Tahukah kamu bahwa demam dapat turun dengan sendirinya dalam beberapa hari? Ya, untuk itu, kamu dianjurkan agar tidak langsung panik, ya. Meski demikian, ada berbagai cara menurunkan panas badan yang bisa diterapkan, lho.

Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh lebih tinggi dari normal – biasanya 37 derajat Celcius. Demam muncul akibat respons alami tubuh terhadap infeksi, misalnya akibat serangan infeksi virus, bakteri, hingga alergi.

Lantas, apa saja cara menurunkan panas badan yang dapat diterapkan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Minum Banyak Cairan

Credit Image - halodoc.com

Cara menurunkan panas badan yang pertama adalah banyak mengonsumsi cairan. Hal yang satu ini saat demam sangatlah penting, karena air dapat membantu mengatur suhu tubuh, membuang bakteri dan virus, serta membuat tubuh bekerja dengan lebih lancar.

Selain itu, cairan juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi saat demam. Perlu diingat, semakin tinggi demam yang diderita, semakin tinggi pula risiko dehidrasi. Jadi, pastikan kamu tidak lupa untuk minum lebih banyak cairan.

 

Istirahat yang Cukup

Demam menandakan bahwa sistem imun di tubuh kamu sedang memerangi bakteri atau virus penyebab infeksi. Nah, agar sistem imun tubuh meningkat, diperlukan istirahat dan tidur yang cukup. Tidur yang berkualitas sepanjang malam dapat menjadi salah satu cara menurunkan demam dalam semalam.

Jadi, jika kamu mengalami demam, pastikan kamu sudah menerapkan cara menurunkan panas badan yang satu ini, ya!

 

Dinginkan Tubuh

Credit Image - akurat.co

Cara menurunkan panas badan yang berikutnya, yaitu dinginkan tubuh. Tips yang satu ini dapat membantu kamu mengatasi rasa tidak nyaman saat demam muncul. Cara menurunkan demam dalam semalam ini dapatmu lakukan dengan mandi air hangat atau air biasa, serta menggunakan kompres ke area leher, ketiak, dan dahi.

 

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Banyak orang yang beranggapan bahwa melapisi tubuh dengan selimut tebal saat demam dapat mengeluarkan keringat dan mempercepat penurunan suhu tubuh. Namun faktanya, hal ini tidak memiliki manfaat apa pun bagi tubuh.

Jadi, cara menurunkan demam dalam semalam yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengenakan pakaian yang nyaman. Gunakan pakaian yang menyerap keringat, agar panas tubuh tidak terperangkap dalam pakaian. Hal ini juga dapat membuat tidur kamu lebih nyenyak.

Cara menurunkan panas badan yang satu ini dapat pada demam yang tergolong ringan.

 

Memenuhi Asupan Nutrisi

Credit Image - health.kompas.com

Terkadang, demam yang disebabkan oleh infeksi dapat membuat seseorang mengalami mual dan tidak nafsu makan. Namun, kamu tetap harus mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak perlu makan dalam porsi besar, kamu cukup mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun lebih sering. Sup ayam hangat dapat menjadi alternatif untuk mengembalikan energi tanpa menimbulkan rasa mual.

Jika makanan tetap membuat kamu mual, gantilah dengan jus buah dan sayuran agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang optimal.

Selain dari asupan makanan, asupan nutrisi dapat dipenuhi dengan mengonsumsi multivitamin kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dan tentunya, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi – lebih tahan lama, lho!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia.

 

Itulah cara menurunkan panas badan yang dapat kamu lakukan. Cukup mudah dan sederhana, kan? Jika demam yang kamu alami tak kunjung turun segera periksakan diri ke petugas medis, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – alodokter.com