Kenapa Badan Sering Lemas di Usia Emas? Ini Sebabnya, Lho!

Kenapa Badan Sering Lemas di Usia Emas? Ini Sebabnya, Lho!

Tahukah kamu bahwa memasuki usia 50 tahun ke atas massa otot dan kekuatan akan menurun kemampuannya? Ya, inilah alasan mengapa usia emas kerap merasa kurang bertenaga. Ingat, badan lemas bukan suatu penyakit, tetapi gejala dari suatu kondisi kesehatan.

Nah, di rentang usia tersebut, lemas sering diartikan sebagai kurangnya energi tubuh secara fisik maupun motivasi secara mental. Jadi, tidak heran kalau banyak yang bertanya-tanya kenapa badan sering lemas seiring bertambah usia.

Jika usia emas mengalami kondisi tersebut, bukan tidak mungkin otot menjadi lemah – dan akhirnya menghambat aktivitas, menyebabkan risiko terjatuh menjadi lebih tinggi, hingga mengalami cedera. Untuk mengatasinya, berikut tips yang dapat diterapkan.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Faktor yang Menyebabkan Tubuh Lemas di Usia Emas

Kenapa Badan Sering Lemas di Usia Emas? Ini Sebabnya, Lho!

Credit Image - lingkarmadiun.pikiran-rakyat.com

Kenapa badan sering lemas seiring bertambah umur? Sepertinya masalah ini sering dialami banyak usia emas, ya. Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut, lho. Berikut ini di antaranya.

  • Berkurangnya jumlah aktivitas fisik dapat menyebabkan kelemahan pada tubuh. Banyak orang, termasuk usia emas yang duduk atau berdiam diri selama 6 jam sehari. Saat duduk, bagian tubuh tidak digunakan – dan lama kelamaan kurangnya penggunaan otot membuat tubuh jadi kehilangan kekuatan, atau disebut sebagai atrofi otot.
  • Asupan makanan yang tidak dicerna dengan baik dan kurang bergizi serta tidak mengonsumsi makanan yang cukup.
  • Penurunan kepadatan tulang dan massa otot disertai perubahan metabolisme juga memicu kelelahan dan rasa lemas.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada berbagai cara yang dapat diterapkan. Namun agar hasilnya maksimal, pastikan sudah dilakukan secara konsisten.

 

Tips Mengatasi Tubuh Lemas bagi Usia Emas yang Direkomendasikan

Kenapa Badan Sering Lemas di Usia Emas? Ini Sebabnya, Lho!

Credit Image - gaya.tempo.co

Kalau kamu sudah mengetahui penyebab kenapa badan sering lemas, kini, saatnya memahami cara mengatasi yang tepat.

1. Orang dewasa perlu tidur 7-9 jam setiap harinya

Sudah bukan rahasia lagi kalau kurang atau kebanyakan tidur justru dapat membuat badan lemas. Tanpa tidur yang cukup, orang usia emas kemungkinan akan merasakan kelelahan dan lemas pada tubuhnya.

Dengan mencukupi kebutuhan tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam akan membantu tubuh melakukan perbaikan pada sel-sel atau jaringan yang rusak. Tubuh pun akan terasa lebih segar untuk menjalani hari.

Jika masih belum bisa tertidur selama 20 menit, cobalah melakukan sesuatu yang santai, seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca buku agar tubuh dan pikiran terasa lebih rileks. Dan, untuk tidur nyenyak, kamu bisa membuat lingkungan kamar tidur yang nyaman. Misalnya mematikan lampu kamar, menggunakan penutup telinga, atau menyalakan aromaterapi. 

 

2. Hindari banyak berdiam diri, yuk, rajin bergerak!

Penyebab kenapa badan sering lemas, yaitu kurang melakukan aktivitas fisik. Jika masih mampu untuk berjalan dan tidak memiliki keterbatasan gerak, hindari untuk hanya berdiam diri di kasur maupun di sofa, ya.

Disarankan usia emas untuk mengubah posisi setiap dua jam sekali dengan berdiri dan berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain. Bisa juga dengan memperbanyak naik turun tangga atau melakukan aktivitas seperti membuat minuman sendiri, berkebun, atau melakukan aktivitas fisik lainnya yang melibatkan fisik.

 

3. Asupan nutrisi yang tepat

Biasanya orang lansia yang mengalami lemas diketahui memiliki kadar kalsium, zat besi, vitamin D, dan magnesium yang rendah. Padahal kandungan-kandungan tersebut penting bagi tubuh untuk membangun, memelihara, dan memperbaiki tulang, jaringan ikat, dan otot. 

Cara memilih makanan yang sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh demi menjaga kesehatan tulang dan otot, bisa bertanya pada dokter ahli gizi agar mendapat nutrisi yang tepat.

Selain itu, asupan nutrisi yang tepat juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh di usia emas, lho. Di rentang usia ini, direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan serta kurangi makanan yang tinggi lemak, ya!

Mengingat usia emas lebih mudah kehilangan nafsu makan dan biasanya makan hanya dalam jumlah sedikit, maka pastikan bahwa di setiap waktu makan, konsumsi jenis asupan yang sehat dan tinggi akan nutrisi.

Kekurangan nutrisi di usia emas rentan mengganggu kinerja kekebalan tubuh. Jadi, cobalah meningkatkan asupan vitamin dan mineral, seperti seng, zat besi, tembaga, asam folat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin E.

 

Boost Energi Usia Emas, Konsumsi Multivitamin Ini, Yuk!

Kenapa Badan Sering Lemas di Usia Emas? Ini Sebabnya, Lho!

Credit Image - enervon.co.id

Asupan gizi yang cukup serta pola hidup sehat memang diperlukan untuk meningkatkan energi tubuh sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh usia emas tak akan mudah lemas – dan pastinya tidak gampang terserang penyakit.

Untuk memaksimalkan nutrisi tubuh, direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen tambahan buat usia emas, ya.

Kamu direkomendasikan multivitamin yang memiliki kandungan vitamin dan mineral lengkap, lebih baik lagi jika mengandung vitamin B kompleks yang berperan dalam proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi bagi tubuh.

Tak perlu bingung lagi, kok, dalam memilih multivitamin lengkap untuk usia emas, kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung deretan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Multivitamin Enervon Gold sudah bisa kamu dapatkan dengan membelinya di sini, ya.

 

Jadi, kamu sudah tahu ya alasan kenapa badan sering lemas di usia emas? Untuk mengatasi masalah yang satu ini, yuk, coba deretan tips di atas!

 

 

Featured Image – bestlifeonline.com

Source – ensure.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!