Omega-3 merupakan jenis nutrisi yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh, apalagi usia emas yang tengah memasuki usia 50 tahun ke atas. Namun agar manfaatnya terasa, pastikan kamu tidak mengonsumsi nutrisi ini secara berlebihan, ya.

Omega-3 memiliki jenis asam lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung dan otak, tetapi juga mengurangi risiko kanker. Untuk mendapatkan nutrisi ini, ada asupan makanan yang perlu dikonsumsi rutin, karena lemak menyehatkan ini tidak bisa diproduks sendiri oleh tubuh.

Berikut 7 sumber makanan yang tinggi akan kandungan omega-3. Usia emas dapat mengonsumsinya secara rutin, ya!

 

 

1. Kelompok Ikan Makarel

Credit Image - kome-sushi.square.site

Makarel merupakan kelompok ikan laut yang mencakup ikan kembung dan tenggiri. Pada 100 gram ikan makarel mengandung 5.134 miligram (mg) omega-3. Ikan ini juga kaya vitamin B12 dan selenium yang baik untuk saraf dan sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa mendapatkan ikan ini di pasar dalam kondisi segar maupun dikemas dalam kaleng. Ada banyak cara untuk mengolahnya menjadi hidangan yang nikmat, seperti digoreng, dibakar, atau dicampurkan dengan adonan menjadi otak-otak.

 

2. Tiram

Jika bosan dengan ikan, kamu dapat beralih pada tiram untuk memenuhi kebutuhan omega-3 setiap hari. Dalam 100 gram tiram, diketahui terdapat 435 mg asam lemak omega-3. Jumlah ini hampir setara dengan 100% rekomendasi asupan harian.

Selain omega-3, makanan laut ini juga mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat. Ada vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah, zinc yang memperkuat sistem imun, serta tembaga yang memelihara kesehatan sistem saraf.

 

3. Salmon

Credit Image - food.detik.com

Ikan salmon masuk dalam deretan makanan yang mengandung banyak omega 3. Setiap 100 gram salmon mengandung 2.260 mg omega-3. Jumlah ini jauh melebihi rekomendasi asupan omega-3 harian sebesar 250 – 500 mg.

Kendati tinggi lemak, kandungan lemak menyehatkan pada salmon justru bermanfaat bagi otak dan jantung. Dari berbagai hasil penelitian bahkan menemukan bahwa konsumsi ikan berlemak seperti salmon dapat menurunkan risiko demensia dan penyakit jantung.

 

4. Sarden

Selain salmon, ikan sarden juga merupakan sumber dari asam lemak omega-3. Sebanyak 100 gram ikan sarden mengandung 1.480 mg omega-3 serta berbagai zat gizi mikro seperti vitamin B12, vitamin D, dan selenium.

Meskipun ukurannya kecil, sarden merupakan bahan makanan dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, apalagi jika dikonsumsi secara utuh. Tinggal pilih cara memasak favorimu, tapi usahakan untuk tidak menggunakan banyak minyak, ya!

 

5. Biji Rami dan Biji Chia

Credit Image - orami.co.id

Biji rami (flaxseed) dan biji chia (chia seed) dapat menjadi sumber asam lemak omega-3 nabati. Sebagai gambaran, satu sendok makan biji rami dan biji chia masing-masing mengandung omega-3 sebanyak 2.350 mg dan 5.060 mg.

Biji-bijian ini juga mengandung banyak serat, magnesium, selenium, dan mangan. Anda dapat menikmati keduanya dengan menambahkannya pada sereal, yogurt, smoothies, atau membuatnya menjadi campuran kue.

 

6. Kacang Kenari

Kacang-kacangan yang biasanya menjadi camilan rupanya tergolong sebagai makanan yang mengandung omega-3. Kacang kenari termasuk jenis kacang yang kandungan omega-3-nya paling tinggi, yakni sekitar 2.570 mg untuk setiap 28 gram.

Kacang dengan bentuk yang mirip otak manusia ini juga dilengkapi dengan antioksidan, serat, vitamin E, serta mineral mangan dan tembaga. Kamu bisa menikmatinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam kue atau yogurt.

 

7. Kedelai

Credit Image - kompas.com

Apabila kamu sulit menemukan kacang kenari, tenang saja. Kamu pun bisa menemukan omega-3 dalam kacang kedelai, lho. Jenis makanan satu ini memiliki sebanyak 50 gram mengandung 721 miligram omega-3 yang sudah melebihi 100% rekomendasi asupan harian.

Kacang kedelai juga mengandung vitamin B, folat, vitamin K, magnesium, dan kalium yang menyehatkan tubuh. Selain dikonsumsi langsung, Anda juga bisa menikmati berbagai makan olahan dari kedelai, seperti tahu, tempe, minyak kedelai, maupun susu kedelai.

 

8. Lengkapi Kebutuhan Omega-3 dengan Konsumsi Multivitamin Ini!

Kebutuhan omega-3 dapat diperoleh dengan mengonsumsi sejumlah makanan di atas, namun terkadang asupan nutrisi dari makanan saja belum cukup, lho. Untuk itu, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin lengkap, termasuk memiliki kandungan asam lemak sehat.

Kini, usia emas tidak perlu lagi bingung memilih multivitamin yang baik dikonsumsi, ya. Direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung deretan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, sudah pasti Enervon Gold memiliki kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Untuk memperoleh multivitamin andalan usia emas ini, segera kunjungi official store Enervon, ya!

 

Deretan makanan omega-3 di atas sepertinya tidak sulit untuk ditemukan, kan? Untuk mendapat manfaat dari jenis nutrisi satu ini, sebaiknya masukkan berbagai jenis makanan di atas ke dalam menu harianmu.

 

 

Featured Image – feedstrategy.com

Source – hellosehat.com