Buah-buahan merupakan camilan sehat yang dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Tak perlu takut bosan, ada berbagai macam jenis buah yang dapat dinikmati. Selain dimakan langsung, ada pula buah-buahan yang diolah menjadi keripik.

Jangan sampai salah sangka dulu, tetapi tidak semua jenis buah dapat diolah menjadi keripik, lho. Hanya ada jenis buah tertentu yang cocok diolah dengan cara demikian. Apa saja sih buah yang dapat dijadikan camilan kering?

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Keripik Pisang

Credit Image - superhealthykids.com

Keripik berbahan dasar buah-buahan yang satu ini tentu semua orang pasti mengenal dan pernah mencicipinya. Ya, apa lagi kalau bukan keripik pisang. Meski memiliki warna kekuningan, namun dalam pembuatan keripik ini tidaklah menggunakan buah pisang matang dan tidak semua jenis pisang cocok diolah keripik.

Nah, justru yang menjadi bahan dasarnya adalah pisang mentah dan jenisnya adalah pisang kepok. Salah satu alasan menggunakan pisang kepok dalam pembuatan keripik pisang ialah karena pisang kepok mempunyai tekstur padat dan empuk, tapi tak terlalu lembut sesuai dengan karakteristik keripik pisang.

 

Keripik Apel

Tidak hanya pisang saja yang dapat dijadikan sebagai keripik. Tetapi, buah apel yang tinggi akan kandungan vitamin ini juga bisa diolah menjadi camilan kering nan sehat, lho. Tidak seperti keripik pisang yang terkhusus membutuhkan bahan pisang tertentu, dalam pembuatan keripik apel kamu bebas bisa menggunakan jenis buah apel apa saja.

Sebelum mulai ke langkah penggorengan, terlebih dahulu buah apel dikupas dan dicuci bersih. Selanjutnya, iris tipis apel lalu direndam dalam rendaman air kapur sirih selama 10 menit. Setelah itu, rendam apel kembali ke dalam air biasa selama 30 menit. Barulah, apel siap untuk digoreng menggunakan vacuum frying.

 

Keripik Nanas

Credit Image - theprimaldesire.com

Sama seperti buah apel, nanas juga memiliki kandungan banyak air dan terdapat vitamin C di dalamnya. Oleh sebab itu, nanas tak hanya segar dikonsumsi secara langsung tapi juga nikmat diolah menjadi keripik. Untuk proses pembuatan keripik nanas, kamu bisa memilih jenis nanas apa pun yang terpenting adalah nanas yang dipilih tidak terlalu mentah dan tidak terlalu matang.

Selanjutnya, nanas tersebut dikupas lalu diiris tipis kemudian direndam ke dalam air kapur sirih selama 5 jam lamanya hingga getah pada nanas hilang. Setelah itu, irisan nanas yang telah direndam tersebut kemudian digoreng menggunakan vacuum frying sampai matang dengan ciri khas buih benar-benar hilang.

 

Keripik Salak

Buah salak memiliki ciri khas kulit keras dan agak sedikit tajam, kemudian buahnya punya tekstur agak lunak dan cenderung bercita rasa manis asam. Bisa dikonsumsi langsung, tapi bisa juga divariasikan menjadi sebuah camilan nikmat bernama keripik salak. Dalam langkah pembuatannya, tentu tahap pertama yang dilakukan ialah mengupas kulit salak terlebih dahulu.

Jika sudah, pisahkan antara daging dan bijinya, kemudian belah daging salak menjadi dua bagian. Selanjutnya, rendam daging salak ke dalam larutan air kapur sirih selama 5 jam. Sesudah itu, bilas bersih dan daging salak siap untuk digoreng ke dalam vacuum frying hingga kadar airnya hilang. Voila! Keripik salak pun sudah matang dan siap untuk dikonsumsi.

 

Keripik Nangka

Credit Image - slurrp.com

Terakhir, buah yang bisa diolah menjadi keripik adalah nangka. Jenis buah dengan ciri khas kulit berduri tersebut tak hanya bisa dimasak gulai ketika masih muda. Namun, juga dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi keripik setelah matang. Aromanya cukup menyengat dan cenderung bercita rasa manis asam, daging nangka menghasilkan keripik nangka dengan sensasi terasa kriuk menggoyang lidah.

Untuk proses pembuatannya terlebih dahulu pisahkan antara biji dan daging, lalu belah menjadi dua bagian kemudian rendam ke dalam larutan air kapur sirih selama 5 jam. Bilas bersih, marinasi daging nangka dengan campuran gula dan garam. Selanjutnya, goreng daging nangka menggunakan vacuum frying sampai matang dan buih benar-benar hilang.

 

Mengonsumsi keripik buah-buahan memang dapat menjadi alternatif tepat untuk menjaga kesehatan. Ya, karena kandungan vitamin di dalam buah baik untuk mempertahankan kondisi tubuh, lho.

Selain rutin mengonsumsi buah-buahan, kamu disarankan meminum multivitamin untuk mencukupi asupan vitamin dan mineral harian. Lantas, apa multivitamin yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari?

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum , atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang para kaum aktif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Tak perlu menunggu lama, multivitamin Enervon bisa segera kamu dapatkan dengan membelinya di sini, ya!

 

Camilan keripik buah-buahan terlihat menggiurkan, ya? Selain nikmat, jenis camilan ini sehat dan dapat dijadikan pengganti snack yang lebih tinggi kalori, lho.

 

 

Featured Image – appleforthat.stemilt.com

Source – idntimes.com