Bukan rahasia lagi kalau tidur cepat akan membantu tubuhmu untuk beristirahat lebih maksimal. Tapi tidur lebih awal ternyata cukup sulit untuk diterapkan, lho. Masih banyak yang pada akhirnya tidur larut malam – atau tidak nyenyak di malam hari.

Merujuk laman Sleep Foundation, orang dewasa normalnya hanya membutuhkan 10-20 menit untuk dapat tertidur. Lamanya waktu yang dibutuhkan ini dinamakan latensi tidur. Jika kamu mengalami kesulitan tidur lebih dari waktu tersebut, tenang, ada cara yang mungkin dapat membantu, lho.

Berikut ini deretan tips tidur lebih cepat – yang hanya membutuhkan waktu 30 detik saja. Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

1. Tidur Cepat Mode Militer

Credit Image - merdekapost.com

Tidur cepat mode militer atau metode tentara ini pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman, mengutip triknya dari buku berjudul Relax and Win: Championship Performance. Metode berikut diklaim efektif memengaruhi tubuh sehingga mampu tidur cepat, hanya dalam waktu kurang dari 1-2 menit. Berikut caranya:

  • Upayakan tubuh benar-benar rileks dan otot-ototnya tidak tegang.
  • Kondisikan kamar tidur tetap bersih serta memakai pakaian nyaman.
  • Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan rileks berada di samping tubuh.
  • Cobalah tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan sambil kosongkan pikiran, serta pusatkan otak dengan memberi afirmasi bahwa sekarang waktunya istirahat tidur.
  • Buang jauh-jauh pikiran yang membuat cemas, gelisah, tegang, atau sebelum memasuki waktu tidur bisa melakukan kegiatan menyenangkan terlebih dulu.
  • Kemudian berbaring di atas kasur dengan rileks, sambil memejamkan mata.
  • Apabila cara ini belum langsung berhasil membuat tidur cepat kurang dari 30 detik, tidak masalah. Kamu dapat melatih kembali sampai benar-benar terbiasa dengan sendirinya.

 

2. Akupresur untuk Tidur

Credit Image - orami.co.id

Cara tidur cepat 30 detik selanjutnya yang boleh dicoba adalah metode akupresur – yang merupakan metode alami yang dipercaya ampuh mengatasi insomnia atau gangguan tidur lainnya sehingga kamu akan lebih mudah tidur nyenyak.

Metode akupresur memusatkan empat titik saraf yang bisa dikendalikan secara mandiri untuk memicu rasa kantuk. Berikut langkahnya:

  • Pertama titik spirit gate, letaknya ada di lekukan bagian tengah pergelangan tangan sejajar dengan kelingking. Coba tekan lembut sambil gerakan memutar selama beberapa detik.
  • Posisikan tubuh berbaring rileks seperti hendak tidur. Lakukan gerakan menekan lembut ini secara perlahan sampai muncul rasa kantuk.
  • Kedua titik persimpangan tiga yin, letaknya di atas sedikit pergelangan kaki bagian dalam. Sambil duduk santai tempelkan empat jarimu di titik tersebut dengan gerakan naik turun.
  • Gerakan ini bisa bergantian dengan kaki sebelahnya untuk merangsang rasa kantuk sekaligus meredakan nyeri haid, serta sakit panggul.
  • Ketiga titik wind pool, letaknya di sisi kanan dan kiri belakang leher. Jika sudah menemukan titiknya tinggal tempel ibu jari di kedua titik sambil ditekan lembut dan gerakan naik turun.
  • Pijat lembut selama 4-5 detik, kemudian tarik napas perlahan dan embuskan supaya tubuh rileks dan rasa kantuk bisa datang lebih cepat.
  • Keempat titik bubbling spring, letaknya di telapak kaki bagian atas bahkan cukup mudah terlihat. Sekarang posisikan tubuhmu untuk berbaring di atas kasur.
  • Lalu angkat kaki kiri dan tekuk ke dalam supaya bisa diraih tangan kanan untuk memijat titik bubbling spring selama beberapa detik. Ganti kaki sebelahnya dan lakukan hal serupa.

 

3. Metode 4-7-8

Credit Image - nawacitapost.com

Metode 4-7-8 termasuk latihan kombinasi dari gerakan meditasi, visualisasi, dan olah pernapasan supaya efektif meningkatkan kualitas tidur.

  • Hal pertama yang dilakukan yaitu menempelkan sedikit ujung lidah di antara gigi dan mulut, supaya saat menghembuskan napas bisa menciptakan suara mendesing.
  • Kemudian dilanjut menutup mulut dengan rileks dan tarik napas melalui hidung dengan tenang, dan tahan 4 detik lalu embuskan dengan suara mendesing.
  • Lalu kembali menutup mulut dengan rileks dan tarik napas melalui hidung dengan tenang, dan tahan 7 detik lalu embuskan dengan suara mendesing.
  • Masuk ke tahap akhir, kembali menutup mulut dengan rileks dan tarik napas melalui hidung dengan tenang, lalu tahan 8 detik dan embuskan dengan suara mendesing.

Kamu pun dapat menerapkan metode ini berulang kali sampai rasa kantuk muncul dan tubuh lebih rileks untuk siap tidur.

Selain dengan menerapkan metode tidur di atas, membantu masalah sulit terlelap juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan nutrisi tertentu, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks, lho.

Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 – dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C – berkaitan erat dengan insomnia.

Peroleh asupan vitamin C dari berbagai sumber tinggi nutrisi, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, kiwi, dan nanas.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi vitamin B kompleks, lebih tepatnya vitamin B6. Jenis vitamin yang satu ini dapat  membantu mengurangi stres yang kamu rasakan – dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Nah, cobalah rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin B6, seperti pisang, yogurt, atau oat – kamu bisa konsumsinya sebelum tidur, lho. Sejumlah makanan ini diyakini membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga lebih segar keesokan harinya.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja – namun, sejumlah vitamin di atas bisa kamu penuhi, hanya dengan rutin mengonsumsi multivitamin saja! Tak perlu repot lagi, kan? Cocok untukmu yang punya aktivitas padat nih.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Atau, kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari.

Dan, untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina biar tidak mudah lelah, sekaligus pertahankan imunitas tubuh.

Dan bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah menemukan solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah sulit tidur, kan? Metode ini pun mudah dilakukan – dan hanya membutuhkan waktu singkat saja. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – fimela.com

Source – cnnindonesia.com