdiskusi dengan atasan dan teman kerja adalah salah satu cara lain untuk mencapai tujuan kariermu. Orang-orang terdekatmu seperti atasan atau teman kerja bisa sumber motivasi yang paling signifikan.

Mereka dapat mengingatkanmu bahwa kamu harus melakukan sesuatu atau memeriksa progres tujuan karier yang telah dibuat. Bahkan, mereka dapat memberikanmu komentar dan saran yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan kariermu.

Jadi, jangan ragu untuk mendiskusikan tujuan-tujuan kariermu dengan mereka. Siapa tahu, mereka bisa memberikan saran atau bahkan membantumu mencapai tujuan-tujuan tersebut!

 

4. Mengatasi Hambatan

Selain melakukan evaluasi, mengenali dan mengeliminiasi hambatan adalah cara lain yang perlu kamu lakukan jika ingin mencapai tujuan kariermu.

Jika kamu mengalami hambatan ketika mencapai salah satu tujuanmu, ajukan pertanyaan kepada diri sendiri seperti, “Apakah ada sesuatu yang bisa dilakukan secara berbeda?” atau “Apakah ada pendekatan yang berbeda untuk ini?”.

Kamu bisa mengevaluasi kembali tugas-tugas yang terkait tujuan yang ingin kamu capai untuk memastikannya sejalan dengan rencanamu dan dapat dicapai secara realistis. Lakukanlah analisis untuk mencari tahu penyebab hambatanmu dan segera coba atasi.

 

5. Apresiasi Pencapaian

Credit Image - qubisa.com

Mengapresiasi setiap pencapaian yang kamu raih adalah cara terakhir agar kamu tetap termotivasi untuk mencapai tujuan kariermu. Buatlah sistem untuk merayakan pencapaianmu, misalnya dengan:

  • menghadiahi dirimu istirahat atau camilan di siang hari ketika mencapai tujuan kecil
  •  liburan singkat ketika berhasil mencapai tujuan yang lebih signifikan
  • dan lain-lain

Dengan cara ini, kamu dapat mempertahankan motivasi dan komitmen untuk mencapai tujuan apa pun yang sudah kamu buat. Setiap pencapaian, besar ataupun kecil berhak untuk diapresiasi. Jangan menekan dirimu dengan keharusan untuk mencapai seluruh tujuan. Rayakan apa yang telah kamu lakukan sekecil apa pun itu.

 

6. Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan produktivitas dapat membantu jenjang karir, lho. Nah, menjaga produktivitas bisa dilakukan dengan menjaga stamina tubuh. Kamu dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Berbagai cara mencapai tujuan karir bisa membantu meningkatkan jenjang karir, lho. Yuk, diterapkan agar lebih mudah mencapai kesuksesan!

 

 

Featured Image – paradigm.co.id

Source – glints.com