Seiring bertambah usia, tak bisa dipungkiri fungsi tubuh ikut menurun, tak terkecuali indra penglihatan. Untuk itu, memasuki usia emas, menjaga kesehatan harus dilakukan guna memperlambat penurunan fungsinya.

Selain menggunakan pencahayaan yang baik – atau membatasi menatap layar gadget, menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah nutrisi. Tidak hanya vitamin A, tetapi ada pula asupan lain yang tidak kalah penting, yaitu lutein. Pernahkah kamu mendengar nutrisi satu ini?

Ya, lutein berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, lho. Berikut fungsi dan manfaat baiknya yang penting untuk kamu ketahui. Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

 

Apa itu Lutein?

Credit Image - jovee.id

Lutein adalah salah satu jenis karotenoid berpigmen kuning sampai merah yang ditemukan pada banyak sayuran dan buah-buahan. Pada tanaman, lutein berfungsi untuk menyerap energi dari sinar matahari yang berlebih untuk mencegah kerusakan tanaman.

Selain itu, lutein juga banyak ditemukan di mata pada bagian makula, lensa, dan retina. Sehingga, asupan tinggi nutrisi yang satu ini diperlukan untuk menjaga kesehatan mata, apalagi memasuki usia emas. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak pada mata.

 

Fungsi Lutein untuk Menjaga Kesehatan Mata

Nutrisi ini mungkin masih jarang terdengar, namun ternyata berperan penting untuk membuat mata lebih sehat. Ya, lutein banyak ditemukan di dalam makula mata. Zat tersebut dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif oleh cahaya yang dapat menyebabkan degenerasi makula.

Dengan jumlah lutein yang semakin banyak ditemukan dalam makula mata, maka kesehatan penglihatan semakin terlindungi. Penelitian pada Investigative Ophthalmology and Visual Science juga membuktikan bahwa semakin besar kadar pigmen dalam makula, semakin kecil pula kesempatanmu dalam mengembangkan degenerasi makula.

Sejumlah penelitian pun telah membuktikan bahwa lutein dapat mencegah degenerasi makula dan juga dapat memperlambat perkembangan penyakit pada mata.

Salah satu penelitian tersebut adalah yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, Ophthalmology, and Archives of Ophthalmology. Penelitian ini menunjukkan bahwa asupan lutein yang tinggi dalam diet berhubungan dengan kejadian degenerasi makula yang lebih rendah.

Selain itu, lutein juga banyak dikaitkan dengan katarak, yang biasanya terjadi pada orang yang sudah berumur. Nutrisi ini berperan dalam melawan radikal bebas yang berkaitan dengan stres oksidatif dan kerusakan retina, sehingga dapat membantu dalam mencegah katarak. Hal ini juga diperkuat oleh beberapa penelitian yang menghubungkan antara lutein dengan katarak.

Penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan kandungan lutein – dan karotenoid dalam jumlah tinggi dalam diet mereka memiliki risiko katarak yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah lebih rendah.

Namun, penelitian Age-Related Eye Disease Study (AREDS2) tahun 2013 yang didukung oleh National Eye Institute membuktikan hal yang agak sedikit berbeda. Penelitian ini menunjukkan bahwa lutein berperan dalam mencegah degenerasi makula dan juga mengurangi risiko perkembangan penyakit tersebut.

 

Bagaimana Lutein Membuat Mata Lebih Sehat?

Credit Image - doktersehat.com

Lutein dapat membantun melindungi mata dari gelombang cahaya energi tinggi yang dapat membahayakan kesehatan mata, contohnya sinar ultraviolet dari sinar matahari. Lutein melindungi mata dengan cara menyaring gelombang cahaya energi tinggi yang diterima mata, seperti sinar ultraviolet B (UV B).

Selain itu, lutein juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel-sel pada mata.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa semakin banyak kadar lutein pada makula mata, maka sel-sel pada mata semakin terlindungi. Hal ini membuat penglihatan tetap terpelihara dengan baik walaupun umur semakin bertambah.

Yang perlu kamu ketahui bahwa penyakit degenerasi makula dan katarak, seperti yang sudah dijelaskan di atas, adalah penyakit yang berkaitan dengan usia. Penyakit tersebut bisa kamu alami pada usia tua karena terjadi kemunduran sel-sel pada mata sejalan dengan bertambahnya usia.

Dengan adanya lutein dalam jumlah banyak pada makula mata, maka kamu tidak perlu khawatir dengan masalah mata di usia tua nanti!

 

Sumber Terbaik Lutein

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat menghasilkan lutein secara alami, lho. Artinya, kamu harus mendapatkan lutein dari asupan makanan maupun suplemen vitamin. Namun, makanan apa saja yang mengandung nutrisi ini?

Nah, lutein dapat kamu temukan dalam berbagai jenis sayuran hijau dan kuning sekaligus buah-buahan berwarna merah, biru, dan ungu, seperti:

  • Bayam
  • Kale
  • Brokoli
  • Jagung
  • Wortel
  • Collard hijau
  • Tomat
  • Kentang
  • Jeruk

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh asupan lutein dari kuning telur. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi sumber yang satu ini, ya. Dan, akan lebih baik lagi jika kamu mengombinasikan lutein dengan zat gizi lainnya, seperti vitamin C. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan mata lebih baik lagi, lho.

Tak hanya dari sumber makanan di atas, usia emas juga dapat mendapatkan asupan lutein dari mengonsumsi multivitamin. Nah, kamu direkomendasikan memilih Enervon Gold yang mengandung deretan yang mmeiliki peran penting dalam menjaga kesehatan usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan sudah pasti Enervon Gold memiliki kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan usia emas ini dengan memperolehnya di sini, ya!

 

Wah, gimana? Dari penjelasan di atas lutein memang dapat mendatangkan manfaat baik untuk kesehatan mata usia emas, ya. Pastikan kamu sudah mendapatkan nutrisi ini secara rutin!

 

 

Featured Image – voi.id

Source – hellosehat.com