Bukan rahasia lagi kalau pemanasan sebelum olahraga merupakan bagian yang penting dilakukan untuk mencegah cedera. Dilansir dari Harvard Health, pemanasangan adalah latihan ringan untuk memompa darah lebih cepat dan mengalirkan nutrisi sekaligus oksigen ke otot sebelum olahraga.

Tidak hanya pemula, namun, pemanasan sebelum olahraga pun mesti dilakukan oleh atlet profesional – atau orang yang sudah terbiasa berolahraga. Tapi, sebenarnya, berapa lama idealnya pemanasan sebelum olahraga?

Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Durasi Pemanasan Sebelum Olahraga

Credit Image - sehatq.com

Dikutip dari LiveStrong, pemanasan sebelum olahraga idealnya lima sampai 10 menit. Tapi, jika kamu hanya duduk-duduk seharian – atau tidak beraktivitas, maka pemanasan sebaiknya dilakukan selama 15 menit. Namun, jika kamu sudah banyak bergerak sepanjang hari, pemanasan olahraga di sore hari cukup dilakukan selama 3-5 menit saja.

Terlepas dari durasinya yang menyesuaikan kondisi tubuh, hal yang paling penting dipertimbangkan, latihan persiapan sebelum olahraga pun perlu mengjangkau seluruh otot tubuh. Selain itu, pemanasan mencakup gerakan untuk mengendurkan sendi, meregangkan otot, memompa jantung, dan melatih bagian tubuh yang akan sering digunakan untuk olahraga inti.

 

Cara Pemanasan yang Direkomendasikan

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Sebenarnya tidak ada patokan baku gerakan pemanasan sebelum olahraga. Jenis latihan persiapan ini tergantung jenis olahraga yang akan dikerjakan.

Nah, kamu bisa memilih pemanasan yang setipe dengan olahraga yang dilakukan. Misalkan, sebelum lari atau bersepeda, mulailah pemanasan dengan joging lambat atau jalan kaki cepat. Atau, kamu juga bisa melakukan gerakan yang jauh berbeda dari olahraga yang akan dijalani. Misalkan, sebelum angkat beban kamu pemanasan dengan lompat tali.

Selain itu, ada beberapa cara pemanasan sebelum olahraga yang umum untuk membantu mengurangi ketegangan otot, yaitu:

  • 8 gerakan kepala dianggukkan ke atas dan bawah
  • 8 gerakan kepala ditekuk ke arah samping kanan dan kiri
  • 5 gerakan memutar kepala
  • 8 gerakan menekuk lengan ke depan dan ke belakang secara bergantian
  • 8 gerakan memutar pinggul kea rah dalam dan luar secara bergantian
  • 2 menit lompat tali
  • 8 gerakan walkout
  • 12 gerakan deep reverse lunge dengan cara mengangkat lutut bergantian
  • 15 gerakan squat

 

Yuk, Rutin Lakukan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan!

Credit Image - halodoc.com

Melakukan pemanasan sebelum olahraga memang penting guna menghindari terjadinya cedera ketika melakukan aktivitas fisik. Agar kesehatan semakin terjaga, pastikan juga kamu sudah menerapkan gaya hidup sehat lainnya, termasuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Untuk melengkapi gaya hidup sehatmu, pastikan kamu sudah memaksimalkannya dengan mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral – untuk mendukung kekebalan tubuh.

Baik vitamin dan mineral bisa didapatkan dari asupan makanan sekaligus mengonsumsi suplemen multivitamin.

Untuk multivitamin, kamu direkomendasikan meminum suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah durasi tepat untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Pastikan kamu sudah rutin melakukan aktivitas ini sebelum beraktivitas fisik!

 

 

Featured Image – drianadian.com

Source – kompas.com