5 Jenis Peregangan Terbaik di Pagi Hari, Diterapkan, Yuk!

5 Jenis Peregangan Terbaik di Pagi Hari, Diterapkan, Yuk!

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa melakukan peregangan di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi? Ya, meski hanya gerakan sederhana, namun dampaknya sangat terasa, seperti membantumu lebih berstamina dalam melakukan aktivitas harian.

Selain itu, peregangan di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, lho. Kamu pun bisa melakukannya dalam waktu 10 menit – atau bisa lebih lama jika kamu ingin melakukannya secara berulang.

Tertarik ingin melakukannya? Berikut 6 jenis peregangan yang dapat kamu lakukan di pagi hari. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Child’s Pose

5 Jenis Peregangan Terbaik di Pagi Hari, Diterapkan, Yuk!

Credit Image - theyogacollective.com

Pose ini sangat bagus untuk meregangkan pinggul, panggul, paha, dan tulang belakang kamu. Ini bisa menenangkan otak dan menghilangkan stres serta kelelahan sehingga kamu mengawali harimu dengan baik.  

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pose ini adalah matras yoga. Jika kamu tidak memiliki matras yoga, kamu bisa menggunakan karpet atau permadani yang stabil untuk melindungi lutut kamu.  

Otot yang bekerja dalam pose ini, antara lain memperpanjang gluteus maximus, piriformis, rotator lainnya, paha belakang, ekstensor tulang belakang, dan masih banyak lagi.  

Pertama, mulailah dengan merangkak di atas matras, dengan lutut tepat di bawah pinggul tetapi jempol kaki bersentuhan. Kamu bisa melebarkan jari-jari kaki kamu untuk memberi tekanan pada lutut kamu. 

Kemudian, tarik napas dan rasakan tulang belakang kamu tumbuh lebih lama. Ketika kamu mengeluarkan napas, ambil bagian bokong kamu, kembali ke tumit kamu dan selipkan dagu ke dada.  Beristirahatlah sejenak, dengan dahi kamu berada di tanah dan tangan kamu terentang. Kamu juga bisa meletakkan tangan di sebelah tubuh. Tahan ini selama 5 napas.

 

2. Cat-cow

Kedua pose ini dilakukan secara bersama dan bisa meningkatkan sirkulasi cairan tulang belakang kamu. Ini akan membantu kamu melumasi tulang belakang, meregangkan punggung dan dada, serta memijat organ-organ di daerah perut dengan lembut.  

Otot yang bekerja, antara lain menggerakkan tulang belakang kamu, melepaskan ketegangan di dalamnya, dan otot lengan, perut, dan punggung kamu.  

Pertama, dorong dari pose anak ke merangkak, bagian atas kaki kamu rata, bahu tepat di atas pergelangan tangan kamu, dan pinggul tepat di atas lutut kamu. Ketika kamu menarik napas, jatuhkan perut kamu, biarkan punggung kamu melengkung tetapi jaga bahu kamu berguling ke belakang dan ke bawah. Ini merupakan gerakan sapi.  

Lihat sedikit ke atas, ke arah langit-langit. Saat kamu mengeluarkan napas, tekan ke dalam tangan ke tanah dan bulatkan punggung bagian atas kamu. Ini merupakan gerakan kucing. Lanjutkan bergerak, lengkungkan tarik napas dan bulatkan napas kamu. Ulangi gerakan ini hingga 5 kali napas.

 

3. Downward-Facing Dog

5 Jenis Peregangan Terbaik di Pagi Hari, Diterapkan, Yuk!

Credit Image - self.com

Pose ini sangat bagus untuk pagi hari karena inversi ringan. Ini mengatur ulang sistem saraf kamu, menenangkan otak, dan memberi energi pada tubuh. Gerakan ini juga bisa menjadi terapi untuk linu panggul dan menghilangkan rasa lelah.  

Jika kamu memiliki masalah punggung yang mepengaruhi tidur kamu dan membuat kamu pegal dan lelah, pose ini cocok untuk kamu lakukan. Alangkah baiknya kamu melakukan gerakan ini berulang kali.  

Otot yang bekerja, antara lain secara aktif melatih lengan, bahu, pergelangan tangan, dan inti kamu, sambil meregangkan paha belakang, tulang belakang, dan betis kamu. Banyak tubuh kamu yang bekerja dan meregang pada pose ini.  

Awal mula, dari posisi merangkak dorong ke dalam tangan, luruskan lengan saat mengangkat pinggul dan meluruskan kaki. Ketika kamu mengeluarkan napas, tekan ke dalam tangan dan gulingkan bahu kamu ke bawah dan ke belakang, gerakkan bahu kamu ke bawah punggung dan bahu kamu menjauh dari telinga.  

Lalu, tulang belakang kamu harus netral di sini. Kamu tidak ingin tulang belakang bagian atas kamu bekerja terlalu keras, bahu kamu membungkuk, atau perut kamu jatuh terlalu jauh ke lantai dengan gerakan swayback.  

Ambil setidaknya 5 napas dalam-dalam di sini, tekuk satu lutut dan kemudian yang lain seperti yang kamu lakukan, untuk membuka bagian belakang dengan lembut dari masing-masing kaki. Selesaikan pose dengan tidak menggerakkan kaki kamu setidaknya dalam 2 napas.

 

4. One-Legged Dog

Pose seperti ini membuka tubuh samping dan pinggul kamu serta menenangkan pikiran sambil mengembangkan kepercayaan diri. Otot yang bekerja, antara lain meregangkan tubuh samping, paha belakang, dan fleksor pinggul sambil memperkuat lengan kamu.  

Pada gerakan ini, pastikan kamu grounding sepenuhnya dan merata dengan menekan kedua tangan dan tarik napas dalam-dalam, mengangkat kaki kanan kamu setinggi diri kamu. Ketika kakimu setinggi dirimu, bisa dengan nyaman mendapatkannya sambil menjaga pinggul kamu sejajar dengan tanah, hembuskan napas dan biarkan kaki kanan kamu menekuk.  

Dengan tumit kamu bergerak ke arah bokong, kemudian putar sehingga kamu bisa membuka sisi kanan tubuh kamu. Ambil dua kali nafas dalam-dalam di sini, ambil waktu untuk membiarkan pinggul dan samping kamu terbuka dan memanjang.  

Luruskan kaki kanan sesukamu, luruskan pinggul kamu kembali ke matras, dan dengan lembut kembali ke lantai saat kamu menghembuskan napas.

 

5. Warrior I

5 Jenis Peregangan Terbaik di Pagi Hari, Diterapkan, Yuk!

Credit Image - protips.dickssportinggoods.com

Pose berdiri ini dikenal sebagai “power pose”. Ini bisa meningkatkan kepercayaan diri, fleksibilitas di pinggul kamu, fokus, dan memberi energi ke seluruh tubuh. Otot yang bekerja antara lain, warrior I memperkuat bahu, punggung, lengan, kaki, dan pergelangan kaki kamu. Ini membuat pinggul, dada, dan paru-paru kamu, dan meningkatkan sirkulasi.  

Gerakkan ini dimulai dari Downward Dog, angkat kaki kanan kamu dan tekuk lutut kamu ke dalam menuju hidung kamu. Tanamkan kaki kanan kamu di antara tangan kamu, atau di belakang tangan kanan kamu.  

Setelah kaki kanan kamu ditanam, berdirilah saat kamu menarik napas dalam-dalam. Saat ini, jari-jari kaki harus tetap mengarah ke bagian atas matras. Majulah selangkah dan sikapmu terasa stabil, putar tumit kamu sepenuhnya ke tanah, sehingga kaki belakang kamu rata di tanah dan pada sudut sekitar 45 derajat.  

Tumit kamu harus sejajar jika kamu harus menarik garis dari satu ke yang lain. Kaki belakang kamu lurus dan kaki depan kamu ditekuk, lutut di atas pergelangan kaki. Saat kamu menenggelamkan pinggul kamu sedikit lagi, memperdalam peregangan, tarik napas dan angkat tangan di atas kepala, telapak tangan menghadap masing-masing, lainnya tetap sejajar dengan lebar bahu.  

Ambil 3 kali nafas dalam-dalam. Dan ketika kamu siap, kamu bisa kembali ke Downward Dog untuk berganti kaki. Atau kamu bisa mengangkat tumit kiri kamu ke atas, buat kaki kamu sejajar lagi kemudian melangkah ke depan dengan kiri, ambil napas yang dalam dan saat kamu mengeluarkan napas, langkahkan kaki kanan ke belakang.

 

6. Boost Energi Tubuh dengan Konsumsi Vitamin dan Mineral

Melakukan peregangan di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Nah, agar melakukan aktivitas harian semakin maksimal, kamu dapat boost energi dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral.

Kedua nutrisi tersebut bisa didapatkan dari asupan makanan sekaligus mengonsumsi suplemen, seperti rangkaian multivitamin dari Enervon, lho.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Dan untuk usia emas, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung deretan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Ingin segera peroleh multivitamin andalanmu ini? Jangan ditunda lagi, yuk segera klik disini – dan rasakan manfaat baiknya dari rutin mengonsumsi multivitamin Enervon!

 

Melakukan peregangan di pagi hari dapat mendatangkan banyak manfaat baik, ya. Yuk, lakukan deretan gerakan di atas agar tubuh semakin berenergi!

 

 

Featured Image – self.com

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!