Asam Folat Penting Bagi Kesehatan Usia Emas, Ini Alasannya!

Asam Folat Penting Bagi Kesehatan Usia Emas, Ini Alasannya!

font size A Ǎ

Sudah bukan rahasia lagi kalau asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Kalau biasanya asam folat dikenal manfaatnya untuk ibu hamil dan perkembangan janin, namun vitamin ini juga bisa menjaga kesehatan usia emas – atau 50 tahun ke atas, lho.

Termasuk ke dalam kelompok vitamin B kompleks, asam folat dapat membantu menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, hingga mendukung sistem kekebalan. Selain itu, masih ada beragam manfaat baik dari vitamin B9 yang bisa diperoleh usia emas, lho.

Apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Asam Folat Penting Bagi Kesehatan Usia Emas, Ini Alasannya!

Credit Image - limone.id

Berikut ini adalah beberapa fungsi asam folat bagi kesehatan ketika jumlahnya tercukupi dengan baik:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Sebuah studi menyebutkan bahwa asam folat dan nutrisi lain, seperti asam amino, vitamin B12, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan selenium, berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

Ketika asupan nutrisi tubuh tercukupi, produksi sel darah putih akan berjalan lancar sehingga daya tahan tubuh tetap kuat dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit.

 

2. Membantu proses pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh

Untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, asam folat akan bekerja sama dengan nutrisi lain, seperti protein, asam amino, vitamin B12, dan vitamin C. Aneka nutrisi tersebut berperan penting dalam membentuk sel-sel tubuh yang rusak serta mendukung proses pemulihan tubuh ketika luka atau sakit.

 

3. Mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia

Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, produksi sel darah merah akan berkurang dan meningkatkan risiko terjadinya anemia. Selain asam folat, tubuh juga membutuhkan zat besi dan vitamin B12 untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup.

 

4. Mencegah terjadinya gangguan jantung

Manfaat lain yang dari asam folat adalah mencegah gangguan jantung. Pasalnya, sama dengan fungsi pembentukan sel darah merah, asam folat juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh.

Ketika darah menggumpal, maka aliran darah tidak akan berjalan dengan normal menuju jantung. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan risiko gangguan jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.

 

5. Mengurangi risiko stroke

Stroke adalah keadaan di mana pasokan darah ke otak berkurang karena terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Penyebabnya adalah kurangnya senyawa asam folat dalam tubuh, sehingga menyebabkan gangguan di sistem saraf pusat.

 

6. Meningkatkan daya ingat

Mengonsumsi asam folat sehari-hari dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Apabila seseorang mudah lupa, kondisi ini berarti aliran oksigen dan aliran sel darah merah ke otak terganggu. Situasi ini pun dapat diselesaikan dengan memenuhi kebutuhan asam folat.

 

Makanan yang Kaya Akan Asam Folat

Asam Folat Penting Bagi Kesehatan Usia Emas, Ini Alasannya!

Credit Image - glamourmagazine.co.uk

Untuk mencukupi kebutuhan asam folat, usia emas dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Salah satunya jamur enoki yang dikenal sebagai salah satu sumber tinggi kandungan vitamin B9.

Selain itu, berikut beberapa pilihan makanan kaya asam folat lainnya yang baik untuk dikonsumsi:

  • Sayur-sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kacang panjang, brokoli, kembang kol, dan selada
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong
  • Buah-buahan, misalnya melon, pisang, alpukuat, dan lemon
  • Makanan yang diperkaya folat lainnya, seperti roti, sereal, dan jus
  • Hati sapi dan ayam
  • Ikan dan telur

 

Lengkapi Kebutuhan Asam Folat dengan Konsumsi Multivitamin Ini!

Asam Folat Penting Bagi Kesehatan Usia Emas, Ini Alasannya!

Credit Image - enervon.co.id

Tidak hanya dari sejumlah makanan di atas saja, namun asupan asam folat juga dapat kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin B9. Nah, usia emas direkomendasikan minum Enervon Gold secara rutin, ya.

Berikut ini sejumlah kandungan vitamin dan mineral dalam Enervon Gold:

  • Vitamin C – nutrisi ini sudah dikenal sebagai salah satu agent untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rutin mengonsumsi vitamin C, maka imunitas makin kuat, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  • Vitamin B kompleks – membantu proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang berperan penting untuk pembentukan energi, sehingga tetap aktif.
  • Omega 3 – kandungan yang satu ini dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, dan mengurangi risiko kehilangan memori atau kepikunan.
  • Asam folat – membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Lutein – berperan penting untuk mendukung kesehatan mata.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, deretan kandungan vitamin di dalam Enervon Gold memang memiliki segudang manfaat baik, kan? Namun, agar manfaatnya semakin terasa, pastikan kamu mengonsumsinya secara rutin.

Tak perlu khawatir, lho. Enervon Gold merupakan all-in-one multivitamin yang aman dikonsumsi setiap harinya. Dan, Enervon Gold dikemas dalam bentuk kapsul yang mudah ditelan serta tentunya telah mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI.

Nah, Enervoners, kamu sudah bisa memperoleh produk Enervon Gold di official store-nya di Tokopedia. Yuk, segera peroleh multivitamin andalan yang satu ini!

 

Gimana? Sekarang kamu sudah mengenali berbagai manfaat baik dari asam folat untuk usia emas, kan? Jadi, pastikan kamu – maupun anggota keluargamu mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut!

 

 

Featured Image – limone.id

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!