Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Cara Mengatasinya

Masalah tenggorokan sakit saat menelan mungkin kondisi yang sering dialami banyak orang. Tak perlu langsung mengonsumsi obat-obatan, masih ada berbagai perawatan rumahan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya, lho.

Namun, sebelum langsung mengambil tindakan, ada baiknya kamu mengetahui penyebab tenggorokan sakit saat menelan terlebih dahulu. Tujuannya, agar cara mengatasinya tepat – dan gejalanya pun tidak semakin parah.

Berikut penyebab tenggorokan sakit saat menelan dan cara mengatasinya. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Cara Mengatasinya

Credit Image - alodokter.com

Sebelum membahas terkait bagaimana cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab kondisi tersebut. Sebab, sakit tenggorokan tak hanya dapat disebabkan oleh faktor tunggal saja, banyak kondisi yang bisa memicu keluhan ini.

Mulai dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, alergi, bahkan hingga Covid-19. Nah, berikut adalah penjabaran dari beberapa penyebab tersebut, yaitu: 

1. Infeksi Virus

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala umum akan infeksi beberapa virus, misalnya seperti: 

  • Pilek
  • Flu
  • Mono – atau mononukleosis
  • Campak
  • Cacar air
  • Croup – yakni penyakit masa kanak-kanak umum yang ditandai dengan batuk yang keras dan menggonggong

 

2. Infeksi bakteri

Sejumlah infeksi bakteri bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan. Contoh yang paling umum adalah Streptococcus pyogenes (grup A streptococcus) yang menyebabkan radang tenggorokan – dan membuat tenggorokan sakit saat menelan.

 

3. Penyebab Lainnya

Selain infeksi virus dan bakteri, terdapat beberapa penyebab lain yang juga dapat memicu terjadinya sakit tenggorokan. Berikut adalah beberapa penyebab lain tersebut, antara lain: 

  • Alergi. Seperti alergi terhadap bulu hewan peliharaan, jamur, debu, dan serbuk sari dapat menyebabkan sakit tenggorokan
  • Udara yang kering. Udara dalam ruangan yang kering dapat membuat tenggorokan terasa kasar dan gatal, sehingga memicu sakit tenggorokan
  • Paparan bahan kimia yang mengiritasi tenggorokan. Contohnya asap rokok, alkohol, hingga polusi udara
  • Ketegangan otot (muscle tension) akibat berteriak atau berbicara dalam waktu yang lama
  • GERD
  • Tumor

 

4. Covid-19

Sakit tenggorokan di tengah pandemi Covid-19juga tak boleh dianggap remeh. Terutama jika keluhan ini tidak kunjung membaik, dan disertai oleh gejala lainnya. Misalnya seperti demam, batuk kering, hidung beringus, hingga anosmia. Pasalnya, kondisi ini bisa menandai adanya serangan virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab penyakit Covid-19.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan?

Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Cara Mengatasinya

Credit Image - sajiansedap.grid.id

Pada kebanyakan kasus, tenggorokan sakit saat menelan biasanya bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Kondisi ini biasanya membaik dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Selain menggunakan obat-obatan, ada beragam cara mengatasi tenggorkan sakit saat menelan yang bisa dicoba.

Mau seperti apa cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami? Nah, berikut cara mengatasi tenggorokan menurut ahli di National Institutes of Health US dan National Health Service UK, yaitu: 

  • Minumlah cairan yang menenangkan tenggorokan. Contohnya cairan hangat, seperti teh lemon dengan madu, atau cairan dingin, seperti air es. 
  • Minum banyak air.
  • Makan makanan dingin atau lunak.
  • Kumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat (1/2 sdt atau 3 gram garam dalam satu cangkir atau 240 mililiter air). Anak-anak tidak direkomendasikan untuk mencobanya.
  • Mengisap es batu atau permen es. Namun, jangan berikan anak kecil apa karena berisiko tersedak.
  • Gunakan vaporizer atau humidifier untuk melembapkan udara dan menenangkan tenggorokan yang kering dan nyeri.
  • Hindari kebiasaan merokok atau tempat berasap.
  • Perbanyak beristirahat.

 

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan

Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Cara Mengatasinya

Credit Image - health.kompas.com

Cara terbaik untuk mencegah sakit tenggorokan adalah dengan menghindari kuman yang menyebabkannya dan mempraktikkan gaya hidup yang bersih, seperti menghindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin, menutup hidung dengan tisu setiap kali bersin, hingga menghindari menggunakan alat makan bergantian.

Selain itu, pastikan juga untuk menghindari bertemu orang yang sedang sakit dan membersihkan benda-benda personal dengan baik. 

Selain itu, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, sekarang kamu sudah mengetahui penyebab tenggorokan sakit saat menelan, cara mengatasi, serta tips untuk mencegahnya, ya? Untuk itu, tetap perhatikan faktor di atas – dan perhatikan kondisi sakit tenggorokan, jika tidak kunjung membaik, segera periksakan diri!

 

 

Featured Image – health.grid.id

Source – halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!