Tidak hanya karyawan saja yang harus menunaikan kewajibannya, tetapi perusahaan pun harus memberikan hak-hak pekerja secara utuh. Salah satunya, tunjangan yang juga sering dijadikan sebagai pertimbangan ketika seorang jobseeker tengah mencari pekerjaan.

Mengingat pasar tenaga kerja yang kian ketat, kompenasasi yang baik dari perusahaan tentu menjadi faktor penting bagi keberhasilan usaha, lho. Dengan memberikan hak finansial karyawan, maka mereka pun akan senang dan cenderung loyal.

Ada beragam jenis employee allowance sekaligus manfaat yang dapat dirasakan oleh para karyawan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa itu Tunjangan?

Credit Image - codemi.co.id

Tunjangan adalah komponen di luar gaji yang biasanya menjadi pertimbangan seseorang sebelum mengambil suatu pekerjaan. Jadi, hak karyawan yang satu ini diberikan perusahaan kepada pekerja di luar nominal gaji pokok.

Selain dianggap sebagai hak karyawan, memberi employee allowance juga kerap dijadikan sebagai bentuk penghargaan perusahaan atas kinerja karyawan.

Pengaturannya sendiri tidak seragam sebab tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing. Jadi, bentuk dan besarannya mungkin berbeda antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya.

Kemudian, employee allowance juga tidak hanya berbentuk uang saja. Terkadang, ada perusahaan yang memberikannya dalam bentuk fasilitas lain, seperti perusahaan menyediakan kendaraan dinas untuk karyawan.

 

Ada Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. SE-07/MEN/1990 tahun 1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah Dan Pendapatan Non Upah, terdapat tiga komponen upah yang menjadi hak pekerja.

Ketiga komponen itu adalah upah pokok, serta tunjangan tetap dan tidak tetap.

Tunjangan tetap adalah sebuah kompensasi yang akan secara rutin dibayarkan dalam satuan waktu yang sama dengan pembayaran upah pokok. Sebagai contoh, biaya untuk keperluan keluarga, perumahan, dan daerah tempat tinggal karyawan.

Sementara itu, yang tidak tetap dapat diberikan secara langsung maupun tidak dan sifatnya tidak mutlak. Misalnya, kompensasi untuk akomodasi seperti biaya makan dan transportasi yang dibayarkan berdasarkan jumlah kehadiran.

 

Apa Saja Jenis-jenisnya?

Credit Image - liputan6.com

Kini, kamu juga harus mengetahui jenis-jenis tunjangan yang dapat ditawarkan perusahaan kepada calon karyawannya. Jenisnya cukup beragam, lho. Dan tiap jenis pun bisa memberikan keuntungan yang berbeda-beda.

Yang perlu kamu ingat adalah bahwa seluruh jenis employee allowance di bawah ini telah disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan umum yang dimiliki oleh para pekerja. Berikut ini deretan jenis dan penjelasannya.

1. Tunjangan jabatan

Ini merupakan jenis employee allowance pertama yang harus kamu pahami. Jenis kompensasi tersebut akan diberikan kepada para karyawan yang sudah memiliki jabatan tinggi di dalam perusahaan.

Alasannya adalah karena para pemegang jabatan ini dirasa telah memikul beban yang lebih berat dibandingkan dengan karyawan lainnya.

 

2. Kompensasi umum

Jenis employee allowance berikutnya adalah kompensasi umum. Jenis yang satu ini akan diberikan kepada seluruh karyawan yang tidak memiliki jabatan tinggi. Sederhananya, kompensasi umum adalah sebuah tanda apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawannya selama bertugas di kantor.

 

3. Tunjangan keluarga

Tunjangan keluarga merupakan jenis kompensasi yang akan disediakan perusahaan untuk karyawannya yang sudah berkeluarga. Contohnya adalah kompensasi istri, yang akan diberikan bila istri seorang karyawan tidak memiliki pekerjaan.

Ada pula kompensasi anak, yang ditujukan bagi karyawan dengan seorang anak dengan usia di bawah 21 tahun dan belum bekerja.

 

4. Kompensasi kesehatan

Jenis berikutnya yang akan diberikan perusahaan adalah kompensasi kesehatan. Bentuk employee allowance ini disediakan sebagai cara perusahaan untuk mengelola kesehatan fisik dan psikis karyawannya.

Dengan adanya kompensasi ini, perusahaan mengharapkan bahwa seluruh karyawan berada dalam kondisi yang prima untuk terus bekerja dan produktif.

 

5. Kompensasi pensiun

Sesuai dengan namanya, jenis kompensasi ini akan disiapkan perusahaan sebagai bentuk jaminan hari tua untuk karyawan mereka.

Tunjangan pensiun disediakan dengan maksud untuk menyejahterakan karyawan perusahaan di hari tua nanti, agar kelak mereka tak perlu merasa khawatir saat sudah berhenti bekerja.

 

6. THR

Sepertinya, jenis allowance ini memang sudah tidak asing lagi di telinga para pekerja. Ya, THR atau tunjangan hari raya, wajib disediakan oleh perusahaan.

Kompensasi tersebut ditujukan agar karyawan dapat memenuhi kebutuhan mereka ketika hari raya keagamaan datang. Dan, THR umumnya diberikan sebanyak satu tahun sekali, khususnya sebelum hari raya keagamaan tiba.

 

7.  Biaya akomodasi

Jenis kompensasi terakhir yang akan diberikan perusahaan adalah kompensasi. Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa biaya akomodasi sifatnya tidak tetap.

Jadi, jenis employee allowance ini hanya bisa diberikan selama karyawan sedang bertugas atau berada di luar kantor atas perintah perusahaan. Agar dapat menerimanya, karyawan perlu memastikan bahwa mereka telah mengisi formulir kehadiran.

Tujuannya adalah agar tim keuangan dapat mengambil keputusan apakah biaya akomodasi merupakan hak yang wajib diterima karyawan.

 

Manfaatnya Bagi Karyawan dan Perusahaan

Tunjangan memang menjadi salah satu keuntungan dari sebuah pekerjaan, karena bisa memberikan manfaat baik bagi para karyawan – begitu pula bagi pihak perusahaan yang menyediakannya.

Tak hanya dapat meningkatkan loyalitas karyawan, employee allowance juga memiliki manfaat lainnya, seperti:

  • Meningkatkan produktivitas karyawan. Yang berkaitan dengan allowance kesehatan, misalnya. Jika banyak karyawan yang sakit, tentu saja perusahaan juga akan merasakan rugi.
  • Memberikan kenyamanan dan keselamatan kerja. Dengan merasa nyaman dan terjamin keselaman kerjanya, para keryawan tentunya akan dapat bekerja lebih efisien.
  • Menyejahterakan kehidupan karyawan. Sebagai bagian dari perusahaan yang sudah membantu memajukan perusahaan, suda selayaknya karyawan mendapatkan kehidupan yang sejahtera. Kesejahteraan hidup akan meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.
  • Mengurangi tuntutan karyawan atas upah kerja.

Nah, employee allowance adalah salah satu keuntungan yang dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan, ya? Namun yang tidak kalah pentingnya untuk mendongkak produktiitas, yaitu energi tubuh, lho.

Jika kamu sudah menjaga energi tubuh dengan baik, maka kamu dapat lebih fokus dan produktif dalam melakukan kegiatan kerja.

Boost energi tubuhmu dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Dari pada menunda pekerjaan, lebih baik menjadi pribadi yang lebih produktif dengan Enervon Active.

Untuk memperoleh produk Enervon, kamu bisa segera dapatkan di sini, ya.

 

Kini, kamu sudah tahu serba-serbi soal tunjangan kerja? Ya, aspek yang satu ini merupakan hak seluruh pekerja, lho. Untuk itu, jangan ragu tanyakan employee allowance setiap kali melakukan wawancara kerja!

 

 

Featured Image – prsoloraya.pikiran-rakyat.com

Source – glints.com dan majoo.id