Tahukah kamu bahwa berdasarkan penelitian di tahun 2017 silam dari Stanford University, Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang paling malas berjalan kaki sedunia? Ya, tak bisa dipungkiri, masyarakat Indonesia pun masih jarang yang rajin bergerak, lho.

Dilansir dari NYTimes, Indonesia merupakan negara dengan penduduk terpadat keempat di dunia, berada di urutan terakhir di antara 46 negara – dan juga wilayah untuk jumlah langkah berjalan yang dilakukan warganya, rata-rata hanya 3.515 per hari.

Sebagai perbandingan, Hong Kong pertama dengan 6.880, kemudian Cina kedua dengan 6.289, dan Ukrania, Jepang, serta Rusia melengkapi lima besar. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa malas bergerak jalan kaki?

Berikut ini tips agar kamu tidak lagi malas berjalan kaki!

 

 

Mengatur Alarm

Credit Image - klikdokter.com

Kerja dari rumah – alias work from home memang dianggat membuat orang rentan malas bergerak. Sebaiknya, atur alarm yang berfungsi mengingatkan kamu untuk beranjak dan bergerak.

Tak harus berjalan kaki keliling komplek, kamu bisa hanya berjalan mengambil air di dapur, membuka jendela, menghampiri anak yang sedang bermain, atau apa pun yang membuat tubuhmu bergerak. Dengan cara itu, tanpa sadar langkah kamu akan terus bertambah setiap harinya.
 

Bangun Tidur dan Segera Berjalan Kaki!

Dilansir dari CNN Indonesia, Alain Saint-Dic, personal trainer dan kepala pelatihan dan pengembangan di Stretch Relief, menyarankan kamu untuk bangun, beranjak, dan bergerak meski hanya di area rumah. Kamu bisa memadukan jalan kaki dengan olahraga di beberapa titik henti.

Selain itu, lakukan pula olahraga yang berbeda di setiap pintu masuk di area rumahmu, seperti high knee – atau lari di tempat dengan mengangkat lutut agak tinggi, lunges – atau salah satu lutut ditekuk dan lutut lainnya lurus, maupun gerakan olahraga lainnya yang kamu sukai.

 

Menggunakan Gadget Sembari Bergerak

Credit Image - liputan6.com

Seperti diketahui, ketika work from home, mau tidak mau kegiatan ini membuatmu lebih banyak mengakses gadget daripada ketika bekerja di kantor. Bahkan, tugas, pekerjaan kantor, hingga koordinasi juga dilakukan melalui gadget.

Agar tidak terlarut bermain gadget, ada baiknya gunakan pula gadget kamu sembari bergerak atau berjalan kaki. Misalnya, menerima telepon sembari mondar-mandir ketimbang hanya tetap dalam posisi duduk atau berbaring.

 

Buatlah Target yang Realistis

Kamu pasti tahu kebiasaan jalan kaki 10 ribu langkah setiap hari, kan? Jika ingin mengikutinya, jangan terburu-buru, ya. Yang penting, buatlah target realistis terlebih dahulu. Kalau belum bisa memenuhi target 10 ribu langkah, maka tak perlu dipaksakan.

Sebelum menentukan target 10 ribu langkah, sebaiknya cek jumlah langkah rata-rata harian. Jika rata-rata per hari sebanyak seribu langkah, target 10 ribu di beberapa hari setelahnya jelas tidak realistis. Target terlalu tinggi malah membuat kamu makin mudah menyerah.

Sebaiknya lakukan perlahan. Tambah jumlah langkah per hari atau per minggu. Lakukan sampai kamu merasa nyaman baru kemudian tambah lagi.

 

Buat Kegiatan Jalan Kaki Menjadi Lebih Menyenangkan

Credit Image - doktersehat.com

Jalan kaki bisa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan. Namun, ada kalanya kamu hanya bisa jalan kaki sendirian. Tapi tak perlu khawatir, masih ada musik kesukaan yang bisa menemani jalan kaki. Biar tak jadi warga negara di negara paling malas jalan kaki, kenali manfaat jalan kaki buat kesehatan.

Nah, agar kegiatan olahraga jalan kaki semakin maksimal, yuk konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang mampu menjaga stamina dan energi tubuh, sehingga olahraga pun dapat dilakukan dengan lancar!

Kamu bisa memilih minum Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Enervon-C tersedia dalam bentuk Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat bantu menjaga energi dan stamina – agar tidak mudah lelah meski punya aktivitas padat.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, berjalan kaki memang merupakan kegiatan positif yang dapat menyehatkan tubuh, ya. Untukmu yang masih malas, yuk, coba atasi rasa malas tersebut dengan menerapkan deretan tips di atas. Selamat mencoba!

 


Featured Image – multiplesclerosisnewstoday.com

Source – cnnindonesia.com