Vitamin C merupakan salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh, apalagi memasuki usia lanjut. Diketahui, di masa tersebut, sistem imunitas tubuh cenderung lebih lemah, sehingga lebih gampang terserang penyakit.

Memasuki usia 50 tahun ke atas – atau usia emas, mendapat asupan vitamin C tidak bisa hanya mengandalkan makanan bergizi saja, lho. Namun, diperlukan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Tapi, tidak hanya sekedar mencukupi asupan nutrisi itu sendiri saja, namun menerapkan cara minum vitamin C yang benar juga sangat direkomendasikan. Dengan demikian, manfaat baiknya bisa dirasakan secara maksimal.

Berikut ini hal yang harus diperhatikan usia emas dalam mengonsumsi suplemen vitamin C. Simak informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

Dampak Kekurangan Vitamin C

Credit Image - greatdayhr.com

Sebelum memasuki ulasan mengenai cara tepat minum vitamin C yang benar bagi usia emas, ada baiknya kamu mengetahui akibat yang bisa ditimbulkan karena kekurangan asupan vitamin yang satu ini.

Kurang vitamin C dapat mendatangkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, bahkan sampai berisiko fatal, lho. Ini akan menyebabkan kondisi, seperti lemah, letih, dan lesu, serta pembuluh darah yang menjadi rapih.

Akan tetapi, sebelum berdampak fatal, tubuh seseorang biasanya memberikan berbagai gejala kekurangan vitamin C, seperti:

  • Gusi berdarah dan bengkak
  • Sering mimisan
  • Rambut kering dan pecah-pecah
  • Luka sulit sembuh
  • Kekurangan zat besi
  • Kulit merah, kering, dan kusam
  • Gampang memar
  • Sering mengalami infeksi
  • Kelelahan dan murung
  • Berat badan mudah bertambah
  • Sendi bengkak dan nyeri

Nah, jika anggota keluargamu yang tengah memasuki usia emas dan mengalami sejumlah tanda di atas, ada baiknya segera cukupi kebutuhan vitamin C, baik dari makanan bergizi maupun mengonsumsi suplemen secara rutin, ya!

 

Cara Minum Vitamin C yang Benar

Credit Image - eatthis.com

Kini, saatnya membahas cara minum vitamin C yang benar bagi usia emas, ya!

Ada yang beranggapan bahwa mengonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung vitamin C baiknya di pagi hari. Mengapa? Karena, ada yang mengatakan bahwa vitamin C dapat menyebabkan susah tidur. Namun, hal tersebut tidaklah benar, karena belum ada bukti medis yang menunjang kesimpulan tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, suplemen vitamin C tablet dapat diminum sepanjang hari. Misal, di pagi hari – atau sebelum makan, dan keadaan perut masih kosong. Hal ini tidak semenakutkan itu, kok. Ada banyak sekali suplemen vitamin C yang aman diminum sebelum makan.

Vitamin C atau disebut juga sebagai L-absorbic Acid merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Bisa dikatakan, cara minum vitamin C yang benar, yaitu di pagi hari, seperti 30 menit sebelum sarapan. Atau, 2 jam sesudah makan ketika asupannya sudah dicerna.

Selain itu, mengombinasikan vitamin C dengan zinc juga termasuk cara minum vitamin C yang benar bagi usia emas, lho. Diketahui, baik vitamin C maupun zinc merupakan ‘pasangan terbaik’. Jadi, ketika keduanya diminum secara bersamaan, manfaatnya akan lebih terasa!

Sayangnya, sebagian orang lebih cenderung mengutamakan sumber asupan vitamin C saja, tanpa memerhatikan kebutuhan zinc. Padahal, zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin C, Konsumsi Multivitamin Ini!

Credit Image - enervon.co.id

Kalau kamu sudah mengetahui cara minum vitamin C yang benar bagi usia emas, nah, yang tak kalah pentingnya, pastikan kamu juga telah memilih jenis suplemen yang tepat. Ingat, jangan sembarangan memilih suplemen, ya!

Tenang, kamu tak perlu lagi bingung, kok, usia emas direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung sejumlah nutrisi vitamin untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan di usia emas.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Nah, multivitamin andalan usia emas yang satu ini sudah dapat diperoleh di sini, ya.

 

Mencukupi kebutuhan vitamin C memegang peran penting dalam memasuki usia emas, lho. Hal ini akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Tapi, pastikan juga sudah menerapkan cara minum vitamin C yang benar agar penyerapannya maksimal – dan manfaatnya optimal!

 

 

Featured Image – self.com

Source – jovee.id