Tahukah kamu bahwa seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh akan ikut melemah? Ya, untuk itu, tidak heran kalau banyak usia emas yang lebih rentan terjangkit berbagai penyakit, terutama yang menular.

Tapi, jangan salah kaprah dulu, ya! Meski kekebalan rentan melemah di usia emas, namun tetap ada berbagai cara meningkatkan imun tubuh di usia emas yang dapat dilakukan, lho. Deretan tips ini meliputi gaya hidup sehat sehari-hari, termasuk rutin berolahraga dan mendapat asupan vitamin yang cukup.

Berikut ini 5 cara meningkatkan imun tubuh di usia emas agar tetap sehat dan bugar!

 

 

1. Peroleh Istirahat yang Cukup

Credit Image - sehatq.com

Yang harus kamu ketahui, usia emas ternyata sulit untuk tidur, lho. Namun, salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang penting dilakukan, yaitu mendapat istirahat yang cukup di malam hari, setidaknya 7-8 jam.

Tidur menjadi salah satu langkah penting dalam mengembalikan imunitas, khususnya bagi usia emas yang lebih mudah merasa lelah. Apalagi, jika sistem kekebalan sedang berusaha keras untuk melawan infeksi penyakit.

Nah, agar usia emas bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, maka bisa dilakukan berbagai ritual tertentu, misalnya melakukan stretching terlebih dahulu, membaca buku, mendengarkan musik santai, meditasi, dan lain sebagainya.

 

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara meningkatkan imun tubuh lainnya bagi usia emas, yaitu memiliki pola makan yang sehat. Misalnya, direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan – dan kurangi makanan yang tinggi lemak, ya!

Selain itu, mengingat usia emas lebih mudah untuk kehilangan nafsu makan dan sering makan dalam jumlah sedikit, maka pastikan bahwa tiap kali makan, konsumsi jenis asupan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Ingat, kekurangan nutrisi pada usia emas akan mengganggu kinerja kekebalan tubuh. Untuk itu, cobalah tingkatkan asupan vitamin dan mineral, seperti seng, zat besi, tembaga, asam folat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin E.

 

3. Rutin Berjemur

Credit Image - health.detik.com

Sejak pandemi berlangsung, cara meningkatkan imun tubuh dengan berjemur sepertinya santer terdengar, ya? Tapi, tips yang satu ini sebenarnya memang direkomendasikan sejak lama, lho. Rutin berjemur dapat membantu meningkatkan imunitas – dan sangat bermanfaat bagi usia emas yang kekurangan vitamin D.

Meski demikian, jangan berlebihan dalam berjemur. Cara yang benar adalah berjemu dengan sinar matahari pagi selama 15 menit setia harinya. Jadi, jangan menghabiskan waktu di luar ruangan secara berlebihan, khususnya kalau sudah siang.

Terlalu lama terpapar sinar radiasi ultraviolet yang berasal dari sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker. Dan jangan lupa, ketika berjemur baiknya tetap gunakan tabir surya!

 

4. Berolahraga Secara Rutin

Memasuk usia lanjut bukan alasan untuk malas berolahraga! Jika ingin tetap sehat dan bugar, maka usia emas wajib melakukan aktivitas fisik. Sebagai contoh, dapat melakukan olahraga bersepeda, berjalan cepat, maupun aerobik.

Tidak hanya membantu menjaga berat badan tetap ideal, namun olahraga pada usia emas dapat memberikan banyak manfaat baik, mulai dari menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kualitas tidur, menjaga kekuatan tulang, hingga mengurangi rasa nyeri – yang sering dialami usia emas.

 

5. Konsumsi Multivitamin untuk Usia Emas

Credit Image - blibli.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asupan gizi yang cukup memang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dalam melawan virus maupun kuman penyebab penyakit.

Namun, jika nutrisi dari makanan tidak terpenuhi dengan baik, maka ada baiknya mengonsumsi suplemen tambahan untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, terutama pada usia emas, ya.

Cara meningkatkan imun tubuh yang satu ini pun dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan pada orang tua, lho. Dalam hal ini, direkomendasikan memilih multivitamin yang punya kandungan vitamin dan mineral yang lengkap.

Akan lebih baik lagi, kalau multivitamin untuk usia emas juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C, maupun jenis nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan mata dan daya ingat.

Tak perlu bingung lagi, kok, dalam memilih multivitamin lengkap untuk usia emas, kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung deretan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Nah, multivitamin andalan usia emas yang satu ini sudah dapat diperoleh di sini, ya!

 

Wah, bagaimana? Meski memasuki usia lanjut, tapi jangan sampai kesehatan dibiarkan menurun, ya. Yuk, terapkan 5 cara meningkatkan imun tubuh di atas agar tetap sehat dan bugar!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – hellosehat.com