Buah Tinggi Vitamin C, Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Buah Tinggi Vitamin C, Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Tahukah kamu bahwa makanan untuk meningkatkan imun tubuh berupa buah-buahan kaya vitamin C tidak hanya terkandung dalam jeruk saja? Ya, masih banyak yang menganggap bahwa jeruk merupakan sumber terbaik vitamin C – padahal masih banyak jenis buah lainnya yang tak kalah baiknya, lho!

Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utama dari vitamin ini, yaitu mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.

Mengingat fungsinya yang penting, jadi, tidak heran kalau kamu membutuhkan asupan vitamin C dari makanan untuk meningkatkan imun tubuh berupa buah-buahan. Berikut ini jenis buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi.

 

 

1. Jambu Biji

Buah Tinggi Vitamin C, Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Credit Image - finedininglovers.com

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh pertama, yaitu jambu biji. Mencari buah yang mengandung vitamin C, jambu biji pasti ada di deretan teratas. Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang ada pada jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan serat. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

 

2. Pepaya

Pepaya biasanya dikenal sebagai buah untuk melancarkan BAB. Namun, tahukah kamu bahwa buah berwarna cerah ini juga kaya akan vitamin C? Kandungan vitamin C pada setengah buah pepaya adalah sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi daripada jeruk.

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks – terutama vitamin B6, B2, dan B1, kalium, dan kalsium. Berkat kandungan ini, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.

 

3. Kiwi

Buah Tinggi Vitamin C, Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Credit Image - kompas.com

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh berupa buah berikutnya adalah kiwi. Buah yang satu ini juga kaya akan vitamin C, lho. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 miligram, atau setara dengan 71% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Kiwi juga mengandung vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral. Uniknya lagi, buah dengan kulit ‘berbulu’ ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

 

4. Jeruk

Sebagai buah yang dikenal mampu melawan penyakit, kandungan gizi jeruk memang tidak main-main. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Selain itu, jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 – asam folat, dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh kamu pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen.

 

5. Stroberi

Buah Tinggi Vitamin C, Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Credit Image - food.detik.com

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh berikutnya adalah stroberi. Setengah gelas (125 gram) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tapi hal ini sama sekali tidak mengurangi manfaat stroberi bagi kesehatan.

Selain mengandung vitamin C, stroberi juga termasuk buah yang kaya antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada stroberi mungkin berpotensi menurunkan risiko kanker dan penyakit saraf serta memperlambat penuaan.

Nah, selain dari makanan untuk meningkatkan imun di atas, kebutuhan vitamin C juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi multivitamin kandungan lengkap, seperti rangkaian multivitamin dari Enervon.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet – yang punya kandungan 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah deretan makanan untuk meningkatkan imun tubuh berupa buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Nyatanya, tidak hanya jeruk yang mengandung vitamin C, kan? Jadi, penuhi asupan vitamin tersebut dengan mengonsumsi sejumlah buah-buahan di atas – dan optimalkan dengan konsumsi multivitamin!

 

 

Featured Image – mutuellebleue.fr

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!