5 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik, Kaya Pesan Moral!

5 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik, Kaya Pesan Moral!

font size A Ǎ

Moms dan dads, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu bersama Si Kecil. Salah satunya menonton film kartun anak yang mendidik. Kegiatan yang satu ini bukan hanya bisa menguatkan bonding anak dan orangtua, tetapi juga memberikan edukasi kepada anak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak hanya menjadi sarana hiburan yang menarik, menonton film kartun anak yang mendidik juga dapat membuat Si Kecil lebih banyak belajar hal baru soal dunia luar dan mengasah imajinasinya, lho.

Nah, agar kegiatan ini semakin positif, moms dan dads juga bisa meminta anak bercerita mengenai film yang sudah ditonton. Karena, hal tersebut bisa menjadi salah satu cara melatih kemampuannya dalam berbicara serta berpendapat.

Berikut ini 5 rekomendasi film kartun anak yang mendidik – dijamin, moms dan dads tidak perlu lagi bingung untuk memilih film yang akan ditonton. Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

1. Zootopia

5 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik, Kaya Pesan Moral!

Credit Image- disney.id

Film kartun anak yang mendidik pertama adalah Zootopia. Film bercerita tentang kisah seekor kelinci bernama Judy Hopps yang masuk ke dalam akademi kepolisian di Zootopia Police Departmen. Berbeda dengan teman-temannya yang memiliki badan yang gagah, Judy kerap kali dianggap lemah karena bertubuh mungil.

Karena hal tersebut, Judy pun selalu hanya diberikan tugas yang mudah yaitu sebagai petugas parkir. Ia tak pernah diberi kesempatan untuk menunjukan ke ahliannya di bidang kepolisian.

Film ini tak hanya menghibur untuk anak-anak, Zootopia juga memberikan pesan medidik seperti melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh, tidak menganggap remeh orang lain, dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian anak bisa terinspirasi untuk menerapkan sifat-sifat yang baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

 

2. My Neighboor is Totoro

Film kartun anak yang mendidik berikutnya adalah My Neighboor is Totoro. Meski tergolong film lawas yakni keluaran tahun 1958, film besutan studio Ghibli ini masih seru untuk ditonton bersama Si Kecil di akhir pekan. Film animasi Jepang ini bercerita tentang dua anak kecil bernama Satsuki dan Mei yang harus pindah ke pedesaan karena ibunya yang sakit.

Di rumahnya yang baru, Satsuki bertemu dengan mahluk magis bernama Totoro yang akan membawa Satsuki ke hutan yang dipenuhi dengan kegembiraan. Karakter Mei yang ceria dan Satsuki yang berani menjadi daya tarik tersendiri dari film ini. Dengan imajinasi keduanya, mereka mempercayai bahwa keberadaan Totoro selalu membantu mereka.

Film berjudul My Neighboor is Totoro ini merupakan film yang sangat bagus untuk dinikmati semua umur, tak terkecuali sang buah hati. Pasalnya, film ini minim adegan yang tak layak ditonton Si Kecil. Selain itu, pesan moral film ini mengajarkan anak-anak untuk jadi pribadi yang riang, lebih berani dan melestarikan hutan sebagai jantung bumi.

 

3. Wall-E

5 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik, Kaya Pesan Moral!

Credit Image - imdb.com

Dengan dialog yang cenderung minim, film kartun anak yang diproduksi oleh Pixar ini tetap menjadi salah satu film terbaik pada masanya. Rilis pada tahun 2008, Wall- E menceritakan tentang masa depan di mana manusia telah meninggalkan bumi karena ditutupi oleh sampah.

Satu-satunya objek pada animasi ini adalah robot tua bernama Wall-E yang merupakan robot pembantu untuk mendaur ulang sampah di pabrik daur ulang. Hidup Wall-E sontak berubah semenjak ia bertemu dengan robot lain bernama Eve. Dari sinilah petualangan dimulai untuk mencari tanda-tanda kehidupan di bumi.

Wall-E merupakan film edukasi yang baik untuk anak-anak. Sebab, film ini mengandung pesan tentang apa yang akan terjadi jika manusia tidak merawat bumi dengan baik. Selain itu, film Wall-E juga dibungkus dengan sedikit unsur komedi sehingga menarik untuk ditonton bersama keluarga.

 

4. Inside Out

Selain Wall- E, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk menonton kartun seru lainnya seperti Inside Out. Film kartun anak yang mendidik satu ini banyak digemari karena memiliki alur cerita yang unik sekaligus mengedukasi Si Kecil. Film ini menggambarkan tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang anak manusia bernama Riley.

Gadis kecil ini mengalami kegelisahan karena dirinya diharuskan ikut pindah ke San Fransisco mengikuti kepindahan kerja dari sang Ayah. Karena harus menyesuaikan diri di lingkungan baru, kondisi ini yang membuat Riley merasakan beragam emosi di dalam dirinya. Seperti bahagia, sedih, marah, takut, hingga perasaan jijik.

Emosi ini digambarkan dalam bentuk animasi yang menggemaskan sehingga bisa menghibur siapapun yang menontonnya. Tak hanya itu, Inside Out juga mengajarkan Si Kecil untuk mengenal jenis-jenis emosi, memberikan arahan dalam mengelola emosi yang baik, dan mengajarkan cara menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

 

5. Up

5 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik, Kaya Pesan Moral!

Credit Image - disney.id

Siapa yang tak mengenal film kartun anak yang mendidik satu ini? Up menjadi film yang mengharukan bagi orang dewasa sekaligus mendidik untuk anak-anak. Film ini menceritakan tentang petualangan menuju Paradise Falls seorang kakek tua bernama Carl bersama anak kecil bernama Russel.

Petualangan dimulai saat Carl memutuskan untuk mengangkat rumahnya dengan bantuan ribuan balon dan membawanya dalam perjalanan. Nah, di balik lagu instrumentalnya yang indah, Up akan mengajarkan Si Kecil tentang usaha keras, sifat pantang menyerah, dan arti persahabatan yang tak kenal usia.

 

Mengajak Si Kecil untuk menonton film kartun anak yang mendidik memang bisa membantu mengembangkan karakternya – yang juga berperan penting dalam proses tumbuh kembang sang buah hati.

Untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, pastikan pula moms dan dads sudah memenuhi kebutuhan nutrisi anak, termasuk asupan vitamin yang baik untuk pertumbuhannya – dan bisa menjaga daya tahan tubuh anak.

Vitamin bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan sehat, lho. Tapi, sebagai pelengkap moms juga dapat berikan multivitamin untuk Si Kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Nah, moms dan dads itulah deretan film kartun anak yang mendidik – dan tentunya kaya akan pesan moral. Jadi, film apa yang ingin kamu tonton bersama Si Kecil, nih?

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – merdeka.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!